SANG PEDANG ALLAH

SANG PEDANG ALLAH

SANG PEDANG ALLAH

Hai sobat violet semuaa! Kali ini kita akan membahas “Sang Pedang Allah” wah kira-kira siapa ya teman-teman. Khalid bin Walid, seorang sahabat Rasul yang di juluki “Pedang Allah yang terhunus”. Mengapa dia bisa mendapatkan julukan itu? Setelah memeluk Islam, Khalid bergabung dengan pasukan Perang Mu’tah melawan pasukan Romawi dengan 200 ribu prajurit. Saat itu, tiga panglima perang telah gugur.

Masuknya Khalid dalam peperangan berhasil mengatur strategi untuk keluar dari perang dengan selamat. Sejak saat itulah, Khalid mendapat julukan pedang Allah.

 

Apakah kahlid bin Walid pernah kalah di dalam perang? Khalid dan pasukannya tidak pernah dikalahkan dalam lebih dari 100 pertempuran melawan Kekaisaran Byzantium, Kekaisaran Sassanid, dan sekutu-sekutu mereka termasuk juga suku-suku Arab di luar kekuasaan Khalifah, bahkan pasukan yang di pimpin Rasulullah pun pernah kalah dengan pasukan Khalid Ketika perang uhud.

 

Ehhh, sebelumnya kalian udah kenal banget belum sama khalid bin walid? Pastinya belum, kan? Yok kita cari tahu, siapa sih khalid bin walid ini, let’s go!

 

***

 

Khalid bin Walid adalah sahabat Nabi Muhammad SAW yang berjuluk Saifullah atau Sayf Allah al-Maslul yang berarti pedang Allah yang terhunus. Gelar Khalid bin Walid ini langsung diberikan Rasulullah karena keahliannya dalam peperangan.

Khalid terlahir dari keluarga kaum Quraisy. Ayah Khalid bin Walid, Walid bin Mugirah adalah salah satu pemimpin yang berkuasa di masa itu.

Keluarga mereka juga terkenal sebagai keluarga yang kaya dengan memiliki harta berupa kebun, emas, hingga budak. Namun, keluarga Khalid sangat memusuhi Islam. Khalid pun dididik memerangi Islam.

 

Khalid bahkan menjadi panglima perang kaum kafir Quraisy saat Perang Uhud yang berhasil meluluhlantakkan kaum Muslimin. Pada saat Perang Khandaq, Khalid mendapat tugas untuk membunuh Nabi Muhammad. Saat itu, hampir saja Rasulullah terbunuh.

 

Setelah peristiwa itu, Khalid bin Walid mendapat surat dari saudaranya yang baru masuk Islam. Dalam surat itu, terdapat ucapan Nabi Muhammad yang memuji kekuatan dan kecerdikan Khalid bin Walid.

Saat membaca kalimat itu, Khalid pun tertegun. Dia tak menyangka seseorang yang hampir dibunuhnya justru memujinya.

“Bagaimana bisa orang yang hampir kubunuh malah memujiku,” bisik hati Khalid bin Walid.

Khalid lalu memantapkan hati dan keimanannya. Dia pergi menjumpai Rasulullah di Madinah dan menyatakan masuk Islam.

“Mohonkanlah ampun untukku atas segala yang telah aku lakukan untuk menghalangi (orang) dari jalan Allah” kata Khalid kepada Rasulullah

Rasulullah menjawab bahwa sesungguhnya keislaman itu menghapus segala yang terjadi sebelumnya. Khalid pun memohon sekali lagi kepada Rasulullah.

“Ya Allah, ampunilah Khalid bin Walid atas segala yang telah ia lakukan untuk menghalangi (orang) dari jalan-Mu,” kata Rasulullah.

Setelah memeluk Islam, Khalid bergabung dengan pasukan Perang Mu’tah melawan pasukan Romawi dengan 200 ribu prajurit. Saat itu, tiga panglima perang telah gugur.

Masuknya Khalid dalam peperangan berhasil mengatur strategi untuk keluar dari perang dengan selamat. Sejak saat itulah, Khalid mendapat julukan pedang Allah.

“Setelah itu, bendera dipegang oleh salah satu pedang Allah hingga Allah memberikan kemenangan di tangannya,” bunyi hadis Rasulullah.

Sejak saat itu, Khalid tak pernah jauh dari Rasulullah. Hingga Nabi Muhammad wafat, Khalid tetap teguh membela Islam.

Keahlian menghujam pedang, berkuda, dan menyusun strategi membuat Khalid selalu dipercaya menjadi panglima perang.

Dari satu perang ke perang lain, Khalid yang juga dikenal dengan Abu Sulaiman Saifullah ini berhasil membawa kemenangan untuk kaum Muslimin. Khalid berhasil menumpas pasukan murtad dalam perang Riddah. Begitu pula saat melawan 240 ribu prajurit Bizantium dalam Perang Yarmuk.

