GADIS YATIM JADI HAFIDZ QUR’AN

GADIS YATIM JADI HAFIDZ QUR’AN

GADIS YATIM JADI HAFIDZ QUR’AN

Ini adalah kisah seorang gadis remaja yang masih berusia 16 tahun, gadis yang lahir pada tanggal 28 April 2005 itu akrab di panggil dengan nama Lidya. Lidya mempunyai keahlian di dalam bidang seni dan kepramukaan, bahkan tidak sedikit lomba-lomba yang pernah dia ikuti. Lidya pernah meraih juara satu dalam lomba menari tingkat kabupaten, pernah juga menjuarai lomba di bidang pramuka yaitu, mendapatkan juara 3 dalam lomba semaphore dan juara 2 di lomba sandi morse (salah satu pelajaran di dalam pramuka). Selain itu Lidya juga pernah mengikuti lomba MTQ tingkat kacamatan.

Foto Lidya Mengikuti Lomba Kepramukan

Namun, di balik semua prestasi itu, Lidya termasuk korban bullying di sekolahnya. Hanya karena Lidya mempunyai ukuran tubuh yang kecil, akhirnya teman-temannya menjadikannya objek pembulian. Bahkan bukan karena hal itu saja, Lidya juga tidak di sukai oleh teman-temannya karena dia memiliki banyak prestasi di sekolah, sehingga membuat teman-temannya menjadi iri dengan dirinya. Karena faktor itulah membuat Lidya tumbuh menjadi pribadi yang tertutup, penakut, dan pendiam.

Lidya adalah seorang anak yatim. Dia kehilangan ayahnya disaat usianya masih 6 tahun. Karena itulah dia kehilangan sosok seorang laki-laki yang bisa melindunginya dan kehilangan teman untuk berkeluh kesah. Karena ayahnya adalah sosok yang sangat dekat dengan Lidya. Sehingga dia merasa tidak memiliki seorang pelindung dan teman untuk bercerita, ketika dia di bully di sekolah.

Bukan hal yang mudah untuk merubah kepribadian itu. Rasa takut yang selalu ada, membuatnya bingung harus bagaimana dan harus bercerita kepada siapa tentang hal ini. Sampai pada akhirnya Lidya menemukan tempat yang mampu membuatnya percaya pada dirinya sendiri. Percaya bahwa didalam dirinya terdapat kemampuan yang besar yang bisa dikembangkan. Tempat itu adalah RQV Indonesia. Di RQV Indonesia Lidya mampu berekspresi tanpa harus merasa takut di bully. Sehingga membuatnya menjadi lebih percaya diri dengan apa yang dia lakukan dan Lidya yang penakut, tertutup, dan pendiam sekarang sudah berganti menjadi Lidya yang berani, terbuka, dan sangat ceria. Dia berambisi ingin menjadi Hafidzah 30 Juz  yang berguna bagi Agama dan Negara. Bisa membahagiakan kedua orang tuanya di dunia dan di akhirat, karena baginya kado terindah untuk orang tuanya adalah ketika dia mampu memberikan jubah dan mahkota di Surga-Nya kelak.

Saat ini, aktivitas gadis asal Citereup, Bogor, Jawa Barat ini adalah menghafal Al-Qur’an di Rumah Qur’an Yatim RQV Indonesia. Dia memulai aktivitasnya dari pukul 02.00 WIB, memulai aktivitas dengan shalat tahajud dan dilanjutkan dengan menghafal Al-Qur’an. Hari-harinya jauh lebih indah, karena dia selalu bersama Al-Qur’an, dan melakukan kegiatan dengan berpedoman kepada Al-Qur’an. Semua masa lalunya yang suram, kini telah berganti menjadi hari-hari yang cerah dan penuh dengan semangat.

Foto Lidya Sedang Menyetorkan Hafalan Qur’annya

Lidya bisa menjadi seperti sekarang ini tentunya tidak lepas dari dukungan dan bantuan dari Orang Tua Asuh Yatim Penghafal Al-Qur’an. Orang tua asuh sangat berperan penting bagi Lidya dan Yatim Penghafal Qur’an lainnya. Karena dukungan dan bantuannya membuat mereka merasa memiliki orang tua yang sangat peduli dengan dirinya dan membuat mereka semakin semangat untuk menghafal Al-Qur’an.

