Tasyakuran dan Pelepasan Peserta PTQB Angkatan ke-3

Tasyakuran dan Pelepasan Peserta PTQB Angkatan ke-3

Pada tanggal 26 Desember kemaren para peserta RQV Indonesia membuat kegiatan tasyakuran untuk Peserta Pusat Tahfidzul  Qur’an Berkarakter (PTQB). Yang telah menyelesaikan 30 Juznya. Siapa aja sih peseta yang telah menyelesaikan 30 Juz? Yang pertama ada Srikandi Sintia Dewi (Banten). Srikandi Putri Sarah Nayna (Aceh) dan Srikandi Pera Watisinti, S.Sos (Palembang). Mereka yang telah menyelesaikan 30 Juz dan pelatihannya selama 2 Tahun.

Tepat pada tanggal 26 kemaren mereka telah menjalani pelatihan selama 2 tahunnya. Merekalah Angkatan ke-3 dari PTQB sebelum di ubah Namanya mendi RCA. Acara yang di buat pun sangat meriah di hadiri oleh Presiden RQV Indonesia, para peserta dan para wali peserta.

Acar berjalan sangat meriah mulai sambutan dan pesan dari Presiden RQV Indonesia, kesan dari peserta yang telah menyelesaikan hafalannnya dan sambutan dari wali peserta. Bukan hanya itu ada penampilan-penampilan yang di persembahkan oleh para peserta, bahka Presiden luga ikut mempersembahkan beberapa lagu untuk meramaikan suasana, ada juga para pendekar RQV yang telah belajar beladiri WSDK yang menunjukan bakatnya.

Di akhir acara momen yang paling panas dan mengharukan karena momen itu momen dimana kami harus merelakan teman seperjuangan kami berjuang dijalannya. Walaupun sekarang mereka tak di RQV lagi tapi bekan berarti putus tali persaudaraan yang kami semua buat. Selamat untuk para peserta yang telah menyelesaikan pelatihannya selama di RQV Indonesia semoga kali sukses dengan impian dan pelening yang akan kalian tempuh.

Bebaskan Buta Huruf Al-Quran di Daerah Kepulauan, Aceh Singkil

Bebaskan Buta Huruf Al-Quran di Daerah Kepulauan, Aceh Singkil

RQV Indonesia Menyalurkan Bantuan Quran waqaf

(Minggu, 5/12/2021) Penyaluran Wakaf Qur’an kali ini tampaknya sedikit berbeda. RQV perdana menyalurkan Wakaf Qur’an di Pulau Banyak, tepatnya di Aceh Singkil. Dengan membawa visinya yaitu, mewujudkan 1 Juta Rumah Qur’an Nusantara dan salah satu misinya yaitu melahirkan 8 Juta Penghafal Qur’an di Nusantara.

RQV Indonesia tidak akan pernah berhenti untuk menebarkan sayap kebaikan di seluruh pelosok Negeri ini. Akan terus dilakukan hingga meningkatnya jumlah anak-anak yang mulai bisa membaca dan menghafal Al-Qur’an.

Dalam Penyaluran Wakaf Qur’an ini, Direktur Program RQV pun turut langsung turun lapangan bersama beberapa tim RQV. Qur’an Wakaf ini akan di distribusikan secara gratis dan langsung kepada para Penghafal Al-Qur’an anak-anak TPA di Pulai Balai sebanyak 60 anak sebagai penerima manfaatnya. Mereka begitu antusiasnya untuk bisa mereka dapatkan Al-Qur’an Wakaf yang layak untuk mereka gunakan.

“Saya sebagai Kepala Program RQV, akan terus melakukan dan membersamai pendistribusian Wakaf Qur’an di seluruh Nusantara. Karena Indonesia pun juga merupakan negara Muslim terbesar di dunia. Namun masih banyak masyarakat yang buta huruf Al-Qur’an. Begitu juga terkait fasilitas belajar yang layak.” Ucap Direktur Program RQV, Fania Vivi Hikmawati

Walaupun pandemi Covid-19 ini masih merajalela hingga Desember 2021 ini, bukan berarti justru malah mematahkan semangat kebaikan RQV Indonesia untuk terus melakukan kebermanfaatan Ummat di seluruh Nusantara.