Meski hanya punya 40 ribu pasukan, Khalid mengatur strategi dengan membagi dalam beberapa agar bisa memenangkan peperangan. Khalid juga berhasil mengislamkan banyak orang.

Khalid bin Walid meninggal dunia setelah sempat diberhentikan sementara oleh Umar bin Khattab. Saat Khalid meninggal dunia, Umar menangis karena belum sempat mengangkat Khalid kembali ke posisi panglima perang.

Julukan Khalid bin Walid tak hanya pedang Allah yang terhunuus, para sahabat dan juga musuh menggambarkan sosok Khalid bin Walid sebagai laki-laki yang tidak pernah tidur.

 

Nah teman-teman, itulah kisah dari “Sang Pedang Allah” dulunya seorang yang sangat membenci bahkan ingin membunuh nabi, lalu Allah berikan dia hidayah dan masuk islam, dan dia menjadi seseorang yang paling menyayangi Nabi, bahkan menjadi panglima perang pasukan kaum muslimin. Keren gak? Kira-kira kisah sahabat siapa lagi nih yang mau di ceritakan? Komen di bawah ya.

DFK

3 AMALAN YANG DICINTAI ALLAH SWT

3 AMALAN YANG DICINTAI ALLAH SWT

3 AMALAN YANG DICINTAI ALLAH SWT

HAII SOBAT VIOLET! Kali ini kita akan membahas amalan Yang di cintai Allah SWT. Penasarankan, apa aja sih amalan yang di cintai oleh Allah SWT. Ada 3 amalan yang paling di cintai Allah SWT, Hadits yang menjelaskan tentang 3 amalan yang dicintai Allah SWT disebutkan dari Abu ‘Abdirrahman ‘Abdullah bin Mas’ud RA, dia bercerita: “Aku pernah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW, ‘Amal apa yang paling dicintai Allah Ta’ala? ‘Beliau Rasulullah SAW: “Sholat pada waktunya.’Lalu apa lagi’, tanyaku. Beliau pun menjawab: ‘Berbakti kepada kedua orang tua.’ Kemudian apa lagi,’tanyaku lebih lanjut. Maka beliau menjawab: “Jihad di Jalan Allah.’ (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim).

Berikut ini adalah penjelasan tentang amalan yang paling di cintai Allah SWT:

  1. SHALAT TEPAT WAKTU

Sholat tepat waktu memiliki banyak keutamaan. Salah satunya adalah mendatangkan kebaikan yang banyak.

Berdasarkan hadits riwayat Ahmad, dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengingatkan tentang sholat pada suatu hari, kemudian BERKATA: Siapa saja yang menjaga sholat maka dia akan mendapatkan cahaya, petunjuk dan keselamatan pada hari kiamat. Sedangkan, siapa saja yang tidak menjaga sholat, dia tidak akan mendapatkan cahaya, petunjuk dan keselamatan. Dan pada hari kiamat nanti, dia akan dikumpulkan bersama dengan Qarun, Firaun, Haman, dan Ubay bin Khalaf.

    2. BERBAKTI KEPADA KEDUA ORANG TUA

Dikutip dalam buku ‘Amalan-amalan Shaleh yang Paling Dicintai Allah’ oleh Abdillah F. Hasan, seorang anak memang tidak akan bisa melunasi jasa orang tua meski ia memiliki harta dan seluruh jiwa raganya. Tugas seorang anak adalah berbakti dengan memenuhi hak-hak mereka dengan ikhlas.

Allah SWT berfirman: “Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.” (QS. An-Nisa: 36)

  1. BERJIHAD DI JALAN ALLAH

Dalam Al Qur’an surah Al-Anfal ayat 74, Allah SWT berfirman yang artinya:

“Dan orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad pada jalan Allah dan orang-orang yang memberi tempat kediaman dan memberi pertolongan (kepada orang-orang Muhajirin), mereka itulah orang-orang yang benar-benar beriman. Mereka memperoleh ampunan dan rezeki (nikmat) yang mulia.” (al-Anfal: 74).

Hadits Abu Sa’id Al Khudri r.a., Rasulullah SAW bersabda, “Siapa di antara kalian yang melihat suatu kemungkaran, maka hendaklah ia mengubahnya dengan tangannya. Apabila tidak mampu maka dengan lisannya. Apabila tidak mampu juga maka dengan hatinya dan itulah selemah-lemahnya iman.” (HR. Muslim).

Ibnu Taimiyah mendefinisikan jihad dengan penyataan, “Jihad hakikatnya adalah bersungguh-sungguh mencapai sesuatu yang Allah cintai berupa iman dan amal saleh dan menolak sesuatu yang dibenci Allah berupa kekufuran, kefasikan dan kemaksiatan.”

