KISAH PEMABUK YANG MASUK SURGA

KISAH PEMABUK YANG MASUK SURGA

KISAH PEMABUK YANG MASUK SURGA

HAI SOBAT VIOLET! Seorang pemabuk pasti akan di adzab oleh Allah apabila dia tidak bertobat sampai akhir hayatnya. Tapi, ada pemuda di zaman Rasulullah yang suka sekali mabuk lalu dia masuk surga, tahukan kalian siapa dia? Namanya adalah Nuaiman seorang pemabuk yang masuk ke dalam surga. Apa yang membuat Nuaiman bisa masuk surga? Padahal dia suka mabuk, lalu kenapa dia masuk ke dalam surge? Yuk simak cerita di bawah ini.

 

Nuaiman adalah sahabat yang hidup sezaman dengan Rasulullah, namun ada yang tidak senang dengan kebiasaan nuaiman yang hampir tiap pagi hari mabuk. Selain itu gemar bercanda bahkan sering iseng terhadap Rasul.

Pernah suatu ketika, sesaat setelah sadar dari mabuknya, Nuaiman merasa perutnya keroncongan karena lapar. Tanpa banyak pikir panjang, nuaiman mencegat penjual makanan yang kebetulan lewat di depan masjid lalu memesan dua bungkus.

Sembari menunggu penjual menyiapkan pesanannya, Nuaiman masuk halaman masjid lalu mengajak Rasul untuk makan bersama. Rasul kemudian berdiri dan menuju ke arah Nuaiman yang sudah memegang dua bungkus makanan. Mereka berdua duduk lantas menyantap makanan tersebut.

Setelah makanan habis, Rasul hendak kembali ke masjid namun dihadang oleh Nuaiman.

“Mau kemana ya Rasul? Habis makan masak tidak bayar,” kata Nuaiman.

Rasul pun dengan senyumnya balik tanya, “Yang pesan kamu kan?”.

“Betul ya Rasul,” jawabnya sambil berdehem. Nuaiman melanjutkan perkataannya, “Di mana-mana raja itu mengayomi rakyatnya, penguasa melayani warganya,  bos mentraktir karyawannya, masak saya yang harus bayar ya Rasul?”

Rasul lantas merogoh kocek sambil memberikan sejumlah uang kepada Nuaiman dengan senyum yang agak terkekeh.

Pasca kejadian tersebut, kebiasaan mabuk Nuaiman tak kunjung berhenti. Sampai suatu ketika beberapa sahabat menghampiri Nuaiman yang masih dalam keadaan mabuk. Nuaiman lantas berdiri karena beberapa sahabat tersebut menghampiri.

“Ada apa?” Tanya Nuaiman.

“Salah seorang sahabat langsung memarahi Nuaiman dengan makian. “Kamu ini setiap hari bersama Rasul, tapi kelakuan mu tetap saja seperti ini, apa nggak malu sama Rasul?”

Sahabat yang lain meneruskan, “Dasar kamu ini orang bejat, tidak pantas orang sepertimu mencintai  Rasul karena pasti bakal di laknat oleh Allah atas perbuatanmu ini”.

Dalam keadaaan beberapa sahabat masih memaki dan menghujat Nuaiman, Rasulullah lewat dan langsung menanyakan apa yang sedang terjadi. Salah satu sahabat menceritakan kejadian sesaat sebelum Rasul datang.

Setelah mendengarkan keterangan, seketika Rasulullah memarahi para sahabat, “Jangan pernah sekali lagi kalian semua menghujat dan melaknat Nuaiman, meskipun dia seperti ini tapi dia selalu membuatku tersenyum, dia masih mencintai Allah dan Aku, dan tidak ada hak bagi kalian melarang Nuaiman mencintai Allah dan mencintaiku sebagai Rasul.”