“Alhamdulillah, RQV Indonesia akan terus membumikan Al-Qur’an hingga di pelosok Nusantara. Yang nantinya Indonesia akan banyak melahirkan generasi-generasi Muda Terbaik Penghafal Qur’an yang produktif di Nusantara.” Lanjutnya

“Terima kasih RQV Indonesia dan para donatur yang telah menyalurkan Al-Qur’an Hafalan untuk anak-anak TPA di Pulau Balai, Aceh Singkil. Alhamdulillah, anak-anak disini sangat terbantu untuk bisa menghafalkan ayat-ayat Qur’an. Selain mudah untuk di gunakan, ada blok warna untuk lebih mempermudah mereka dalam menghafal. Saya harap para santri akan semakin semangat lagi dalam belajar, memahami dan menghafal Al-Qur’an. Semoga Allah balas semua kebaikannya dan bermanfaat untuk kita semua, Aamiin.” Kata salah satu pengajar di TPA Pulau Balai, Aceh Singkil

KISAH SEORANG ANAK YATIM YANG TERPAKSA HARUS MENGGATIKAN POSISI SANG AYAH

KISAH SEORANG ANAK YATIM YANG TERPAKSA HARUS MENGGATIKAN POSISI SANG AYAH

Muhammad solihin  anak perantauan dari kabupaten gowa, Makassar. Lahir pada tanggal 3 semtember 2001. Ia adalah anak yang selalu berusaha dan suka hal yang menantang, ia adalah anak pertama dari emapat bersaudara, lahir dari dari orang tua sederhana ayahnya yang berdarah Aceh dan Ibunya yang berdarah makassar, ia tak tau kisah cinta kedua orang tuanya, kenapa mereka bisa bertemu.

Ayah solihin baru saja meninggil dunia pada tanggal 3 Januari 2020. Semasa hidupnya sang ayah menjalankan perannya dengan sangat hebat ia sangat sangat sayang sekali dengan Ayahnya, tetapi beliau selalu berkerja keras untuk menafkahi keluarga kecilnya, sehingga saat ia duduk di bangku Sekolah Dasar. Ia jarang sekali bertemu ayah karena ayanya berkerja di kampung halamannya  jauh dan jarang sekali pulang kerumah. Tetapi ketika ia di duduk di bangku MTS, ia selalu bertemu denga ayahnya karena keluarga mereka di bawa ke Aceh ikut dengan sang ayah kedaerah sang ayah bekerja. Pada saat ia masuk SMA orang tuanya memutuskan untuk Kembali ke Sulawesi, tapi sang ayah masih bekerja di Aceh. Jadi, kami Kembali seperti dulu selalu di tinggal sang ayah merantau untuk bekerja.

Suatu ketika, keluarga ia mendapatkan kabar kalau sang ayah sakit dan pulang ke Sulawesi. Sakitnya pun bikin kami sekeluarga terkejut ternyata sang ayah mengidap sakit yang sakat parah dan konflikasi. Awalnya ayah terkena stroke, Ibu ia pun merwat sangat sabra dan sangat tekun. Ayah pun sembuh dan tak lama ayah pun terkena penyakit lagi yaitu gagal ginjal. Ayah pun haruh menjalankan cuci darah rutin setiap bulannya. Tetapi ayah ia hanya menjalani cuci darah hanya emapat kali saja. tak lama pun sang ayah meninggalkannya untuk selama-lamanya.

Ketika ayah ia sudah tiada, ia sebagai anak pertama harus menggantikan posisi sang ayah. Menjadi tulang punggu keluarganya. Ia sudah banyak sekali pengalam berkerja yang awalnya hanya membantu orang tuanya sampai bekerja di pabrik. Tapi ketika pandemic datang melanda, ia tiba tiba di PHK oleh pabrik, ia berfikir tidak boleh ia menyerah sampai sini. Ia pun bekerja sebagai kuli bangunan, walai pun hasilnya tak banyak tapi hasilnya bisa membantu untuk Ibunya yang bekerja sebagai petani.

