Kisah Qorun Yang Serakah

Kisah Qorun Yang Serakah

Qorun di kisahkan pada Al-Qur’an surah Al-Qasash ia adalah sorang hamba yang merupakaan kaum dari Nabi Musa AS. Ia adalah salah sorang hamba yang taat, Qorin tinggal dengan istri dan anak-anaknya. Qorun sangat kesulitan untuk memberi makan anak-anaknya hingga terkadang mereka tidak makan samapi tiga hari bahkan lebih.

Suatu ketika Nabi Musa AS menghampiri Qorun, Nabi Musa AS menyakan kabar dan kondisinya. Qorun menceritakaan keluh kesahnya terhadap Nabi Musa AS, seketika Nabi Musa AS merasa iba lalu di saat itu juga beliau berdo’a, meminta agar Qorun dan keluarga diangkat derajatnya dan selalu di permudah segala urusannya.

Qorun pun langsung menekuni kerajinan yang telah di ajarkan oleh Nabi Musa AS, hasil kerajina ia pun laku keras seketika Allah pun memberi rezeki yang sangat berlimpah padanya. seiring berjalannya waktu harta ia makin berlimpah, tetapi ia bukannya semakin dekat dengan Allah malah semakain jauh dan sombong. Seperti di dalam surat Al-Qasash ayat 76, ia di beriharta berlimpah oleh Allah sampai-sampai, kunci harta tersebut sangat berat  meskipun orang yang sangat kuat yang mengangkatnya.

Pada suatu ketika ada seseorang suruhan Nabi Musa AS mendatangi orang-orang kaya pada zaman itu, untuk meminta menyisihkan sebagian hartanya untuk zakat.  Qorun yang sombong menjawab, “Sesungguhnya aku diberi harta karena ilmu yang kumiliki.” Tak hanya itu, kemudian Qorun pun menunjukkan kekayaannya dengan iring-iringan pawai. Melihat Qorun, orang-orang yang menghendaki kesenangan dunia berharap bisa kaya seperti dirinya.

Melihat Qorun yang sombong, akhirnya Allah menenggelamkan Qorun beserta hartanya ke dalam bumi. Tidak ada baginya suatu golongan apa pun yang bisa menolongnya dari azab Allah.

Kisah Qorun memberi kita pelajaran bahwa harta yang banyak belum tentu mampu membawa kita kepada keberkahan apabila tidak disyukuri dan dibayarkan zakat, justru bisa membawa kita kepada azab yang sangat pedih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us