 

Disebutkan dalam berbagai riwayat, Nu’aiman akan memasuki surge dengan tertawa. … “Dalam sebuah riwayat dijelaskan bahwa Nuaiman ketika meninggal dunia akan masuk ke dalam surga dengan tertawa karena ia selalu menyenangkan Rasulullah SAW dan para sahabat,”

 

Nah, sekarang teman-teman tahu, kan mengapa Seorang pemabuk seperti Nuaiman bisa masuk ke dalam surga? ya, dia masuk ke dalam surge karena sifat polosnya dan dia selalu mengerjakan sesuatu dengan hati, bukan karena di buat-buat ataupun ingin dilihat oleh para sahabat. Wallahualam bishawab.

 

 

PENYALURAN 500 WAKAF QURAN PELOSOK NEGERI-ACEH JAYA, ACEH

PENYALURAN 500 WAKAF QURAN PELOSOK NEGERI-ACEH JAYA, ACEH

PENYALURAN 500 WAKAF QURAN PELOSOK NEGERI

-ACEH JAYA, ACEH-

HAII SOBAT VIOLET! Kali ini RQV INDONESIA kembali menyalurkan 500 Wakaf Quran ke kabupaten Aceh jaya. “Semoga semakin banyak anak di usia dini yang bisa membaca dan menghafal Al-Quran, sehingga mereka mempunyai penunjuk jalan yang benar di dalam hidupnya, terima kasih RQV INDONESIA,” ucap kepala cabang Aceh Jaya.

 

RQV INDONESIA tidak akan berhenti untuk menyebarkan kebaikan di Indonesia ini. Terus bergerak hingga akhir hayat. Presiden RQV INDONESIA Azmi Fajri Usman S.H pernah berkata “Semakin kita mengeluarkan harta di jalan Allah, semakin Allah lipat gandakan balasannya.”

 

 

Mimpi RQV INDONESIA tidak akan pernah berubah apalagi menyerah, RQV INDONESIA akan terus melebarkan sayapnya ke seluruh penjuru negeri, untuk mewujudkan Satu juta rumah quran Nusantara.

 

Melahirkan tujuh juta penghafal quran nusantara serta membuat pemuda di Indonesia semakin mencintai Allah dan negaranya, mempunyai karakter berani, sehat, kaya, Bahagia. Mempunyai prinsip hidup ikhlas, sabar, jujur, syukur. Aamiin, ALLAHU AKBAR!

 

Bagi teman-teman yang ingin menyisihkan sedikit harta untuk para penghafal quran, yok berdonasi dengan mengirimkan donasi kalian ke nomor di bawah ini.

 

alurkan donasi terbaik anda melalui.

 

💳 Bank Mandiri 123.000.683.3992

💳 BNI Syariah 077.258.1246

💳 BRI Syariah 104.228.1898

💳 Muamalat 309.001.2610

.

a.n Yayasan Wakaf Rumah Qur’an Violet:

☎️ 0811991240

Tebar 1000 Quran Nusantara, RQV Gandeng Pemkab Pidie Jaya

Tebar 1000 Quran Nusantara, RQV Gandeng Pemkab Pidie Jaya

Tebar 1000 Quran Nusantara, RQV Gandeng Pemkab Pidie Jaya

Pidie Jaya,Aceh – RQV Indonesia kembali salurkan 1000 Alquran hafalan untuk penghafal Alquran di Pidie Jaya,Aceh .

Kegiatan penyaluran wakaf Alquran hafalan ini di selenggarakan pada kamis 27 Mei 2021 di Oproom kantor bupati Pidie Jaya.

Rqv dan pemerintah kabupaten Pidie Jaya secara intensif menjalin kerja sama melahirkan Penghafal Alquran produktif dan berkarakter di Indonesia khususnya Aceh.

Saat ini RQV Indonesia telah menebarkan manfaat pada ribuan warga Aceh khususnya Pidie Jaya dan kerja sama ini disambut dengan baik dan penuh antusiasme pemerintah dan warga Pidie Jaya.

RQV Indonesia sejak tahun 2016 telah aktif menjadi pelopor lahirnya 8 juta penghafal alquran dan satu juta rumah alquran Nusantara dengan terus menyalurkan Alquran hafalan ke pelosok Negeri.