 

Nah teman-teman, itulah tiga amalan yang di cintai Allah SWT, amalan yang sangat mudah untuk dikerjakan tapi banyak manusia yang melalaikan. Semoga kita bukan termasuk orang yang lalai, aamiin. Terus ikuti update-an terbaru kami, ya teman-teman. semoga bermnfaat.

DFK

HAL-HAL YANG PERLU DIKETAHUI DI HARI JUMAT

HAL-HAL YANG PERLU DIKETAHUI DI HARI JUMAT

Hal-hal yang perlu di ketahui di hari jumat

Hai sobat violet! Kalian tau gak, kalau di hari jumat itu banyak banget loh keistimewaan yang belum kita ketahui. Mau tau gak? Pastinya mau dong! Nah, ada beberapa keistimewaan di hari jumat yang jarang kita ketahui, antara lain:

 

  1. HARI JUMAT ADALAH HARI TERBAIK.

Hari terbaik Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabada: “Hari terbaik dimana pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan surga serta dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.”

  1. BERSEDEKAH.

Sedekah pada hari itu lebih utama dibanding sedekah pada hari-hari lainnya Ibnu Qayyim berkata: “Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya.” Hadits dari Ka’ab menjelaskan: “Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya,” (Mauquf Shahih).

  1. ALLAH MENAMPAKKAN DIRINYA KEPADA ORANG YANG BERIMAN.

Hari tatkala Allah menampakkan diri kepada hamba-Nya yang beriman di surga Sahabat Anas bin Malik dalam mengomentari ayat: “Dan Kami memiliki pertambahannya,” (QS. 50: 35) mengatakan: “Allah menampakkan diri kepada mereka setiap hari Jumat.”

 

  1. SHALAT JUMAT

Orang yang berjalan untuk shalat Jumat akan mendapat pahala untuk tiap langkahnya, setara dengan pahala ibadah satu tahun shalat dan puasa Aus bin Aus berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang mandi pada hari Jumat, kemudian bersegera berangkat menuju masjid, dan menempati shaf terdepan kemudian dia diam, maka setiap langkah yang dia ayunkan mendapat pahala puasa dan shalat selama satu tahun, dan itu adalah hal yang mudah bagi Allah,” (HR. Ahmad dan Ashabus Sunan, dinyatakan shahih oleh Ibnu Huzaimah).

 

  1. WAFAT DI HARI JUMAT TANDA KHUSNUL KHATIMAH

Wafat pada malam hari Jumat atau siangnya adalah tanda husnul khatimah, yaitu dibebaskan dari fitnah (azab) kubur Diriwayatkan oleh Ibnu Amru , bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Setiap muslim yang mati pada siang hari Jumat atau malamnya, niscaya Allah akan menyelamatkannya dari fitnah kubur,” (HR. Ahmad dan Tirmizi, dinilai shahih oleh Al-Bani).

6.WAKTU YANG MUSTAJAB UNTUK BERDOA

Terdapat waktu mustajab untuk berdoa Abu Hurairah berkata Rasulullah SAW bersabda: “ Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangannya menggambarkan sedikitnya waktu itu,” (HR. Muttafaqu Alaih). Ibnu Qayyim Al Jauziah setelah menjabarkan perbedaan pendapat tentang kapan waktu itu mengatakan: “Diantara sekian banyak pendapat ada dua yang paling kuat, sebagaimana ditunjukkan dalam banyak hadits yang sahih, pertama saat duduknya khatib sampai selesainya shalat. Kedua, sesudah ashar, dan ini adalah pendapat yang terkuat dari dua pendapat tadi,” (Zadul Ma’ad Jilid I/389-390).

 

NAH! Itulah enam keistimewaan yang harus kita ketahui teman, betapa banyak keistimewaan di hari jumat. Terus ikuti update an rqv ya! Salam violet.

KEUTAMAAN MEMBACA AL-QURAN

KEUTAMAAN MEMBACA AL-QURAN

KEUTAMAAN MEMBACA AL-QURAN

Hai sobat violet semuaa! Kalian tau gak si? Kalau penghafal al-quran itu, memiliki banyak sekali keutamaan, loh! Sebagian anak muda zaman sekarang hampir tidak mengetahui cara membaca al-quran, bahkan mereka tidak mempunyai ketertarikan untuk bisa membacanya.

 

Lalu, ketertarikan mereka lebih banyak kemana? Anak muda zaman sekarang lebih tertarik kepada dunia media sosial, mereka lebih memilih joget-joget di depan kamera.  naudzubillah min dzalik.