Solihin pun sempat berfikir ia tak boleh begini terus suka merokok, begadang setiap hari, dan terkadang ia pulang tengah malam. Ia berfikir makin lama makin tidak nyaman dengan pergaulannya saat itu dan ia selalu jahat dengan tubuhnya. Dan pada akhirnya ia berfikir ‘ayah ia menamakan Namanya Muhammad solihin’ agar ia menjadi anak yang bijak dan sholeh. Ia pun mencari tempat untuk berubah. Pada akhirnya aku bertemu temanku dari Aceh, temannya pun menawarkan agar ia masuk ke ke RQV Indonesia, pada akhirnya ia pun tertarik dan mendaftar. Awalnya ia terkendala oleh biaya, ternya saudaranya mendengar karena ia ingen ke Jakarta, akhirnya saudaranya pun ingin membiayai pemberangkatannya.

Sekarang solihin pun sangat senang bisa ada disini ia bertemu dengan keluarga barunya, dan ia semakin tenang karena kini hari-harinya selalu dengan Al-Qur’an dan teman-temannya selalu mengikat ia dengan hal-hal yang baik.

 

 

Berbagi Cerita Menjadi Peserta RQV Indonesia

Berbagi Cerita Menjadi Peserta RQV Indonesia

Hay sobat violet di seluruh Nusantara.

Kenalin, Nama Aku Habib Rabbani Al Hafidz. aku biasa di panggil Habib, banyak sekali yang mengira aku ini keturunan Rasul, kerena di panggil Habib, biasanya yang di panggil Habib tuh turunan Rasul. Aku berasal dari riau , dan sekarang aku adalah salah satu peserta di RQV Indonesia. ada yang unik nih untuk panggilan para peserta, biasanya peserta putra di panggil  Duta Qur’an, dan  untuk putri di panggil Srikandi Qur’an, nah sekarang aku adalah salah satu Duta Qur’an di RQV Indonesia.

Didalam tulisan ini aku mau berbagi , hiruk pikuk yang ku alami selama sebulan di RQV Indonesia, yang pastinya berbeda dari Sekolah Negeri, Swasta , bahkan pesantren lainnya.

Next, aku resmi gabung di RQV Indonesiatanggal 18 agustus 2021. Tepatnya diRumah Quran Yatim, sayangnya rumah itu sudah tidak dipakai lagi karena sudah habis masa kontraknya.

Hari-hari dami hari aku lalui, tak terasa aku sudah beberapa minngu aku di RQV Indonesia. Rasa rindu terhadap keluarga dan rumah pun tiba-tiba hadir menghantuiku, apalagi kini jarak aku dengan keluarga lebih jauh dari pada sekolahku sebelumnya. semakin lama semangat terbendung rasa kangen tersebut, tetapi ketika aku sudah bergabung dengan teman-temanku rasa itu pun perlahan menghilang. aku merasakan kehangat ke keluargaan ketika aku bersama mereka dan rasa rindu itu sudah tidak terbendung lagi, yang menghantui pikiran akan rindu rumah pun menghilang walau pun tidak hilang sepenuhnya.

Sebelum aku masuk RQV Indonesia aku mengamati dan menilai ini itu dan ternya yang aku pikirkan sebelumnya tidak sama. dengan  apa yang aku nilai sebelumnya. ternyata malah jauh lebih hebat dari penilaianku bahkan jauh dari ekpetasi yang aku harapkan sebelumnya.

Sangat berbeda dengan sistem pendidikan rumah quran yang pernah aku temui sebelumnya, di RQV kami ditumbuh dengan  nilai kekeluargaan. Dimana kami dibuat sangat hangat dan disini tidak ada junioritas atau senioritas, tetapi disini yang lebih muda kami anggap adik dan yang lebih tua itu kakak. Karena itu yanh buat aku merasa nyaman dan betah berda di RQV Indonesia.

Disini juga bukan hanya mempelajari Al Qur’an tapi kita dia ajarkan untuk mengasah Qur’an prener. jadi disini kami di kembang minat bakat kita. Karena dimasa yang akan datang skill menjadi bagian penting dalam membangun ekonomi kita . Tak hanya itu selama sebulan disini aku sudah mendapatkan berbagai macam ilmu , mulai dari quran, leadership, cara berkomunikasi, editing dan masih banyak lagi .