Kepala program wakaf Quran Nusantara Fania Vivi Hikmawati menyampaikan bahwa Alquran yang di salurkan oleh Rqv adalah amanah para donatur dan Rqv sangat berbahagia dapat menjadi jembatan kebaikan untuk para donatur yang mencintai Alquran.

Rqv Indonesia akan terus bergerak memberantas buta huruf Alquran dan menebarkan 8 juta Alquran hafalan untuk Nusantara.

‘Kami menyalurkan Alquran hafalan kepada masyarakat Indonesia agar kita semua mudah menghafal Alquran’ Kata Presiden RQV Indonesia Azmi Fajri Usman.

‘Alquran hafalan yang disalurkan oleh RQV di desain khusus dan menarik agar semangat masyarakat Indonesia menjadi pribadi yang mencintai Alquran semakin meningkat.’Tambahnya.

Rqv mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk ambil bagian lahirnya 8 juta Penghafal Alquran dengan berperan aktif memberi dukungan moril maupun materil.

‘Donasi untuk program Wakaf Qur’an Nusantara sangat bermanfaat dan berdampak untuk masyarakat di pelosok Nusantara dan menjadikan Indonesia berkah bersama Alquran. InsyaAllah.’Tutup kepala program wakaf Qur’an Nusantara Fania Vivi Hikmawati.

KENAPA HARUS HIDUP SEHAT ?

KENAPA HARUS HIDUP SEHAT ?

Hai sobat violet! Kali ini kita akan membahas tentang hidup sehat. Kalian tau gak, sih? Kalau Kesehatan itu adalah suatu nikmat luar biasa yang Allah berikan kepada kita. Namun, nikmat ini jarang kita sadari dan jarang kita syukuri. Seseorang akan mensyukuri nikmat sehat apabila dia sakit. Maka dari itu, teman-teman harus beryukur apabila masih diberi Kesehatan oleh Allah SWT. Mengapa hidup sehat itu penting sekali bagi kehidupan? Sehat sangat penting kawan, jika sakit, maka tubuh kita tidak akan mau melakukan aktivitas, tubuh akan terasa berat dan terbebani.

Orang yang sakit tidak akan bisa melakukan pekerjaan dengan maksimal, dia akan selalu mengandalkan orang lain, bahkan hanya menyusahkan saja. Maka dari itu, syukuri nikmat sehat yang Allah berikan, jangan sampai Allah cabut nikmat sehat kita.

 

Ada beberapa cara untuk mensyukuri nikmat sehat, antara lain:

  1. Gunakan masa sehat untuk beribadah

Selagi masih sehat, gunakan waktu teman-teman untuk memperbanyak ibadah kepada Allah SWT. beribadah kepada Allah bukan hanya shalat aja loh. Dzikir, dan membaca quran juga termasuk ibadah kawan. Jadi, sebelum Allah cabut nikmat sehat di dalam tubuh kita. Gunakan waktu sebaik mungkin untuk beribadah. Jangan sia-siakan waktu hanya untuk hal yang tidak penting.

 

 

  1. Berdoa Kepada Allah agar Selalu Diberi Kesehatan

Perbanyak lah doa kepada Allah SWT. Karena dialah yang memberikan kita Kesehatan. Mintalah kepada Allah Kesehatan yang berlimpah, jangan sampai dia mencabut semua nikmat sehat kita.

 

  1. Bersyukur atas nikmat sehat

Bersyukur dilakukan dengan hati, lisan, dan anggota badan. Syukur hati itu meyakini bahwa Allah Ta’ala adalah satu-satunya Dzat yang memberi kesehatan. Syukur lisan itu mengakui kenikmatan tersebut dan melafalkannya serta memuji Allah Ta’ala, misalnya dengan mengucapkan alhamdulillah. Syukur dengan anggota badan itu mentaati segala perintah-Nya.