 

Seandainya mereka mengetahui betapa banyak keutamaan luar biasa Ketika kita bisa membaca al-quran, pasti setiap waktu mereka tidak akan puas hanya untuk membaca al-quran. Rasulullah SAW bersabda “Apabila Neraka diperlihatkan kepada mereka, maka masjid 19 tingkat pun tidak akan muat untuk menampungnya.”

 

Yok belajar membaca al-quran! Membaca al-quran itu gak sulit, kok. Tapi, menyenangkan apabila kita sudah bisa bersahabat dengan al-quran. Terlebih lagi ketikakita bisa mengamalkan ajarannya.

 

Nah, mau tau gak? Apa saja keutamaan orang yang membaca Al-Quran? Nah simak di bawah ini:

 

  1. MEMBACA AL-QURAN MENDATANGKAN KEBAIKAN

“Aisyah radhiyallahu ‘anha meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seorang yang lancar membaca Al Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala” (HR. Muslim).

  1. MEMBACA AL-QURAN MENDATANGKAN SYAFAAT

“Aisyah radhiyallahu ‘anha meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seorang yang lancar membaca Al Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala” (HR. Muslim).

 

  1. SALAH SATU IBADAH YANG PALING BESAR

“Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhu berkata: “Allah telah menjamin bagi siapa yang mengikuti Al Quran, tidak akan sesat di dunia dan tidak akan merugi di akhirat”,

“Lalu barang siapa yang mengikut petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan tidak akan celaka”. (QS. Thaha: 123) (Atsar shahih diriwayatkan di dalam kitab Mushannaf Ibnu Abi Syaibah).

 

Nah! Itulah beberapa keutamaan membaca Al-Quran begitu besar pahalanya, kan? Yok mulai sekarang belajar membaca al-quran! Jangan takut untuk mencoba, bisa karena terbiasa, tidak bisa karena gak terbiasa.

DFK.

PENYALURAN 500 WAKAF QURAN PELOSOK NEGERI-BANDA ACEH, ACEH

PENYALURAN 500 WAKAF QURAN PELOSOK NEGERI-BANDA ACEH, ACEH

PENYALURAN WAKAF 500 QURAN PELOSOK NEGERI-BANDA ACEH, ACEH

HAII SOBAT VIOLET! Kali ini RQV INDONESIA kembali menyalurkan 500 Wakaf Quran ke Ibu Kota Aceh, yaitu Banda Aceh. “Allhamdulillah, semakin hari semakin banyak saja anak-anak di usia dini sudah bisa membaca dan menghafal Al-Quran. RQV INDONESIA adalah salah satu Lembaga yang ikut serta atas meningkatnya jumlah anak-anak yang mulai bisa membaca dan menghafal al-quran, terima kasih RQV INDONESIA,” Ucap Kepala cabang RQV Banda Aceh.

 

RQV INDONESIA tidak akan berhenti untuk menyebarkan kebaikan di Indonesia ini. Terus bergerak hingga akhir hayat. Presiden RQV INDONESIA Azmi Fajri Usman S.H pernah berkata “Semakin kita mengeluarkan harta di jalan Allah, semakin Allah lipat gandakan balasannya.”

 

Mimpi RQV INDONESIA tidak akan pernah berubah apalagi menyerah, RQV INDONESIA akan terus melebarkan sayapnya ke seluruh penjuru negeri, untuk mewujudkan Satu juta rumah quran Nusantara.

 

Melahirkan tujuh juta penghafal quran nusantara serta membuat pemuda di Indonesia semakin mencintai Allah dan negaranya, mempunyai karakter berani, sehat, kaya, Bahagia. Mempunyai prinsip hidup ikhlas, sabar, jujur, syukur. Aamiin, ALLAHU AKBAR!

 

Bagi teman-teman yang ingin menyisihkan sedikit harta untuk para penghafal quran, yok berdonasi dengan mengirimkan donasi kalian ke nomor di bawah ini.

 

alurkan donasi terbaik anda melalui.

 

💳 Bank Mandiri 123.000.683.3992

💳 BNI Syariah 077.258.1246

💳 BRI Syariah 104.228.1898

💳 Muamalat 309.001.2610

.

a.n Yayasan Wakaf Rumah Qur’an Violet:

☎️ 0811991240

DFK.

Tebar 500 Wakaf Al-Quran Pelosok Negeri-Labuhan batu, Sumatera utara.

Tebar 500 Wakaf Al-Quran Pelosok Negeri-Labuhan batu, Sumatera utara.

Tebar 500 Wakaf Al-Quran Pelosok Negeri

-Labuhan batu, Sumatera utara.

 

24 Mei 2021, tepat di salah satu daerah Sumatera Utara, LabuhanBatu telah menerima 500 Wakaf Quran dari RQV INDONESIA. Kami menyalurkan Alquran hafalan kepada masyarakat Indonesia agar kita semua mudah menghafal Alquran’ Kata Presiden RQV Indonesia Azmi Fajri Usman.

