TIPS MENGHAFAL AL-QUR’AN

TIPS MENGHAFAL AL-QUR’AN

Salah satu ibadah yang tak kalah pentingnya selain shalat adalh membaca dan menghafal al-quran. Jika kita tidak bisa membaca bahkan tidak menghafal al-quran, maka shalat tidak akan sah hukumnya. AL-Quran adalah kitab umat islam yang diturunkan kepada Rasulullah SAW melalui perantara malaikat Jibril. Al-Quran diturunkan secara berangsur-angsur dan tepat pada tanggal 17 Ramadhan wahyu pertama turun kepada Rasulullah yang sedang berada di gua hira.

 

Ketika itu Rasulullah tidak bisa membaca, tapi Jibril terus memaksa Rasulullah untuk membaca sampai ketiga kalinya, Jibril memeluk Rasulullah dengan sangat keras sehingga beliau sesak untuk bernafas. Rasulullah saja di perintahkan untuk membaca al-quran, bagaimana dengan kita yang hanya manusia biasa? Sangat wajib bagi umat islam untuk bisa membaca bahkan menghafal Al-Quran.

 

Disini kami akan memberikan beberapa tips untuk menghafal Al-Quran dengan mudah dan menyenangkan. Sebelum kalian menghafal Al-quran ada beberapa yang harus dilakukan terlebih dahulu, seperti niat menghafal karena Allah, berwudhu adalah salah satu adab kepada Al-Quran, khusyuk, harus fokus dalam menghafal.

 

TIPS-TIPS MENGHAFAL AL-QURAN

  1. Niat Ikhlas Hanya karena Allah

Niat merupakan salah satu syarat dalam cara cepat menghafal Alquran 30 juz. Apabila niatnya salah, seperti riya atau pamer, ujub atau bangga pada diri sendiri, atau menghafal karena ingin disebut sebagai Al-Hafidz maka itu sangatlah fatal.

Memiliki niat yang lurus dan hati ikhlas karena Allah SWT maka rasa lelah, malas, dan perasaan sulit tidak akan menjadi penghalang dalam menghafal Alquran.

 

  1. Selalu Yakin

Tanamkan pada diri kamu bahwa menghafal Alquran itu sangat mudah. Dengan begitu kamu akan merasa mudah melakukannya.

Namun, apabila kamu menanamkan pikirna bahwa menghafal Alquran sangat sulit, maka akan berdampak sulit. Jadi, motivasi diri sendiri agar tumbuh keyakinan bahwa cara cepat menghafal Alquran 30 juz itu mudah.

 

  1. Akrabkan Diri dengan Alquran

Akrab dengan Alquran merupakan salah satu cara cepat menghafal Alquran 30 juz dengan mudah yang paling ampuh. Dalam prosesnya, jangan memikirkan metode menghafal Alquran yang ribet terlebih dahulu.

Namun, pikirkanlah bagaimana caranya kamu memulai hari untuk bisa membaca 5 juz per hari atau menghafal 1 ayat per harinya.

 

  1. Pahami Metode Menghafal Alquran yang Tepat

Cara cepat menghafal Alquran 30 juz selanjutnya dengan memahami metodenya. Ada dua metode menghafal Alquran dengan mudah dan cepat untuk pemula.

Pertama, cobalah menghafalnya per halaman. Kamu membaca satu halaman yang akan dihafal sebanyak tiga sampai sepuluh kali secara tartil. Apabila sudah lancar, hafalkan halaman tersebut.

Setelah hafal satu halaman, kamu bisa melanjutkan ke halaman berikutnya. Metode ini lebih direkomendasikan menggunakan mushaf standar madinah.

Kedua, menghafalkannya per ayat. Hal ini dikerjakan dengan mambaca satu ayat yang akan kamu hafal, tiga sampai sepuluh kali secara tartil. Apabila sudah lancar, hafalkanlah ayat tersebut.

Setelah hafal ayat pertama, pindahlah ke ayat berikutnya dengan cara yang sama. Begitu seterusnya sampai satu halaman. Pastikan sebelum pindah ke halaman berikutnya, kamu mengulangi halaman-halaman sebeumnya agar lebih kuat hafalannya.

 

  1. Baca Berulang-ulang atau Murojaah

Semakin sering mengulangi satu ayat, akan lebih mudah ayat tersebut melekat di dalam ingatan. Jadi, jangan sampai karena sudah merasa hafal beberapa halaman, kamu tinggal hafalan tersebut tanpa mengulanginya dalam waktu yang lama.

Hal ini akan menyebabkan hilangnya hafalan tersebut.

 

Itulah beberapa tips untuk menghafal Al-Qur’an, sangat mudah bukan? Tetap semangat bagi kalian yang sekarang sedang berjuang untuk menghafal kalam Allah! Semoga bermanfaat dan bisa menjadi pahala jariyah untuk kita semua.

 

Mau gabung di RQV INDONESIA? Yok follow instagram @rqvindonesia dan Facebook @rqvindonesia

2 Comments

  1. Makasih banyak min atas tipsnya. Bermanfaat banget nih. Apalagi sekarang kan lagi daring, jadi dari pada habisin waktu untuk hal-hal yang tidak berguna, lebih baik digunakan untuk manghafal Qur’an. makasih banyak yaa min.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

RQV Indonesia adalah Lembaga Nasional yang bergerak di bidang Pendidikan – Sosial – Kemanusiaan dengan lebih dari 30.000 penerima manfaat di seluruh Indonesia.

Kantor Pusat

Menara 165 Lantai 4 Jl. TB Simatupang Kav. 1, Cilandak Timur, Jakarta Selatan

Kantor Operasional

Rukan Sentra Office Blok D No. 3 Jl. Boulevard Raya Barat, RT.004/RW.019 Jaka Setia, Kec. Bekasi Selatan

HOTLINE :

Copyright @ 2020 – Rumah Quran Violet | Support by Dokter Website

Need Help? Chat with us