Untuk itu bagi kamu yang belum gabung di rqv jangan sampai kehilangan slot . Karena yang berada di RQV Indonesia adalah orang orang terpilih. mau jadi orang-orang terpilih Yok gabung bareng kami Dan kalian harus tau  Hari ini aku bangga menjadi bagian dari RQV Indonesia

SEMARAK MERIAHKAN MILAD RQV INDONESIA

SEMARAK MERIAHKAN MILAD RQV INDONESIA

(berani menampilkan yang terbaik)

 

 

Hay sobat violet diseluruh Nusantara

Udah pada tau belum nih? Pada tanggal 19 september RQV Indonesia selalu mengadakan hari jadinya di setiap tahunnya.

Pada tahun ini RQV Indonesia kembali mengadakan miladnya yang ke-7 tahun. Acara yang di buat pada tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di hadiri juga oleh presiden RQV Indonesia, para pengurus dan wali peserta juga ikut meramaikan acara tersebut.

Acara di adakan di Caringin, Bogor. Sebelum acara di mulai para peserta, pengurus dan tamu undangan yang sudah datang bersiap-siap untuk menyambut kedatangan Presiden RQV  Indonesia, tetapi ketika sedang menunggu kedatangan Presiden tiba-tiba hujan turun. Peserta pun agak sedikit kecewa pada awalnya dan mereka bubar dari barisan, namun tidak lama kemudian hujan pun reda mereka pun kembali membuat barisan. Tak lama Presiden RQV Indonesia pun datang, ketika beliau datang hujan pun turun sangat lebat, tetapi peserta bukannya bubar untuk meneduh mereka malah bersorek menyambut Presiden RQV Indonesia, mereka sangat semangat walaupun badan mereka basah kuyup oleh tetesan air hujan.

Para tamu undangan yang hadir pun sangat gembira, tidak ada yang tidak gembira pada saat itu. Tim media yang meliput juga tidak mau kalah, mereka mencari ide agar kamera mereka tidak basah, karena mereka tidak ingin melewatkan momen berharga tersebut.

Acara diakhiri dengan pemotongan tumpeng violet dan penerbangan balon harapan oleh Presiden RQV Indonesia. Acara ini sangat berkesan sekali bagi semua orang yang hadir pada saat itu, karena ini adalah momen yang langka dan sangat berharga.

Kisah Seorang Anak Yang Merantau Dari Usia 12 Tahun

Kisah Seorang Anak Yang Merantau Dari Usia 12 Tahun

Rico candy ramadhan siregar kelahiran riau, 23 September 2008. tapi ia memiliki marga Batak dari alm sang ayah. Rico sapaan hangatnya, Rico adalah anak yang sangat ceria. Ia memiliki hobi bermain bola dan membaca komik, Rico memiliki cita-cita ingin menjadi pilot yang hafal Al-Qur’an.

Rico ditinggal sang ayah dari usia 5 tahun ketika itu sang ayah sakit. Rico tidak tau sang ayah mengidap penyakit apa? Yang iya tau sang ayah hanya sakit parah. Ketika ayah Rico sakit banyak teman-teman sang ayah simpanti untuk membantu. Ibu Rico menggantikan posisi sang ayah menjadi sosok ayah dan ibu sekaligus untuk Rico.

Di usianya yang masih sangat belia ia sudah berani merantau dan jauh dari dekapan seorang Ibu. Rico sempat menjalani pendidikan pesantren 1 tahun yang lalu, tetapi ia tidak mau lagi melanjutkan pendidikannya di pondok pesantren. ia mengalami trauma berat karena Rico pernah menjadi korban bullying oleh kakak kelasnya. Rico merasakan sekali senioritas dan bullyan dari kakak kelasnya. selalu di datangi kakak kelasnya dengan beralasan ingin meminjam uang, otomotis setap harinya uang jajan Rico berkurang. Bahkan uang yang dipinjam pun tak pernah di kembalikan. Entah apa yang ada di pikiran kakak kelanya terhadap dirinya, seperti ada dendam pribadi tapi Rico tak pernah membalas perbuatan kakak kelasnya. Hal yang selalu di ingat Rico ketika di bully yaitu ketika ia tidak dapat target hafalannya. Rico ditarik oleh kakak kelasnya ke suatu gubuk dan Rico dipukul dengan tangan kosong oleh kakak kelasnya, itu hal yang selalu teringan oleh Rico.