‘Alquran hafalan yang disalurkan oleh RQV di desain khusus dan menarik agar semangat masyarakat Indonesia menjadi pribadi yang mencintai Alquran semakin meningkat.’Tambahnya.

Rqv mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk ambil bagian lahirnya 8 juta Penghafal Alquran dengan berperan aktif memberi dukungan moril maupun materil.

RQV mempunyai misi besar, yaitu mewujudkan satu juta rumah quran di nusantara. Setiap harinya, RQV INDONESIA melatih para peserta untuk menjadi orang yang berani, sehat, kaya, Bahagia dan di landasi dengan ikhlas, sabar, jujur, syukur. Sehingga mulailah terbentuk karakter para peserta.

 

RQV INDONESIA juga ingin anak-anak di nusantara bisa membaca dan menghafal quran,. Bisa menjadi pemimpin masa depan yang amanah.

 

“Saya pribadi sangat berterima-kasih kepada RQV INDONESIA atas wakaf quran ini. Dengan adanya Al-Quran, anak-anak di Labuhan batu bisa menghafal dengan nyaman. Semoga terus maju RQV INDONESIA dan apa yang kalian beri salah satu kenikmatan bagi kami.” Ucap Ustadz Mulkan selaku kepala cabang di labuhanbatu.

 

Dukung terus pergerakan RQV INDONESIA dalam mewujudkan satu juta rumah Quran Nusantara. Dengan cara mengirimkan donasi terbaikmu ke bawah ini.

Salurkan donasi terbaik anda melalui.

 

💳 Bank Mandiri 123.000.683.3992

💳 BNI Syariah 077.258.1246

💳 BRI Syariah 104.228.1898

💳 Muamalat 309.001.2610

DFK

 

DFK

SEDEKAH JUM’AT

SEDEKAH JUM’AT

HAI SOBAT VIOLET! kalian tau, gak? Kalau Bersedekah dengan meyisihkan sebagian harta yang kita miliki untuk masjid, madrasah, pondok pesantren, anak yatim dan untuk orang-orang yang membutuhkan, banyak sekali keistimewaanya.

 

Terdapat keutamaan-keutamaan bersedekah yang Allah sampaikan dalam Al-Qur’an, yang mana tidak ada kerugian atas apa yang disedekahkan, bahkan akan diberikan yang lebih.

Sedekah bisa dilakukan kapan saja dan di mana pun berada serta kepada siapapun. Namun bersedekah memiliki pahala lebih besar bila dilakukan di waktu-waktu utama, di antaranya di hari Jumat.

Sedekah bisa dilakukan kapan saja dan di mana pun berada serta kepada siapapun. Namun bersedekah memiliki pahala lebih besar bila dilakukan di waktu-waktu utama, di antaranya di hari Jumat.

Dari Jabir bin Abdillah berkata, Rasulullah bersabda saat beliau berada di atas mimbarnya, wahai manusia bertobatlah kalian kepada Tuhan kalian sebelum kalian mati. Bersegeralah kembali kepada-Nya dengan amal-amal saleh, sambunglah hubungan antara Tuhan dan kalian dengan memperbanyak dzikir dan sedekah di saat sunyi dan ramai, maka kalian diganjar, ditolong dan diberi rizki.” (HR. al-Kassi dalam kitab al-Muntakhab min Musnad Abd bin Humaid).

 

Penekanan bersedekah di hari Jumat dan waktu-waktu utama yang lain bukan berarti dianjurkan untuk menunda sedekah di waktu-waktu tersebut. Namun yang dimaksud adalah bersedekah di waktu-waktu tersebut memiliki pahala yang lebih besar dibandingkan waktu-waktu lainnya. Seseorang dianjurkan bersedekah kapan saja dan lebih utama lagi dilakukan di hari-hari spesial seperti Jumat.

Mari, dihari yang berkah ini kita isi dengan memperbanyak dzikir kepada Allah dan bersedekah. Mulai dari sekitar kita yang membutuhkan ataupun kepada masyarakat umum yang membutuhkan.

Semoga Allah senantiasa memberikan kebaikan kepada kita di dunia hingga akhirat. Aamiin

 

Yukkk sedekah! Bantu anak yatim penghafal quran agar terus bisa belajarr! Caranya

 

Salurkan donasi terbaik anda melalui.