AYO QURBAN!

AYO QURBAN!

Ayo berqurban!

Rerumputan hijau merayu, melambai-lambaikan pucuknya, bergoyang oleh angin berhembus, menggoda deru nafasku yang kembang kempis. Takbir terdengar sedari subuh, hati sendu semakin tersentuh, menemani lantunan-lantunan terakhir tasbihku. Kurang dari enam puluh menit, para penjagal akan menuntunku, kuhaturkan pujian, “Ya Allah, terimakasih. Ini hari bahagiaku, menjadi tunggangan mulia hamba-Mu, menuju surga meraih ridha-Mu.”

 

Kesempatan ibadah kurban hanya kita dapatkan sekali dalam setahun. Kesempatan yang terbatas namun memberikan pahala banyak dan manfaat yang luas. Pernah terpikirkan apa yang membuat ibadah kurban itu luar biasa?

 

Bukan Hanya Dagingnya, Setiap Tetes Darah dan Bulu dari Hewan Kurban adalah Saksi untukmu di Akhirat Kelak

“Tidak ada suatu amalan yang paling dicintai oleh Allah dari Bani Adam ketika hari raya Idul Adha selain menyembelih hewan kurban. Sesungguhnya hewan itu akan datang pada hari kiamat (sebagai saksi) dengan tanduk, bulu, dan kukunya. Dan sesungguhnya darah hewan kurban telah terletak di suatu tempat di sisi Allah sebelum mengalir di tanah. Karena itu, bahagiakan dirimu dengannya.”

 

Melaksanakan ibadah kurban pasti butuh mengeluarkan harta. Setiap harta yang kita keluarkan untuk Ibadah, tentunya akan Allah balas dengan berlipat pahala. Apalagi jika harta tersebut didapatkan lewat ikhtiar dan kerja keras yang halal.

RQV INDONESIA mengajak para pemuda di Indonesia untuk berqurban. Caranya gimana? Gampang kok. Ada beberapa cara yang telah di siapkan oleh RQV INDONESIA. Antara lain adalah:

  1. BELAJAR QURBAN

belajar qurban. ini cocok banget buat para pelajar yang mau berqurban tapi belum mampu untuk berqurban.

  1. SEDEKAH QURBAN

sedekah qurban. ini cocok untuk para mahasiswa yang ingin berqurban namun terkendala biaya.

  1. QURBAN KOLEKTIF

qurban kolektif. ini tuh kolektif dari 7 orang untuk satu sapi.

  1. QURBAN MANDIRI

qurban mandiri. ini tuh satu sapi untuk 7 orang langsung.

 

NAH, gimana nih? Udah pada paham kan? Kalau belum paham langsung komen aja di bawah ya guys

SUNNAH -SUNNAH DI HARI JUMAT

SUNNAH -SUNNAH DI HARI JUMAT

SUNNAH-SUNNAH DI HARI JUMAT

Hai para pemuda Indonesia yang selalu dalam lindungan Allah SWT. Sekarangkan hari jum’at, jadi kalian tahu gak? Kalua hari jum’at punya sunnah-sunnah yang sangat istimewa loh! Mau tau apa aja sunnah-sunnahnya? Simak beberapa penjelasan di bawah ini ya.

 

  1. Membaca surah al-kahfi

 

Membaca Surat Al-Kahfi merupakan salah satu amalan sunnah di hari Jumat yang sangat luar biasa.

“Barangsiapa yang membaca surah Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dia dan Kabah.” (HR. Ad-Darimi)

Dalam riwayat lain juga dikatakan, bahwa pahala membacasurah al-kahfi akan disinari oleh cahaya (mendapatkan kebaikan) di antara dua Jum’at. Wah! Siapa nih, yang setiap hari jumat baca surah al-kahfi? Komen di bawah ya.