 

  1. Jauhi Segala Maksiat

Jangan di waktu sehat sering kali maksiat kita lakukan, setelah sakit memperbanyak ibad agar diberi Kesehatan Kembali. Sebelum sakit jauhilah segala macam maksiat. Gunakan masa sehat untuk hal yang lebih penting, atau gunakan untuk ibadah.

 

  1. Memanjakan diri

Memanjakan diri dalam menjaga tubuh agar tetap sehat biasanya dapat dilakukan seperti misalnya dengan melakukan perawatan herbal, kulit, dan lain sebagainya.

 

Nah, itulah beberapa cara menyukuri nikmat sehat yang telah Allah berikan kepada kita kawan. Semoga bermanfaat.

 

 DFK.

INILAH ALASAN MENGAPA HARUS KAYA?

INILAH ALASAN MENGAPA HARUS KAYA?

MENGAPA HARUS KAYA?

HAI SOBAT VIOLET! Kalian tau, gak? Kenapa di RQV INDONESIA mempunyai prinsip hidup kaya? Karena orang yang kaya sering sekali memberi daripada meminta, tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. Mengapa demikian? Karena orang yang memberi lebih baik daripada orang yang menerima, karena pemberi berada di atas penerima, maka tangan dialah yang lebih tinggi sebagaimana yang disabdakan oleh Beliau shallallâhu ‘alaihi wa sallam.

 

Siapa, sih yang gak mau jadi orang kaya? Pasti semuanya mau, kan? Sebelum itu, kalian tau, gak? Siapa orang yang kaya sebenarnya? Orang kaya yang sebenarnya itu adalah orang yang paling banyak mengeluarkan hartanya seperti bersedekah, bukan yang bekerja keras lalu menyimpan semua hartanya.

Jika ingin jadi orang kaya, maka perbanyaklah sedekah, bukan menyimpan-nya. Presiden RQV pernah berkata “semakin banyak kalian bersedekah, semakin allah tambah,” wah, keren sekali, kan? Yok sekarang jadi orang kaya, dengan cara sering bersedekah.

 

Keuntungan menjadi kaya banyak sekali, loh! mau tau apa aja?

 

  1. Dengan menjadi orang kaya, kita akan lebih mudah untuk berbagi dan menolong orang lain.

Sumber gambar: unhcr.org

Dengan kaya, kita memiliki harta yang berlimpah. Harta inilah yang bisa kita gunakan untuk berbagi dengan orang lain. Meski begitu, jangan tunggu ketika hartamu banyak baru mau berbagi karena sesungguhnya Allah menguji kita untuk memberi di saat kekurangan. Memang mudah untuk memberi saat kamu sedang dalam kondisi berlebihan dan jumlah yang bisa kamu bagikan tentu bisa jauh lebih banyak.

  1. Dengan menjadi orang kaya, kita bisa lebih mandiri secara finansial. Tak perlu lagi merepotkan orangtua.

Sumber gambar: customstoday.com.pk

Saat kita menjadi orang kaya, itu artinya kita sudah bisa mencukupi kebutuhan hidup sendiri tanpa harus merepotkan orang lain. Kita tak perlu merepotkan orang lain dengan hutang piutang saat tidak memiliki uang.

 

3. Saat kita menjadi orang kaya yang sesungguhnya, kita semakin tahu apa arti menjadi rendah hati.

Sumber Gambar: wartatimur.com

Percayalah! Orang kaya sesungguhnya adalah mereka yang memiliki banyak harta namun tetap rendah hati. Orang kaya semacam ini tidak pernah sombong akan kekayaannya. Karena menurutnya kekayaannya hanya bersifat sementara di dunia ini dan tidak akan pernah bisa dibawa ketika sudah mati.

 

NAH! Itulah alasan kita harus menjadi orang kaya teman-teman. Karena tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah.

RAHASIA DI DALAM KATA “BERANI”

RAHASIA DI DALAM KATA “BERANI”

RAHASIA DI DALAM KATA “BERANI”

HAI! Teman-teman diseluruh nusantara! Kali ini kita akan membahas rahasia di dalam kata “BERANI.”