 

💳 Bank Mandiri 123.000.683.3992

💳 BNI Syariah 077.258.1246

💳 BRI Syariah 104.228.1898

💳 Muamalat 309.001.2610

.

a.n Yayasan Wakaf Rumah Qur’an Violet:

☎️ 0811991240

 

TEBAR 60 QURAN NUSANTARA, CIKARANG

TEBAR 60 QURAN NUSANTARA, CIKARANG

TEBAR 60 QURAN NUSANTARA, CIKARANG

CIKARANG- Tepat pada hari rabu tanggal 26 Mei 2021 RQV INDONESIA menyalurkan 60 quran hafalan di cikarang, kab. Bekasi.

Ada dua lokasi yang menjadi tempat penyaluran wakaf quran, yang pertama di salah satu tempat yang sebentar lagi akan menjadi cabang baru RQV INDONESIA sebanyak 30 quran hafalan.

Dan satu lagi di IGSBB (Ikatan Guru Semai Benih Bangsa) sebanyak 30 quran hafalan.

RQV Indonesia sejak tahun 2016 telah aktif menjadi pelopor lahirnya 8 juta penghafal alquran dan satu juta rumah alquran Nusantara dengan terus menyalurkan Alquran hafalan ke pelosok Negeri.

Kepala program wakaf Quran Nusantara Fania Vivi Hikmawati menyampaikan bahwa Alquran yang di salurkan oleh Rqv adalah amanah para donatur dan Rqv sangat berbahagia dapat menjadi jembatan kebaikan untuk para donatur yang mencintai Alquran.

Rqv Indonesia akan terus bergerak memberantas buta huruf Alquran dan menebarkan 8 juta Alquran hafalan untuk Nusantara.

‘Kami menyalurkan Alquran hafalan kepada masyarakat Indonesia agar kita semua mudah menghafal Alquran’ Kata Presiden RQV Indonesia Azmi Fajri Usman.

‘Alquran hafalan yang disalurkan oleh RQV di desain khusus dan menarik agar semangat masyarakat Indonesia menjadi pribadi yang mencintai Alquran semakin meningkat.’Tambahnya.

Rqv mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk ambil bagian lahirnya 8 juta Penghafal Alquran dengan berperan aktif memberi dukungan moril maupun materil.

‘Donasi untuk program Wakaf Qur’an Nusantara sangat bermanfaat dan berdampak untuk masyarakat di pelosok Nusantara dan menjadikan Indonesia berkah bersama Alquran. InsyaAllah.’Tutup kepala program wakaf Qur’an Nusantara Fania Vivi Hikmawati.

KEUTAMAAN BERQURBAN

KEUTAMAAN BERQURBAN

KEUTAMAAN BERQURBAN

 HAI SOBAT VIOLET! Tau gak? Apa keutamaan orang yang berqurban? Wah! Tentunya banyak sekali, loh!  Selain Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha juga termasuk perayaan besar yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Muslim. Hari Raya Idul Adha biasanya jatuh pada 10 Dzulhijjah kalender Islam. Tanggal ini pun bertepatan dengan ibadah haji yang diselenggarakan setiap satu tahun sekali. Pada tahun ini, Idul Adha akan jatuh pada akhir bulan, yaitu tepat pada 31 Juli 2020.

Dengan begitu, tidak heran jika saat ini banyak masyarakat yang sudah mulai mempersiapkan dana untuk ibadah kurban. Di sini, masyarakat dapat berkurban berupa seekor kambing atau sapi yang disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Dalam hal ini, orang yang mampu berkurban bisa menjadi amalan ibadah pengganti ibadah haji bagi yang belum mampu. Ini merupakan salah satu keutamaan berkurban yang ingin didapatkan oleh hampir setiap umat Muslim.

Bukan hanya itu, ternyata terdapat beberapa keutamaan berkurban lainnya yang perlu diketahui. Selain sebagai amalan pengganti ibadah haji yang belum mampu, berkurban juga merupakan salah satu upaya meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Di samping memperkuat keimanan, ibadah berkurban juga dijadikan sebagai aksi sosial dan kemanusiaan untuk saling berbagi kebaikan dengan yang lain.

Bagi teman-teman yang berencana untuk menggunakan sebagian rezeki untuk berpartisipasi dalam perayaan kurban tahun, tidak perlu ragu lagi. Beberapa keutamaan berkurban berikut bisa menjadi alasan pendukung untuk menyegerakan ibadah kurban jika sudah mampu.

  1. MENINGKATKAN TAQWA

Keutamaan berkurban yang pertama seperti yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Hal ini seperti yang tercantum dalam QS. Al Maidah ayat 27 yang berbunyi: “Sesungguhnya Allah hanya menerima (kurban) dari orang-orang yang bertaqwa”.