 

  1. Membaca surah as-sajadah dan surah al-insan

 

Rasulullah SAW biasa membaca surat tertentu pada hari Jum’at. Di antaranya adalah adalah surat A-Sajadah dan surat Al-Insan. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca pada sholat Subuh pada hari Jum’at “Alam Tanzil …” (surat As-Sajdah) pada raka’at pertama dan “Hal ataa ‘alal insaani hiinum minad dahri lam yakun syai-am madzkuro” (surat Al-Insan) pada raka’at kedua” (HR.Muslim nomor 880). Ternyata gak Cuma surah al-kahfi, kedua surah tersebut juga sunnah dibaca di hari jum’at.

 

 

  1. Memperbanyak Dzikir dan Doa

 

Dzikir adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengingat Allah, dan kita diperintahkan untuk banyak-banyak mengingat Allah dengan berdzikir kepada-Nya di hari Jum’at.

“Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian diseru untuk sholat pada hari Jum’at, maka bersegeralah mengingat Allah SWT”. (QS.Al-Jumu’ah: 9).

Seperti dalam hadits dari Abu Hurairah radiyallahu anhu, Nabi Muhammad SAW juga menyebut hari Jum’at kemudian berkata, “Di hari Jum’at terdapat satu waktu yang jika seorang muslim melakukan sholat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah SWT niscaya permintaannya akan dikabulkan”.

Lalu beliau memberikan isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikit waktu itu. (HR.Bukhari dan Muslim).

Sedikit waktu yang dimaksud dalam hadits tersebut adalah detik terakhir di hari Jum’at, yaitu menjelang Maghrib.

 

4. Bersedekah

Hari Jumat adalah hari yang paling utama di hari-hari yang lain. Di hari itulah Rasulullah meminta umatnya untuk memperbanyak amalan, termasuk sedekah.

Hal ini termaktub dari hadist riwayat Abi Syaibah, “Sedekah itu dilipat gandakan pahalanya pada hari jumat (yakni bila sedekah itu pada hari jumat, maka pahala berlipat ganda dari hari-hari lain”.

Apalagi sedekah merupakan amalan yang sering disebut-sebut di dalam Al Quran dan Hadist. Alloh akan melipatgandakan pahala bagi mereka yang bersedekah

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak“. (QS. Al-Hadid: 18).

Nah, apalagi jika bersedekah di hari jumat, tentu saja pahala yang diberikan oleh Alloh SWT akan dilipatgandakan berkali-kali.

Dalam kitabnya Zadul Ma’ad Ibnul Qoyim menganjurkan setiap muslim untuk memberikan sedekah sebelum sholat jumat dan memberikannya tanpa diketahui orang lain.

“Saya pernah melihat Ibnu Taimiyah apabila beliau berangkat jumatan, beliau membawa apa yang ada di rumah, baik roti atau yang lainnya, dan beliau sedekahkan kepada orang di jalan dengan diam-diam,”katanya.

Selain dilipatgandakannya pahala yang berkali-kali lipat sedekah dapat memadamkan panas kuburannya dan di hari kiamat akan bernaung di bawah naungan sedekah.

“Sesungguhnya sedekah itu dapat memadamkan panas kuburan dari penghuninya. Dan sesungguhnya orang mukmin pada hari Kiamat kelak akan bernaung di bawah naungan sedekahnya.” (HR Ath-Thabrani dan al-Baihaqi).

Keutamaan lainnya, sedekah dapat memperpanjang umur kita. Ketika di hari biasa bersedekah, bagaimana jika di hari jumat. Tentu saja keutamaanya juga berlipat ganda.

“Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri“. (HR. Thabrani).

Begitu banyak keutamaan sedekah di hari jumat, untuk itu Ukhuwah Care Indonesia mengajak masyarakat muslim untuk bersedekah. Tunggu apa lagi, mari kita perbanyak sedekah di hari jumat.

  1. Mandi dan Membersihkan Diri di Hari Jumat

 

Meskipun setiap hari kita dianjurkan untuk mandi, namun di hari Jumat ada sunnah untuk mandi sebelum Jumat. Seperti dalam hadits dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at maka ia mandi seperti mandi janabah.“ (HR.Bukhari dan Muslim).