Pastinya belum pada tau, kan? Sebelum lanjut, kalian tau gak, arti dari kata berani? Berani adalah mempunyai hati yang mantap dan rasa percaya diri yang sangat tinggi dalam menghadapi hal apapun.

Rata-rata anak Indonesia belum mempunyai karakter tersebut. Mereka hanya mengandalkan orang lain, bahkan mereka memilih untuk menjadi pecundang. Teman-teman, jika kalian ingin sukses, maka tumbuhkan karakter berani di dalam diri kalian. Buang jauh-jauh rasa takut untuk mencoba, lebih baik gagal daripada takut untuk memulai.

Karena kegagalan itu jalan untuk menuju kesuksesan, kalau kalian tidak mempunyai keberanian, percayalah anda adalah seorang pecundang. Memulai keberanian tidak perlu dari hal besar, mulailah dari hal yang kecil. Contohnya berani untuk mengakui kesalahan adalah sesuatu yang sederhana. Jangan jadi pecundang, yang hanya bisa membuat kekacauan tapi tidak berani mengakui kesalahan.

Indonesia adalah negara yang mempunyai keberanian yang tinggi, MILITER Indonesia menduduki peringkat pertama di ASIA, dan menduduki peringkat ke-16 di dunia. tapi, anak di Indonesia hanya mengucapkan permintaan maaf saja tidak berani. Maka dari itulah Indonesia disebut macan asia yang tertidur. Karena anak mudanya kurang kesadaran terhadap karakter mereka.

Teman-teman, tanamkan keberanian di dalam diri sejak dini, karena keberanian akan membawamu pada kesuksesan. Jangan takut untuk mencoba, dan jangan takut untuk gagal. Tanpa kegagalan tidak ada kesuksesan. Kalian tau gak, siapa penemu lampu? Thomas alva edison, siapa sih yang gak kenal dia? Dia adalah penemu lampu, yang sampai sekarang bisa kita rasakan. Di balik kesuksesannya untuk menemukan sebuah lampu, tahukah kalian berapa kali Thomas alva edison mengalami kegagalan? Dia mengalami kegagalan sebanyak seribu kali.

Terbukti jika kegagalan itu jalan menuju kesuksesan, jadi teman-teman jangan takut untuk mencoba, jangan takut untuk gagal. Mulailah sesuatu dengan kata “aku pasti bisa” dan kata “berani.”

Satu kegagalan, adalah kunci kesuksesan.

AMAL JARIYAH

AMAL JARIYAH

HAI PEMUDA YANG BERADA DI NUSANTARA! Pepatah pernah mengatakan “”Kekayaan sejati seseorang adalah kebaikan yang dilakukannya di dunia ini.” Nah, teman-teman udah ngelakuin kebaikan apa aja hari ini? Entah itu kebaikan yang kalian anggap sepele atau tanpa disadari kalian telah melakukan kebaikan yang begitu besar.

 

Kalian tau gak sih? Kalau Allah itu telah menciptakan yang Namanya amal jariyah. Tapi, kalian tau gak? Maksud dari amal jariyah itu apa, sih? Bukannya semua amal itu sama aja? Jawabannya tentu nggak dong. Karena ada tiga amal yang tidak terputus Ketika manusia telah meninggal. mau tau apa aja amal itu? Simak penjelasan di bawah ini ya.

 

Rasulullah SAW bersabda, “Apabila anak Adam (manusia) wafat, maka terputuslah semua (pahala) amal perbuatannya kecuali tiga macam perbuatan, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakannya.” (HR. Muslim). Nah, sedekah jariyah itu termasuk juga amal jariyah loh. Pasti semua teman-teman pernah bersedekah, kan? Itu artinya teman-teman sudah melakukan amal jariyah.