Melalui ayat tersebut, dapat dipahami bahwa berkurban merupakan salah satu ibadah yang diterima Allah dengan dari orang-orang yang bertaqwa kepadanya. Di sini juga membuktikan bahwa orang yang berniat untuk menggunakan sebagian hartanya untuk berkurban, termasuk sudah melakukan hal baik, yaitu berbagai kepada sesama. Bahkan Allah telah memerintahkan malaikat untuk memberikan kabar gembira pada setiap umat muslim untuk berkurban dan mendapatkan kebaikan dari-Nya.

 

  1. Menambah Amal Kebaikan

Selain sebagai upaya untuk meningkatkan takwa kepada Allah, salah satu keutamaan berkurban yang penting untuk diketahui dapat menambah amal kebaikan untuk bekal di kehidupan akhirat. Dalam hal ini, Allah akan memberikan pahala yang berlipat-lipat bagi setiap umat Muslim yang menggunakan sebagian hartanya untuk berkuban. Pada HR Ahmad dan Ibnu Majah dikatakan, “Pada setiap lembar bulunya itu kita memperoleh satu kebaikan.”

Bukan hanya itu, hewan-hewan yang telah disembelih saat kurban menjadi saksi di hari perhitungan amal bagi setiap hamba Allah yang melaksanakannya. Ini juga tertuang dalam HR Ibnu Majah,

“Tidak ada amalan yang dikerjakan anak Adam ketika hari (raya) kurban yang lebih dicintai oleh Allah Azza Wa Jalla dari mengalirkan darah. Sesungguhnya pada hari kiamat ia akan datang dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya dan bulunya. Sesungguhnya darah tersebut akan sampai kepada Allah Azza Wa Jalla sebelum jatuh ke tanah, maka perbaguslah jiwa kalian dengannya.”

 

  1. SEBAGAI SYIAR AGAMA

Keutamaan berkurban berikutnya juga merupakan upaya syiar agama yang dapat dilakukan oleh setiap umat Muslim. Dalam hal ini, umat Muslim yang melaksanakan kurban sudah turut serta menyebarkan pesan atau syiar agama, yaitu tentang kewajiban berkurban yang diperintahkan Allah kepada Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail. Dengan berkurban, umat Muslim juga telah menyisihkan sebagian rezeki yang diberikan Allah untuk memenuhi kewajibannya sebagai umat untuk saling berbagi kepada sesama.

Hal tersebut seperti yang tercantum dalam QS Al Hajj ayat 34 yaitu, “Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka. Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa. Karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).”

 

4.  Sebagai Aksi Sosial dan Kemanusiaan

Keutamaan berkurban yang lain juga dapat berguna sebagai aksi sosial dan kemanusiaan. Di sini, ibadah kurban yang dilakukan umat muslim setiap tahunnya, menjadi bukti bahwa agama Islam telah mengatur bagaimana menyeimbangkan perekonomian dan aspek kemanusiaan sosial. Di mana setiap manusia harus saling berbagi kepada sesama agar tercipta kehidupan sosial bermasyarakat yang harmonis.

Bukan hanya itu, melalui berkurban juga dapat menghubungkan rasa kasih sayang dan kepedulian antara fakir miskin dengan golongan orang yang mampu. Kurban menjadi salah satu cara agar setiap umat dapat merasakan kenikmatan rezeki dan berkah yang senantiasa diberikan Allah kepada setiap hambanya.

 

  1. SEBAGAI TANDA SYUKUR

Keutamaan berkurban yang terakhir dan tidak kalah penting adalah sebagai tanda mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT. Dalam hal ini, Allah pun telah memerintahkan setiap umat untuk berkurban meskipun sedang dalam tekanan dan serangan oleh kaum kafir.

Dengan begitu, secara tidak langsung seluruh masyarakat masih dapat merasakan nikmat dan berkah kebaikan dari Allah meskipun sedang dalam keadaan sulit. Untuk itu, setiap umat harus saling berbagi kebaikan sebagai tanda bersyukur kepada Allah.

 

NAH, itulah beberapa keutamaan orang yang berqurban teman-teman. Kalian emang gak mau, dapet lima keutamaan diatas? Pasti mau, dong! maka dari itu yuk kita berqurban!

 

 

RQV INDONESIA SALURKAN SERIBU WAKAF AL-QUR’AN HAFALAN KE PELOSOK NUSANTARA

RQV INDONESIA SALURKAN SERIBU WAKAF AL-QUR’AN HAFALAN KE PELOSOK NUSANTARA

RQV Indonesia Salurkan SERIBU wakaf Alquran Hafalan Ke Pelosok Nusantara

Jakarta- Data dari kementerian Agama Republik Indonesia, saat ini Sekitar 60 persen dari total 225 juta umat muslim Indonesia masih terpenjara dalam buta huruf Alquran. Masih sangat banyak umat muslim yang berada di pelosok nusantara yang belum mengetahui bagaimana cara membaca kitab suci nya. Selain minimnya sumber daya dai yang dapat dikirimkan ke penjuru Nusantara, faktor fasilitas pembelajaran juga berperan sangat penting. Banyak umat muslim Indonesia yang tidak memiliki Alquran yang layak dan dalam kondisi rusak.