 

Nah, itulah beberapa sunnah di hari jumat. teman-teman mau nambahin sunnah lainnya? Coba komen di bawah, apa aja sunnah yang lainnya di hari jumat.

Turkish RQV Daily Story – Season 1

Turkish RQV Daily Story – Season 1

Assalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh ..

Izinkan jari-jemari ini untuk menari ria diatas keyboard kecil berwarna ungu, berkarya sudah menjadi hak miliknya,

Pada tanggal 19 Maret 2021, tercatat bahwa pada pukul 00:45 kami siap untuk terbang ke Turki. Pagi hari, aku mempersiapkan diri baik secara fisik, mental dan kesiapan diri harus bisa semaksimal mungkin. Segala pemberkasan yang menjadi syarat untuk bisa berhasil menebus ke tanah peradaban benar-benar harus di perhatikan secara detail.

“Rapid test dulu!” kata pelatih Safina, ya beliau adalah satu-satunya pelatih kami yang akan berangkat juga ke Turki bersama kami. Beliau berasal dari Kota Bekasi, tak bisa di sangka bagi kami untuk bisa menjadi ya bisa dibilang teman travelling. Oiya, beliau ini juga sebagai Direktur Platform Patungan Bareng, pelatih kami yang sangat luar biasa kesabarannya.

Setelah Rapid tes antigen, teman-teman seperjuangan yang ada di bumi violet, pusat pembelajaran kami semua berkumpul untuk persiapan pelepasan Jaulah Qur’an. Suara gemuruh yang ada di aula violet, terdengar indah dan tenang. Bagaimana tidak, suara yang dikeluarkan dari mulut mereka adalah bacaan Qur’an.

“Shodaqallahul’adziim”

Tepat pada ba’da Asar, pelepasan pun segera dimulai.Pada saat itu, rasa jantung berdebar, keringat dingin, semua menyatu dalam tubuh saat si pembawa acara menyatakan “Pelepasan Jaulah Qur’an Istanbul, Turki akan segera dimulai”. Tak menyangka kami berempat yang menjadi perwakilan tim RQV pada saat itu, yang dimana ini salah satu amanah dan kepercayaan mereka kepada kami.Tentu, bukan perkara mudah bagi diantara hati kami yang masih memiliki niat yang bercabang.

Aku adalah Fitriana yang biasa mereka panggil Muna, ucapan serta do’a yang tiada hari mereka lontarkan. Ya, aku berasal dari tanah Borneo, tepatnya di Kota Balikpapan. Bangga sekaligus haru, karena pada akhirnya aku bisa membawa nama kota itu sendiri dan melebarkan nama RQV ke negri peradaban. berkali-kali aku mengutaraan rasa syukur agar Allah Ridho terhadap jalanku.

Bersama kedua rekan jaulahku, yang dimana Qadarullah masing-masing kami berbeda tempat asalnya. Ya, anak yang banyak sekali menorehkan prestasi, Ainun namanya. Ia berasal dari majene, Sulawesi Barat. Serta Oca, berasal dari suku sunda campuran betawi ini menjadi salah satu anak yang berhasil menaklukkan program Idul Adha yang di selenggarakan pada tahun 2020 kemarin.

Harapan pelatih Irwan pada saat berdiri didepan mimbar, menjadikkan kami membuat nota kecil di dalam fikiran kami untuk senantiasa apa maksud dari Allah terhadap rencana ini. Serta siraman motivasi, semangat yang masuk kedalam hati dan jiwa kami, agar hati kami tetap lurus pada jalan yang sudah kami rajut bersama.

Ba’da maghrib pun tiba, semua barang yang sudah siap di eksekusi tersusun rapi berdiri di depan pintu bumi violet.

“Ayo! Angkat semua barang-barangnya ke dalam mobil, segera!” Otomatis tombol on pada tubuh ini langsung beraksi.

Satu demi satu barang-barang diangkut dengan penuh keyakinan, dan semangat yang membara. “Pamit yah, Assalamu’alaykum!” Kataku kepada mereka yang berharap kami pergi dan pulang dalam keadaan selamat dan menghasilkan karya. Keluar gerbang dari bumi violet seketika diri perbanyak istighfar dan muhasabah diri, bahwasannya ini adalah amanah dan tanggung jawab yang besar terhadap perjalanan kami ke Turki.