 

Apakah amal jariyah itu harus berupa harta? Jawabannuya tidak, mengapa demikian? Jika bersedekah harus berupa harta, lalu gimana orang yang tidak mempunyai harta? Mereka gak bisa dapat amal jariyah dong,kalua mereka gak bisa dapat amal jariyah, itu artinya Allah gak adil dong. Nah, buat teman-teman yang belum tau bentuk-bentuk sedekah itu apa aja sih? Terus ikuti update-an RQV INDONESIA, ya. Karena RQV INDONESIA akan selalu memberikan ilmu-ilmu yang bermanfaat buat siapa saja.

 

Berwakaf juga termasuk amal jariyah loh! Sebelum itu kalian tau gak sih? Apa itu wakaf? wakaf adalah suatu ungkapan yang mengandung penahanan harta miliknya kepada orang lain atau lembaga dengan cara menyerahkan suatu benda yang kekal zatnya untuk diambil manfaatnya untuk kebaikan.

 

Nah itu dia teman-teman pengertian dari wakaf. Wakaf juga gak harus barang-barang yang mahal, barang yang murah juga bisa untuk di wakafkan loh. apa aja si, barang yang murah dan bisa di wakafkan? Contoh sederhananya adalah al-qur’an. Teman-teman tau, gak? Kalau anak-anak di berbagai provinsi sekarang sedang menghafal al-qur’an. Tapi, mereka kekurangan jumlah al-qur’an yang dimiliki. Mereka sangat membutuhkan al-qur’an sekarang.

 

Yok perbanyak amal jariyah kita mulai dari sekarang, mulai dari yang kecil hingga besar. Hanya dengan berwakaf qur’an, kita bisa mendapatkan syurganya Allah SWT. Caranya gimana? Cukup kalian tekan link di bawah ini.

https://kitabisa.com/orang-baik/922a4e65b9aa9ad73b239c2a3c719641

 

hanya dengan klik link itu, kalian bisa dapat amal yang gak akan terputus sampai kalian meninggal. Yok berwakaf!!

 

RQV Cabang Sulawesi is BACK! Galeri Kegiatan 2021

RQV Cabang Sulawesi is BACK! Galeri Kegiatan 2021

RQV INDONESIA – Setelah nyaris satu bulan seluruh kegiatan RQV cabang Sulawesi berstatus nonaktif akibat gempa yang mengguncang Majene, Mamuju, dan beberapa daerah lain di Sulawesi, sejak awal Februari 2021, pengurus RQV cabang Sulawesi mulai melaksanakan kembali kegiatan belajar dan mengajar Alquran, dimulai dari Upgrading Pengurus yang merupakan agenda wajib bagi seluruh dai-daiyah, duta, dan srikandi Quran RQV Indonesia di seluruh daerah di Indonesia.

Tak ketinggalan, Pemuda Sahabat Quran dan Anak Sahabat Quran RQV Cabang Sulawesi sudah mulai kembali berhimpun demi menuntut ilmu demi menjadi penerus tonggak kejayaan Islam. Mashaa Allah, doakan saudara-saudara kita di Sulawesi tetap semangat dan istiqomah ya, sahabat.

Keutamaan Anak Yatim

Keutamaan Anak Yatim

KEUTAMAAN ANAK YATIM

 

Anak di bawah umur, pasti sangat dekat dengan kedua orang tuanya, penuh kasih sayang yang di berikan orang tua kepada anak-anaknya. Terkadang anak dan orang tuanya bercanda, tertawa bersama, bahkan tidur bersama. Anak-anak di bawah umur yang  lebih banyak menghabiskan waktu bersama orang tua berbeda dengan anak yatim, yang hanya menghabiskan waktunya bersama sang ibu. Tahukah kalian makna dari kata YATIM? Yatim adalah anak yang ditinggal ayahnya ketika masih di bawah umur (belum baligh). Sedangkan piatu adalah anak di bawah umur yang ibunya sudah meninggal. Adapun yatim piatu, yaitu seorang anak yang masih kecil atau belum baligh yang dimana kedua orang tuanya telah meninggal. Apakah ada anak yang rela ditinggal salah satu orang tuanya ketika masih di bawah umur? Atau mungkin ada anak

yang rela kedua orang tuanya meninggal. Pastinya tidak ada. Semua anak pasti menyayangi orang tuanya. Tapi, Allah sudah memberikan setiap manusia takdir masing-masing, diluar sana banyak anak yang sudah kehilangan ayahnya, padahal dia belum pernah mendapat kasih sayang dari sang ayah, bahkan ada yang tidak pernah melihat ayahnya sejak kecil.