Sekarang Rico berada di RQV Indonesia untuk menggapai cita-cita menjadi penghafal Al-Qur’an. Ia senang bisa masuk RQV Indonesia karena hari-harinya kini selalu bersama Al-Qur’an, kini ia lebih senang mendapatkan kakak yang lebih baik dan merasa semua yang di lingkungan Rico adalah keluarga.

SANG PEDANG ALLAH

SANG PEDANG ALLAH

SANG PEDANG ALLAH

Hai sobat violet semuaa! Kali ini kita akan membahas “Sang Pedang Allah” wah kira-kira siapa ya teman-teman. Khalid bin Walid, seorang sahabat Rasul yang di juluki “Pedang Allah yang terhunus”. Mengapa dia bisa mendapatkan julukan itu? Setelah memeluk Islam, Khalid bergabung dengan pasukan Perang Mu’tah melawan pasukan Romawi dengan 200 ribu prajurit. Saat itu, tiga panglima perang telah gugur.

Masuknya Khalid dalam peperangan berhasil mengatur strategi untuk keluar dari perang dengan selamat. Sejak saat itulah, Khalid mendapat julukan pedang Allah.

 

Apakah kahlid bin Walid pernah kalah di dalam perang? Khalid dan pasukannya tidak pernah dikalahkan dalam lebih dari 100 pertempuran melawan Kekaisaran Byzantium, Kekaisaran Sassanid, dan sekutu-sekutu mereka termasuk juga suku-suku Arab di luar kekuasaan Khalifah, bahkan pasukan yang di pimpin Rasulullah pun pernah kalah dengan pasukan Khalid Ketika perang uhud.

 

Ehhh, sebelumnya kalian udah kenal banget belum sama khalid bin walid? Pastinya belum, kan? Yok kita cari tahu, siapa sih khalid bin walid ini, let’s go!

 

***

 

Khalid bin Walid adalah sahabat Nabi Muhammad SAW yang berjuluk Saifullah atau Sayf Allah al-Maslul yang berarti pedang Allah yang terhunus. Gelar Khalid bin Walid ini langsung diberikan Rasulullah karena keahliannya dalam peperangan.

Khalid terlahir dari keluarga kaum Quraisy. Ayah Khalid bin Walid, Walid bin Mugirah adalah salah satu pemimpin yang berkuasa di masa itu.

Keluarga mereka juga terkenal sebagai keluarga yang kaya dengan memiliki harta berupa kebun, emas, hingga budak. Namun, keluarga Khalid sangat memusuhi Islam. Khalid pun dididik memerangi Islam.

 

Khalid bahkan menjadi panglima perang kaum kafir Quraisy saat Perang Uhud yang berhasil meluluhlantakkan kaum Muslimin. Pada saat Perang Khandaq, Khalid mendapat tugas untuk membunuh Nabi Muhammad. Saat itu, hampir saja Rasulullah terbunuh.

 

Setelah peristiwa itu, Khalid bin Walid mendapat surat dari saudaranya yang baru masuk Islam. Dalam surat itu, terdapat ucapan Nabi Muhammad yang memuji kekuatan dan kecerdikan Khalid bin Walid.

Saat membaca kalimat itu, Khalid pun tertegun. Dia tak menyangka seseorang yang hampir dibunuhnya justru memujinya.

“Bagaimana bisa orang yang hampir kubunuh malah memujiku,” bisik hati Khalid bin Walid.

Khalid lalu memantapkan hati dan keimanannya. Dia pergi menjumpai Rasulullah di Madinah dan menyatakan masuk Islam.

“Mohonkanlah ampun untukku atas segala yang telah aku lakukan untuk menghalangi (orang) dari jalan Allah” kata Khalid kepada Rasulullah

Rasulullah menjawab bahwa sesungguhnya keislaman itu menghapus segala yang terjadi sebelumnya. Khalid pun memohon sekali lagi kepada Rasulullah.