Gelapnya malam menyatu dengan jendela mobil, heningnya box berjalan menghantarkan kami ke dunia mimpi, seketika bangun sudah tiba di Turki, itu harapan kami hehe.

2 jam berlalu, akhirnya tiba di Bandara Soekarno-Hatta. Sang troly yang kokoh tegap dengan sigap memberikan bantuannya kepada barang-barang kami.
Melihat arah jarum jam yang terus berputar, kami mempercepat langkah kaki kami untuk segera check in. Pelan-pelan koper yang kami bawa berjalan menuju meja check ini. Semua persyaratan di terima dengan baik. Namun, tiba-tiba,

“harus pakai PCR, tidak bisa pakai Rapid test!”. Kata laki-laki yang bertugas di tempat check in.

Dengan wajah heran, tubuh sigap, lantangnya seorang wanita Bekasi kepada laki-laki itu “Sesuai dengan arahan, bahwasannya kami disuruh pilih antara dua pilihan PCR/Rapid?” Sambil mengerutkan dahi serta tajamnya mata menatap laki-laki itu.

Hampir setengah jam, koper kami belum beranjak dari tempat Check In. Melihat satu spesies mereka yang berderet panjang memenuhi ruang antrian, membuat kami semakin geram terhadap penolakan yang berkali-kali dari laki-laki itu. Dan pada akhirnya, kami di arahkan untuk ke tempat tes Covid19.

“Arrgghh!! Ada apa ini?” Kataku untukku.

Tanpa berfikir panjang, kami segera meninggalkan laki-laki itu dengan penuh rasa kecewa dan langkah kaki dipercepat menuju tempat tes Covid19. Pelatih kami, Safina yang terus berusaha untuk bisa tembus persyaratan pada malam itu.

“Jadi bagaimana ini?!” Dengan tegas pelatih Safina saat berbicara dibalik telepon.

Segala usaha yang sudah di lakukan dan maksimal, pada akhirnya tepat pukul 22.30 kami balik lagi ke Bekasi. Dan langsung memesan Grab, Hufftt! Lelah, letih berpihak pada tubuh kami dalam satu waktu.

Hembusan angin, yang seakan ia ingin merangkul pundak kami dan mengatakan bahwa kalian baik-baik saja.

“Kita Reschedule tiket, InsyaaAllah besok malam kita berangkat lagi.” Kata pelatih kami dengan kepasrahannya terhadap takdir yang sudah ditentukan.

Teenggg!! Zrrrrrr, suara pintu yang meributkan keheningan pada pukul 01.00 , tiba-tiba ..

BERSAMBUNG.

By Muna.

INISIATOR RUMAH QURAN PERTAMA, DI PESISIR PANTAI

INISIATOR RUMAH QURAN PERTAMA, DI PESISIR PANTAI

21 Januari 2018, awal sejarah indah semuanya bermula.

Pesisir pantai, kini ramai dengan riuh suara para santri yang mengaji.

Hembusan angin tak lagi hanya membawa aroma laut lepas.

Suara indah ayat al-quran kini menggema menyisiri pantai hingga tak terbatas.

 

3 tahun sudah terlewati, Rumah Quran Violet Cabang Majene semakin melebarkan panggungnya. Berawal dari Dusun Lamaru Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene. di sebuah Masjid ini bermula. Dari jumlah santri yang masih hitungan jari hingga kini ratusan santri dan para ibu-ibu tak kalah semangat untuk ikut mengaji serta menghafalkan Quran.

Budaya masyarakat yang begitu kental dengan mengangkat kekeluargaan, menjadi salah satu faktor pesatnya perkembangan RQV di Majene. Dukungan kuat dari Pemerintah Majene, menjadi kabar baik untuk seluruh masyarakat Majene ynag ingin ikut menghafal.

Inisiator pendirian rumah quran violet yang bertempat di Majene ini di bawa oleh seorang perempuan asli Suku Mandar.