Untuk Itu, RQV Indonesia sebagai yayasan yang bergerak di bidang pendidikan, Sosial dan kemanusiaan melahirkan satu program Tebar Wakaf Alquran hafalan yang telah di mulai sejak tiga tahun yang lalu. RQV Indonesia berkomitmen dapat menyalurkan delapan juta wakaf Alquran yang nantinya akan di berikan kepada delapan juta penghafal Alquran sesuai dengan redaksi yang tertuang dalam misi RQV Indonesia.

Hingga saat ini RQV Indonesia telah menyalurkan lebih dari 5000 wakaf alquran Hafalan di 16 Provinsi di Indonesia. Mulai dari Aceh, Sumatera Utara,Sumatera Barat, Sumatera Selatan Jawa Barat,Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Banten, Jambi, Lampung, Bali, Bangka Belitung, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan , Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Bahkan saat ini RQV Indonesia juga telah menyalurkan wakaf Alquran hafalan kepada tenaga kerja Indonesia yang berada di Penang, Malaysia.

Azmi Fajri Usman selaku presiden RQV Indonesia mengungkapkan, dari beberapa tempat yang dikunjungi bersama tim RQV selama ini masih sangat banyak daerah yang kekurangan Alquran khususnya daerah terpencil.

‘’ Kami sudah menyalurkan wakaf Alquran Hafalan ke penjuru Nusantara bahkan ke daerah minoritas muslim seperti Toba Samosir di Sumatera Utara. Kami berikan Alquran Hafalan agar masyarakat Indonesia dapat menghafal Alquran dengan Mudah’ tuturnya .

RQV Indonesia akan kembali menyalurkan 500 wakaf Alquran yang akan di tebarkan ke berbagai penjuru di pulau sumatera, Mulai dari Palembang,Sumatera Selatan, Labuhan Batu Sumatera Utara, Medan Sumatera Utara, dan beberapa daerah di Provinsi Aceh. Alquran yang akan di salurkan adalah hasil dari donasi para donatur yang diterima oleh RQV Indonesia Selama bulan Ramadhan. Rencananya, RQV Indonesia akan menyalurkan wakaf Alquran hafalan yang diterima dari donatur selama bulan Ramadhan pada akhir Mei 2021 .

‘Kami akan salurkan amanah dari donatur wakaf alquran hafalan ini sekitar tanggal 25 sampai 28 Mei tahun ini. Alquran ini akan kami salurkan kepada para penghafal Alquran RQV Indonesia yang hingga saat ini berjumlah lebih dari 5000 santri .’Kata presiden RQV Indonesia Azmi Fajri Usman.

RQV Indonesia juga melakukan pembinaan intensif kepada para penerima wakaf alquran hafalan dengan memberi pelatihan kepada guru guru mengaji agar santri dapat memahami tata cara membaca dan menghafal Alquran dengan baik dan benar. Penerima Wakaf Alquran hafalan RQV Indonesia nantinya adalah anak anak, Ibu ibu dan pemuda yang tergabung dalam komunitas Anak sahabat Quran Nusantara, Ibu sahabat Quran Nusantara, dan Pemuda Sahabat Quran Nusantara.

Hingga saat ini RQV telah menebar manfaat ke lebih dari 10.000 pecinta Alquran Indonesia dan akan terus berjuang memberantas buta huruf Alquran di Nusantara.

RQV Indonesia mengajak seluruh elemen bangsa agar turut serta dalam program kebaikan ini. Program yang bernilai amal jariyah dan dapat di jadikan sebagai investasi akhirat baik bagi diri sendiri, maupun orang tua yang masih hidup atau yang telah berpulang.

RQV Indonesia juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi para donatur yang telah membersamai perjuangan mencerdaskan umat muslim Nusantara dengan Alquran. Semoga seluruh kebaikan mendapat kebaikan berlipat dari Allah.

RQV Indonesia adalah Lembaga Nasional yang bergerak di bidang Pendidikan – Sosial – Kemanusiaan dengan lebih dari 30.000 penerima manfaat di seluruh Indonesia.

Kantor Pusat

Menara 165 Lantai 4 Jl. TB Simatupang Kav. 1, Cilandak Timur, Jakarta Selatan

Kantor Operasional

Rukan Sentra Office Blok D No. 3 Jl. Boulevard Raya Barat, RT.004/RW.019 Jaka Setia, Kec. Bekasi Selatan

HOTLINE :

Copyright @ 2020 – Rumah Quran Violet | Support by Dokter Website

Need Help? Chat with us