“Ya Allah, ampunilah Khalid bin Walid atas segala yang telah ia lakukan untuk menghalangi (orang) dari jalan-Mu,” kata Rasulullah.

Setelah memeluk Islam, Khalid bergabung dengan pasukan Perang Mu’tah melawan pasukan Romawi dengan 200 ribu prajurit. Saat itu, tiga panglima perang telah gugur.

Masuknya Khalid dalam peperangan berhasil mengatur strategi untuk keluar dari perang dengan selamat. Sejak saat itulah, Khalid mendapat julukan pedang Allah.

“Setelah itu, bendera dipegang oleh salah satu pedang Allah hingga Allah memberikan kemenangan di tangannya,” bunyi hadis Rasulullah.

Sejak saat itu, Khalid tak pernah jauh dari Rasulullah. Hingga Nabi Muhammad wafat, Khalid tetap teguh membela Islam.

Keahlian menghujam pedang, berkuda, dan menyusun strategi membuat Khalid selalu dipercaya menjadi panglima perang.

Dari satu perang ke perang lain, Khalid yang juga dikenal dengan Abu Sulaiman Saifullah ini berhasil membawa kemenangan untuk kaum Muslimin. Khalid berhasil menumpas pasukan murtad dalam perang Riddah. Begitu pula saat melawan 240 ribu prajurit Bizantium dalam Perang Yarmuk.

Meski hanya punya 40 ribu pasukan, Khalid mengatur strategi dengan membagi dalam beberapa agar bisa memenangkan peperangan. Khalid juga berhasil mengislamkan banyak orang.

Khalid bin Walid meninggal dunia setelah sempat diberhentikan sementara oleh Umar bin Khattab. Saat Khalid meninggal dunia, Umar menangis karena belum sempat mengangkat Khalid kembali ke posisi panglima perang.

Julukan Khalid bin Walid tak hanya pedang Allah yang terhunuus, para sahabat dan juga musuh menggambarkan sosok Khalid bin Walid sebagai laki-laki yang tidak pernah tidur.

 

Nah teman-teman, itulah kisah dari “Sang Pedang Allah” dulunya seorang yang sangat membenci bahkan ingin membunuh nabi, lalu Allah berikan dia hidayah dan masuk islam, dan dia menjadi seseorang yang paling menyayangi Nabi, bahkan menjadi panglima perang pasukan kaum muslimin. Keren gak? Kira-kira kisah sahabat siapa lagi nih yang mau di ceritakan? Komen di bawah ya.

DFK

3 AMALAN YANG DICINTAI ALLAH SWT

3 AMALAN YANG DICINTAI ALLAH SWT

3 AMALAN YANG DICINTAI ALLAH SWT

HAII SOBAT VIOLET! Kali ini kita akan membahas amalan Yang di cintai Allah SWT. Penasarankan, apa aja sih amalan yang di cintai oleh Allah SWT. Ada 3 amalan yang paling di cintai Allah SWT, Hadits yang menjelaskan tentang 3 amalan yang dicintai Allah SWT disebutkan dari Abu ‘Abdirrahman ‘Abdullah bin Mas’ud RA, dia bercerita: “Aku pernah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW, ‘Amal apa yang paling dicintai Allah Ta’ala? ‘Beliau Rasulullah SAW: “Sholat pada waktunya.’Lalu apa lagi’, tanyaku. Beliau pun menjawab: ‘Berbakti kepada kedua orang tua.’ Kemudian apa lagi,’tanyaku lebih lanjut. Maka beliau menjawab: “Jihad di Jalan Allah.’ (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim).

Berikut ini adalah penjelasan tentang amalan yang paling di cintai Allah SWT:

  1. SHALAT TEPAT WAKTU

Sholat tepat waktu memiliki banyak keutamaan. Salah satunya adalah mendatangkan kebaikan yang banyak.

Berdasarkan hadits riwayat Ahmad, dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengingatkan tentang sholat pada suatu hari, kemudian BERKATA: Siapa saja yang menjaga sholat maka dia akan mendapatkan cahaya, petunjuk dan keselamatan pada hari kiamat. Sedangkan, siapa saja yang tidak menjaga sholat, dia tidak akan mendapatkan cahaya, petunjuk dan keselamatan. Dan pada hari kiamat nanti, dia akan dikumpulkan bersama dengan Qarun, Firaun, Haman, dan Ubay bin Khalaf.