Lahir 26 tahun lalu tepatnya pada Bulan Oktober 1994 di Dusun Lamaru dengan nama Suci Alfiah. Lahir dan besar hingga SMA di Majene. Dibesarkan oleh kedua orang tuanya, yang mendukung penuh perjuangannya dalam mendirikan Rumah Quran di Majene.

Berlandaskan background pendidikan yang kuat, ayah dari Perempuan Mandar ini membantu penuh putrinya untuk mewujudkan impian putrinya. Bisa kita melihat dari riwayat  pendidikannya. Setelah menyelesaikan SMA di Majene, Ia Mencoba untuk melihat dunia luar dan melatih keberaniannya.  Mulai merantau saat kuliah ke Makassar Sulawesi Selatan di UNHAS. Kemudian melanjutkan pendidikannya di Kediri untuk memperdalam Bahasa Inggris. Hingga dipertemukan dengan RQV INDONESIA di tahun 2017.

Belajar langsung bersama Presiden RQV INDONESIA, Azmi Fajri Usman, SH. Suci Alfiah, yang kini menjadi seorang Pelatih pemula terus tumbuh dewasa. Menjadi perempuan yang lebih tenang, realistis, dinamis dan berambisi kuat dalam mewujudkan mimpinya. Setelah setahun berlangsung belajar insentif dengan Sang Presiden, tepat di 2018 ia bersama timnya berhasil mendirikan Rumah Quran yang dirindukan dusun Lamaru Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene.

KISAH APA YANG PALING BERKESAN SELAMA MENJABAT KEPALA CABANG MAJENE?

Mendapatkan kesempatan untuk menjadi Cabang pertama yang mengadakan Deklrasi Kampung Quran dengan persiapan acara hanya selama 7 hari. Dibalik kebahagiaan saya bersama tim, ini menjadi tantangan baru untuk saya. Ucap Pelatih Suci Alfiah

Dengan adanya kisah ini, membuat Perempuan asli Mandar ini memainkan jiwa leader-nya untuk menguatkan tim dan menggunakan trik kolaborasi cantik yang pernah di ajarkan oleh Presiden RQV. Hingga akhirnya, menumbuhkan perpaduan sempurna antara tim, masyarakat dan pemerintah dalam perayaan Deklarasi Kampung Quran Pertama di Indonesia

Deklarasi kampung Quran ini menghadirkan 150 Pemuda dan 500 ibu sahabat Quran. Dengan dihadiri beberapa tokoh masyarakat dan pemerintah setempat, seperti; mulai Bupati Majen, Presiden RQV INDONESIA beserta istri, dan tokoh-tokoh pendidikan.

 

KENAPA MEMILIH BERSAMA RQV INDONESIA?

“Karena saya yakin dengan banyaknya generasi penghafal al Quran di Indonesia, Allah akan memuliakan dan memberikan banyak keberkahan untuk tanah air ini. Dan ini pun menjadi harapan almarhum bapak untuk terus menghidupkan kegiatan RQV dan bisa mendirikan lebih banyak cabangrumah quran di kab Majene khususnya.”

Potongan kalimat di atas, menjadi obor yang terus menyala di hati Pelatih Suci Alfiah, meski sekarang sedang hamil sekitar 5 bulan, tidak menjadi pembatas Pelatih muda ini untuk terus bergerak dan memberikan yang terbaik untuk daerah tempatnya dilahirkan.

Ketulusan hati dan kesabarannya berhasil membawa Majene memiliki 9 titik cabang yang tersebar di 3 kecamatan, yakni; 1 cabang di kecamatan Banggae, 1 cabang di kec Banggae Timur dan 7 cabang di kec Pamboang.

Dengan kisah beliau kita bisa memetik poin;

“Kondisi apapun tidak membatasi kita untuk bergerak, yang memberhentikan langkah kita adalah diri kita sendiri”

Salam Berani 124. Melawan Batas kebiasaan untuk menjadi Exponantial Generation bersama Al-Quran

(wl)

 

PRIA PEMBERANI, DIBALIK BERKEMBANGNYA RQV DI TOBA SAMOSIR

PRIA PEMBERANI, DIBALIK BERKEMBANGNYA RQV DI TOBA SAMOSIR

Toba Samosir, menjadi tempat indah bagi mata yang ingin memanjakan diri.