Sungguh malang nasib mereka, yang seharusnya ana

 

k mendapat kasih sayang dari ayah dan ibu, kini hanya mendapatkan kasih sayang sang ibu. Ibaratkan pesawat yang hanya mempunyai satu sayap, pasti tidak akan seimbang. Maksudnya adalah, didikan anak yang yatim dengan didikan anak yang masih mempunyai orang tua sangat berbeda. Didikan seorang anak yatim pasti tidak seimbang, karena anak hanya mendapatkan didikan dari sang ibu. Berbeda dengan anak yang orang tuanya masih lengkap, pasti didikan antara ibu dan ayah seimbang. Jadi, mari kita bersama menyayangi seorang anak yatim, kasihi mereka, jangan pernah menyakiti anak yatim karena itu merupakan suatu dosa yang besar, apalagi sampai memukulnya. Hukum menyakiti hati anak yatim tentunya tidak dianjurkan dalam agama islam. Karena sudah selayaknya kita menyayangi seperti halnya yang sudah diajarkan oleh Rasulullah Saw dalam kehidupan di masanya. Anak yatim merupakan titipan yang diberikan oleh Allah Swt kepada umat muslim dan wajib untuk dilindungi.

 

Sebab itu, terhadap anak yatim janganlah kamu berlaku sewenang-wenang.” (QS Ad – Dhuha :9)

 

Itulah orang yang menghardik anak yatim.” (QS. Al – Maa’uun : 2)

 

Tetapi dibalik semua kesedihan yang menimpa seorang anak yatim, allah memberikan beberapa keutamaan jika kita menyayangi anak yatim, Al-Qur’an secara tegas mengatakan anak yatim adalah sosok yang harus dikasihi, dipelihara dan diperhatikan. Allah berfirman di dalam al-quran tentang keutamaan menyayangi anak yatim:

Mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakan lah “Memperbaiki keadaan mereka adalah baik,” (QS. Al-Baqarah [2]: 220).

Beberapa keutamaan mencintai anak yatim, yaitu:

  1. Meraih Peluang Menjadi Teman Rasulullah SAW di Surga.Orang yang memelihara anak yatim akan masuk surga, berdekatan dengan Rasulullah SAW seperti dekatnya jari telunjuk dengan jari tengah.

    Saya dan orang yang mengasuh atau memelihara anak yatim akan berada di surga begini,” kemudian beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengah dan merenggangkannya sedikit.” (HR. Bukhari, Tirmidzi, Abu Daud dan Ahmad dari Sahl bin Sa’d). (Lihat Shahih Bukhari, Kitab Ath-Thalaq: 4892. Sunan Tirmidzi, Kitab Al-Birr wa Ash-Shilah’an Rasulillah: 1841. Sunan Abi Daud, Kitab Al-Adab:4483).

 

  1. Pengasuh Anak Yatim Dijamin Masuk Surga

    Kalaupun pemelihara anak yatim tidak dapat menjadi teman Rasulullah di surga karena mungkin tidak memenuhi persyaratan ideal, ia akan tetap dijamin masuk surga.Rasulullah SAW bersabda:

    “Orang yang memelihara anak yatim di kalangan umat muslimin, memberikannya makan dan minum, pasti Allah akan masukkan ke dalam surga, kecuali ia melakukan dosa yang tidak bisa diampuni.” (HR. Tirmidzi dari Ibnu Abbas). (Lihat Sunan Tirmidzi, Kitab Al-Birr wa Ash-Shilah’an Rasulillah: 1840).