    2. BERBAKTI KEPADA KEDUA ORANG TUA

Dikutip dalam buku ‘Amalan-amalan Shaleh yang Paling Dicintai Allah’ oleh Abdillah F. Hasan, seorang anak memang tidak akan bisa melunasi jasa orang tua meski ia memiliki harta dan seluruh jiwa raganya. Tugas seorang anak adalah berbakti dengan memenuhi hak-hak mereka dengan ikhlas.

Allah SWT berfirman: “Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.” (QS. An-Nisa: 36)

  1. BERJIHAD DI JALAN ALLAH

Dalam Al Qur’an surah Al-Anfal ayat 74, Allah SWT berfirman yang artinya:

“Dan orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad pada jalan Allah dan orang-orang yang memberi tempat kediaman dan memberi pertolongan (kepada orang-orang Muhajirin), mereka itulah orang-orang yang benar-benar beriman. Mereka memperoleh ampunan dan rezeki (nikmat) yang mulia.” (al-Anfal: 74).

Hadits Abu Sa’id Al Khudri r.a., Rasulullah SAW bersabda, “Siapa di antara kalian yang melihat suatu kemungkaran, maka hendaklah ia mengubahnya dengan tangannya. Apabila tidak mampu maka dengan lisannya. Apabila tidak mampu juga maka dengan hatinya dan itulah selemah-lemahnya iman.” (HR. Muslim).

Ibnu Taimiyah mendefinisikan jihad dengan penyataan, “Jihad hakikatnya adalah bersungguh-sungguh mencapai sesuatu yang Allah cintai berupa iman dan amal saleh dan menolak sesuatu yang dibenci Allah berupa kekufuran, kefasikan dan kemaksiatan.”

 

Nah teman-teman, itulah tiga amalan yang di cintai Allah SWT, amalan yang sangat mudah untuk dikerjakan tapi banyak manusia yang melalaikan. Semoga kita bukan termasuk orang yang lalai, aamiin. Terus ikuti update-an terbaru kami, ya teman-teman. semoga bermnfaat.

DFK

HAL-HAL YANG PERLU DIKETAHUI DI HARI JUMAT

HAL-HAL YANG PERLU DIKETAHUI DI HARI JUMAT

Hal-hal yang perlu di ketahui di hari jumat

Hai sobat violet! Kalian tau gak, kalau di hari jumat itu banyak banget loh keistimewaan yang belum kita ketahui. Mau tau gak? Pastinya mau dong! Nah, ada beberapa keistimewaan di hari jumat yang jarang kita ketahui, antara lain:

 

  1. HARI JUMAT ADALAH HARI TERBAIK.

Hari terbaik Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabada: “Hari terbaik dimana pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan surga serta dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.”

  1. BERSEDEKAH.

Sedekah pada hari itu lebih utama dibanding sedekah pada hari-hari lainnya Ibnu Qayyim berkata: “Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya.” Hadits dari Ka’ab menjelaskan: “Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya,” (Mauquf Shahih).

  1. ALLAH MENAMPAKKAN DIRINYA KEPADA ORANG YANG BERIMAN.

Hari tatkala Allah menampakkan diri kepada hamba-Nya yang beriman di surga Sahabat Anas bin Malik dalam mengomentari ayat: “Dan Kami memiliki pertambahannya,” (QS. 50: 35) mengatakan: “Allah menampakkan diri kepada mereka setiap hari Jumat.”

 

  1. SHALAT JUMAT

Orang yang berjalan untuk shalat Jumat akan mendapat pahala untuk tiap langkahnya, setara dengan pahala ibadah satu tahun shalat dan puasa Aus bin Aus berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang mandi pada hari Jumat, kemudian bersegera berangkat menuju masjid, dan menempati shaf terdepan kemudian dia diam, maka setiap langkah yang dia ayunkan mendapat pahala puasa dan shalat selama satu tahun, dan itu adalah hal yang mudah bagi Allah,” (HR. Ahmad dan Ashabus Sunan, dinyatakan shahih oleh Ibnu Huzaimah).