Udara segar yang menawan untuk dinikmati, menjadi daya tarik tersendiri untuk setiap orang yang mencoba mencari ketenangan hati.

Di balik keindahan alam dengan dihiasi Danau Toba Samosir yang terus melegenda hingga kini, terdapat fakta perihal perkembangan agama islam yang masih minoritas di tengah maraknya budaya.

Hingga akhirnya, RQV INDONESIA dipertemukan dengan seorang pria berdarah Sumatera, putra asli kelahiran Toba Samosir bermarga Butarbutar. Dia sering dipanggil Ustad Sule, lahir dan besar di Toba Samosir dengan memiliki nama lengkap Sulaiman Butarbutar.

Pria yang lahir pada 2 Februari 1980, tepatnya 31 tahun lalu ini dididik sejak kecil oleh kakek dan orang tuanya untuk menjadi seorang muslim yang berani dan tak memandang ketakutan menjadi penghalang. Di besarkan langsung oleh orang yang berpengaruh di daerahnya, membuat beliau tumbuh menjadi serang pria yang teguh pendirian dan tak pernah menyesali atas setiap pilihan yang di ambil.

Memasuki usia dewasa, beliau mulai mengenyam pendidikan islam secara formal di pesantren selama 6 tahun. Melanjutkan S1 di UMSU Medan dengan mengambil Jurusan Dakwah. Selain itu, beliau juga aktif mengikuti kegiatan religi dalam diskusi-diskusi bersama para tokoh ormas lain yang ada di Toba Samosir.  Wah Keren yaa, ternyata Kepala Cabang RQV Toba Samosir sudah lama menjadi penggiat dan Praktisi Agama di Toba Samosir loo. Yuuk kita lanjut lagi.

 

 

BAGAIMANA AWAL MULA BERDIRINYA RQV DI TOBA SAMOSIR?

Melansir paragraf di atas perihal karakter beliau, ini menjadi salah satu muasa berdirinya RQV di Toba. Pada 4 tahun lalu tepatny pada 4 November 2016 beliau merasa agamanya dihina oleh seorang tokoh yang mempermasalahkan kebeneran Al-Qura.  Peristiwa ini membakar darah juang Ustad Sule pun semakin berkobar dan semakin termotivai untuk memulai bergerak lebih strategis dalam menyuarakan dan me ngembangkan AL-Quran.

4 tahun lalu, pertemuan yang membawa beliau menuju kesuksesan sekarang hingga mengembangkan 8 rumah Quran bersama RQV INDONESIA dan para donator yang ikut andil. Membawa Toba Samosir yang sekarang menjadi salah satu cabang teraktif dan berprestasi dalam jajaran 132 cabang RQV di seluruh Nusantara. Kini, ratusan anak sahabat Quran, pemuda dan Ibu sahabat yang terus aktif mengikuti kegiatan- kegiatan RQV di Toba Samosir dan bisa merasakan indahnya belajar dan menghafalkan Al-Quran.

 

“Saya sangat senang dan bersyukur, bisa berjuang bersama RQV INDONESIA. Lebih nyaman, karena RQV bisa masuk ke mana-mana, semua ormas islam dan non islam. Ini tidak membatasi gerak kita di Toba Samosir, hingga sekarang saya bisa melihat VIOLET sudah memenuhi bumi kelahiran saya. Di seputaran Danau Toba Samosir, menjadi pulau violet bersama Al Quran. Ucap Kepala Cabang Toba Samosir dengan penuh kebahagiaan.

Dari beliau kita bisa belajar, bahwa rasa sakit bukanlah akhir dari perjuangan. Tergantung bagaimana kita menyikapi rasa sakit itu. Bahwa perubahan tidak akan terjadi dengan berdiam diri.

Selamat berjuang bagi seluruh kepala cabang RQV yang tersebar di seluruh Nusantara. Salam Bahagia untuk Mewujudkan Satu Juta Rumah Quran di Nusantara. Allahu Akbar! (wl)

 

 

 

WUJUDKAN IMPIANMU MENJADI PENGHAPAL QURAN RQV INDONESIA!