 

Dan masih banyak lagi keutamaan-keutamaan mencintai anak yatim, maka dari itu sayangi dan kasihi anak yatim. Rasulullah saja sangat mencintai anak-anak yatim, masa kamu yang bukan nabi tidak sedikitpun punya rasa cinta kepada anak yatim? Mulai sekarang, sayangi mereka, beri mereka kasih sayang, karena yang mereka butuhkan hanyalah kasih sayang, mereka tidak mau harta kita, mereka tidak mau rumah kita, mereka juga tidak mau barang-barang yang bagus. Mereka hanya mau ayah mereka hidup lagi. Tapi, itu hal yang mustahil untuk mereka, yang bisa dilakukan hanyalah mengirimkan doa kepada ayah mereka, walaupun tidak pernah melihat wajahnya seacara langsung.

 

Ayo, sayangi anak yatim!

 

Darurat! Bantu selamatkan Rumah Quran Yatim

Darurat! Bantu selamatkan Rumah Quran Yatim

Darurat Rumah Quran yatim terancam!-Sudah bertahun-tahun, rumah quran violet yang terkenal dengan julukan RQV INDONESIA yang terletak di Bekasi Selatan, kini akan dijual dengan harga tujuh miliyar. Rumah quran sekaligus sebagai tempat tinggal para anak-anak yatim tersebut sudah sangat lama sebagai wadah untuk membaca dan menghafal al-quran. Bahkan, setiap saat para anak yatim di rumah tersebut tidak pernah lepas dari al-quran.

Seluruh waktu telah dihabiskan dirumah itu, senang maupun sedih sudah terukir indah di setiap sudut rumah. Sang pemilik rumah telah lama meninggal, beliau sangat baik sekali, yang bisa kami lakukan untuk membalas kebaikannya adalah dengan mengirimkan doa dan mempersembahkan bacaan ayat suci al-quran yang di baca setiap waktu.

Saya pribadi sangat sedih ketika mengetahui rumah yang menjadi tempat saya belajar tentang ilmu al-quran, dan tentang semua kebaikan, kini harus hilang begitu saja. Baru dua bulan di RQV INDONESIA, sudah banyak sekali pelajaran yang saya dapat. Salah satunya adalah bersedekah. Pimpinan kami pernah berkata “Kalian gak usah takut miskin kalau sering bersedekah, allah itu maha kaya, dia pasti memberi lebih kepada kita.” dari perkataan beliaulah saya belajar tentang bersedekah. Azmi Fajri Usman, yang biasa di panggil dengan panggilan “ABI” adalah seorang ayah sekaligus guru besar dalam mendidik saya. Beliau juga telah mengajarkan saya tentang keberanian, semangat, dan pantamg menyerah.

Lalu, bagaimanakah nasib para anak yatim yang sekarang sedang berjihad di jalan Allah? Dimanakah mereka akan tinggal jika rumah quran mereka dijual? Ayo bantu selamatkan rumah mereka! RQV INDONESIA mempunyai misi besar, yaitu mendirikan satu juta rumah quran di nusantara dan mencetaj lima juta penghafal quran seluruh pelosok negeri.

MAKA DARI ITU, AYO BERSAMA KITA SELAMATKAN RUMAH QURAN YATIM!

Rasulullah saw. bersabda, “Saya yang menanggung (memelihara) anak yatim dengan baik ada di surga bagaikan ini, seraya Beliau memberi isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah dan Beliau rentangkan kedua kaki jarinya itu” (H.R. Bukhari).

Ayo kirimkan donasi terbaik kamu ke nomor ini!

BNI Syariah a.n. Yayasan Waqaf Rumah Qur’an Violet Indonesia

077.258.1246 • 666.124.6665

Dengan kamu berdonasi, kamu telah menolong para anak yatim dan para penghafal quran lainnya dari keterlantaran tempat tinggal.

Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma’ruf, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kelak Kami memberi kepadanya pahala yang besar.”

Need Help? Chat with us