 

  1. WAFAT DI HARI JUMAT TANDA KHUSNUL KHATIMAH

Wafat pada malam hari Jumat atau siangnya adalah tanda husnul khatimah, yaitu dibebaskan dari fitnah (azab) kubur Diriwayatkan oleh Ibnu Amru , bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Setiap muslim yang mati pada siang hari Jumat atau malamnya, niscaya Allah akan menyelamatkannya dari fitnah kubur,” (HR. Ahmad dan Tirmizi, dinilai shahih oleh Al-Bani).

6.WAKTU YANG MUSTAJAB UNTUK BERDOA

Terdapat waktu mustajab untuk berdoa Abu Hurairah berkata Rasulullah SAW bersabda: “ Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangannya menggambarkan sedikitnya waktu itu,” (HR. Muttafaqu Alaih). Ibnu Qayyim Al Jauziah setelah menjabarkan perbedaan pendapat tentang kapan waktu itu mengatakan: “Diantara sekian banyak pendapat ada dua yang paling kuat, sebagaimana ditunjukkan dalam banyak hadits yang sahih, pertama saat duduknya khatib sampai selesainya shalat. Kedua, sesudah ashar, dan ini adalah pendapat yang terkuat dari dua pendapat tadi,” (Zadul Ma’ad Jilid I/389-390).

 

NAH! Itulah enam keistimewaan yang harus kita ketahui teman, betapa banyak keistimewaan di hari jumat. Terus ikuti update an rqv ya! Salam violet.

KEUTAMAAN MEMBACA AL-QURAN

KEUTAMAAN MEMBACA AL-QURAN

KEUTAMAAN MEMBACA AL-QURAN

Hai sobat violet semuaa! Kalian tau gak si? Kalau penghafal al-quran itu, memiliki banyak sekali keutamaan, loh! Sebagian anak muda zaman sekarang hampir tidak mengetahui cara membaca al-quran, bahkan mereka tidak mempunyai ketertarikan untuk bisa membacanya.

 

Lalu, ketertarikan mereka lebih banyak kemana? Anak muda zaman sekarang lebih tertarik kepada dunia media sosial, mereka lebih memilih joget-joget di depan kamera.  naudzubillah min dzalik.

 

Seandainya mereka mengetahui betapa banyak keutamaan luar biasa Ketika kita bisa membaca al-quran, pasti setiap waktu mereka tidak akan puas hanya untuk membaca al-quran. Rasulullah SAW bersabda “Apabila Neraka diperlihatkan kepada mereka, maka masjid 19 tingkat pun tidak akan muat untuk menampungnya.”

 

Yok belajar membaca al-quran! Membaca al-quran itu gak sulit, kok. Tapi, menyenangkan apabila kita sudah bisa bersahabat dengan al-quran. Terlebih lagi ketikakita bisa mengamalkan ajarannya.

 

Nah, mau tau gak? Apa saja keutamaan orang yang membaca Al-Quran? Nah simak di bawah ini:

 

  1. MEMBACA AL-QURAN MENDATANGKAN KEBAIKAN

“Aisyah radhiyallahu ‘anha meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seorang yang lancar membaca Al Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala” (HR. Muslim).

  1. MEMBACA AL-QURAN MENDATANGKAN SYAFAAT

“Aisyah radhiyallahu ‘anha meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seorang yang lancar membaca Al Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala” (HR. Muslim).

 

  1. SALAH SATU IBADAH YANG PALING BESAR

“Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhu berkata: “Allah telah menjamin bagi siapa yang mengikuti Al Quran, tidak akan sesat di dunia dan tidak akan merugi di akhirat”,

“Lalu barang siapa yang mengikut petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan tidak akan celaka”. (QS. Thaha: 123) (Atsar shahih diriwayatkan di dalam kitab Mushannaf Ibnu Abi Syaibah).

 

Nah! Itulah beberapa keutamaan membaca Al-Quran begitu besar pahalanya, kan? Yok mulai sekarang belajar membaca al-quran! Jangan takut untuk mencoba, bisa karena terbiasa, tidak bisa karena gak terbiasa.

DFK.

Need Help? Chat with us