WUJUDKAN IMPIANMU MENJADI PENGHAPAL QURAN RQV INDONESIA!

RQV INDONESIA – Memelihara anak yatim memiliki beragam keutamaan, sebagaimana disebutkan oleh Rasulullah SAW., “Aku dan orang yang mengasuh atau memelihara anak yatim akan berada di surga begini.” kemudian beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengah dan merenggangkannya sedikit. (HR. Bukhari, Tirmidzi, Abu Daud dan Ahmad dari Sahl bin Sa’d)

Maka dari itu, Rumah Quran Violet Indonesia mengundang seluruh anak yatim di seluruh Indonesia untuk bergabung dan menjadi bagian dari RQV Indonesia.

 

Syarat:

– Pria/wanita
– Usia 12-20 tahun
– Yatim/Piatu/Yatim-Piatu

 

Selain belajar dan menghapalkan Alquran, seluruh peserta pelatihan juga akan mendapatkan dukungan melanjutkan pendidikan formal hingga kuliah. Pendaftaran GRATIS, tanpa dipungut biaya.

 

Format Pendaftaran:
Nama_Usia_Asal Daerah
Kirim ke:
081290403770


            Pendaftaran dibuka hingga 19 Februari 2021. Mari, bersama RQV Indonesia menjadi pion keberlangsungan syiar-syiar Islam dan dai/daiyah tangguh untuk membumikan Quran di seluruh pelosok negeri!

QURAN SKILL RQV INDONESIA

QURAN SKILL RQV INDONESIA

RQV INDONESIA – RQV Character Academy memiliki kurikulum program dan pembelajaran tersendiri, sebagai standar acuan pelatihan yang digunakan oleh peserta dan pelatih dalam menjalankan seluruh program pelatihan, dengan tujuan menjadikan peserta RQV Indonesia memiliki kepribadian berani, sehat, kaya, dan bahagia bersama Alquran.

RQV Indonesia tidak hanya menuntut peserta belajar dan menghapal Alquran, tetapi juga mengajarkan tahsin, tilawah, juga tahfidz. Para peserta pun dibimbing untuk mengembangkan soft-skill dalam bidang leadership, bussiness, catering, farming, finance, health, media, dan jurnalistik.

Dalam skill media, misalnya. Duta dan Srikandi Quran akan mengikuti serangkaian pelatihan seperti photography, videography, dan design. Pelatihan-pelatihan ini diharapkan mampu menjadi bekal bagi Duta dan Srikandi Quran untuk bersaing dan mendapat tempat dalam masyarakat di masa yang akan datang. Skill ini juga diharapkan dapat menunjang kebermanfaatan Duta dan Srikandi Quran ketika terjun ke lapangan kapan saja bila dibutuhkan.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa pertumbuhan teknologi menyebabkan kebutuhan terhadap sumber daya manusia yang dapat memegang peranan penting dalam berdayanya informasi dan komunikasi di era globalisasi. Maka tidak salah, apabila Duta dan Srikandi Quran diarahkan untuk memegang tanggung jawab tersebut, sebagai langkah berkontribusi demi kemajuan kualitas generasi.

Mari terus bersamai Duta dan Srikandi Quran dan berikan dukungan untuk ikhtiar besar menjayakan Indonesia. Barakallah!

RQV Indonesia adalah Lembaga Nasional yang bergerak di bidang Pendidikan – Sosial – Kemanusiaan dengan lebih dari 30.000 penerima manfaat di seluruh Indonesia.

Kantor Pusat

Menara 165 Lantai 4 Jl. TB Simatupang Kav. 1, Cilandak Timur, Jakarta Selatan

Kantor Operasional

Rukan Sentra Office Blok D No. 3 Jl. Boulevard Raya Barat, RT.004/RW.019 Jaka Setia, Kec. Bekasi Selatan

HOTLINE :

Copyright @ 2020 – Rumah Quran Violet | Support by Dokter Website

Need Help? Chat with us