KEUTAMAAN BULAN SYAWAL

KEUTAMAAN BULAN SYAWAL

Assalamualaikum sahabat violet, allhamdulillah tidak terasa sekarang sudah memasuki bulan Syawal dimana sebelum itu para umat muslim berjumpa dengan bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Tidak hanya di bulan Ramadhan saja yang banyak keutamaan-keutamaan. Namun, di bulan Syawal juga banyak sekali keutamaan-keutamaan yang Allah berikan kepada umat muslim. Sebelum kita mengetahui keutamaan di bulan Syawal, kita harus tahu terlebih dahulu asal mula bulan Syawal. Apakah kalian tahu, asal mula bulan Syawal?

Syawal adalah bulan ke-10 dalam penanggalan Hijriah. Sebagaimana bulan-bulan sebelumnya, penamaan bulan ini juga tak lepas dari cerita dan sejarah.

Muhammad bin Allan Al-Shiddiqi dalam Dalil Al-Falihin menjelaskan, nama Syawal diambil dari kalimat Sya-lat al-ibil, seekor unta yang mengangkat ekornya.

Sementara menurut Ibnu Manzur dalam Lisanul Arab-nya menegaskan, Syawal berasal dari perkataan Syalat an-naqah bi dzanabiha, dengan makna senada, yakni unta betina yang menegakkan ekornya.

Lebih lanjut Ibnu Manzur menerangkan, para ahli bahasa terdahulu menyandarkan riwayat penamaan itu pada peristiwa yang biasa terjadi di bulan ini. Fenomena itu dikenal dengan istilah Tasywil laban al-ibil, alias kondisi susu unta yang sedikit.

Alhasil, Syawal diambil dari kata Syawwala yang bermakna “menjadi lebih sedikit dari sebelumnya.”

 

Setelah kita mencari tahu asal mula bulan Syawal, kita akan mencari tahu, apa saja keutamaan-keutamaan di bulan Syawal. Syawal berasal dari kata syala yang berarti naik atau meninggi. Pada bulan Syawal ini, kedudukan dan derajat kaum Muslimin meninggi di sisi Allah SWT karena telah melewati bulan ujian dan ibadah selama Ramadan. Syawal memiliki banyak keutamaan-keutamaan yang tersimpan. Keutamaan bulan Syawal antara lain:

 

  1. Bulan Kembali ke Fitrah

Syawal adalah bulan kembalinya umat muslim kepada fitrahnya, diampuni semua dosanya setelah melakukan ibadah Ramadhan sebulan penuh.

Pada tanggal 1 Syawal, umat muslim kembali makan pagi dan diharamkan untuk berpuasa pada tanggal tersebut.

Datangnya bulan Syawal membawa kemenangan bagi umat muslim yang berjaya menjalani ibadah puasa sepanjang Ramadhan, dan menjadi lambang kemenangan dari ‘peperangan’ menentang musuh dalam jiwa yang besar, yaitu hawa nafsu. Semoga kita bisa menahan diri dari hawa nafsu. Dan musuh lainnya seperti emosi, penyakit hati, serta malas.

 

  1. Bulan Takbir

Tanggal 1 Syawal diperingati sebagai Hari Raya Idul Fitri, dan seluruh umat muslim di berbagai belahan dunia mengumandangkan takbir.

Oleh karena itu, bulan Syawal merupakan bulan dikumandangkannya takbir oleh seluruh umat Islam secara serentak, paling tidak selama satu malam begitu memasuki tanggal 1 Syawal. Semua umat muslim bergembira pada malam 1 Syawal, gema takbir terdengar dimana-mana. Dan di Indonesia seringkali mengadakan takbir keliling sambal membawa alat seadanya untuk dijadikan bedug.

 

  1. Bulan Peningkatan

Keistimewaan bulan Syawal yang paling utama adalah bulan ‘peningkatan’ kualitas dan kuantitas ibadah.

Secara harfiah, Syawal memiliki arti ‘peningkatan’, yakni peningkatan ibadah sebagai hasil pelatihan selama bulan Ramadhan.

Umat muslim diharapkan mampu meningkatkan amal kebaikannya pada bulan Syawal, bukan justru menurun atau menjauh dari Islam. Terkadang, ada orang yang rajin ibadah hanya di bulan Ramadhan, Ketika masuk di bulan Syawal, kerajinannya untuk ibadah seakan hilang. Semoga kita termasuk ke dalam golongan orang yang terus meningkatkan keistiqamahan kita.

 

Wah! Banyak sekali keutamaan di bulan Syawal, rugi sekali jika kita tidak melakukan tiga keutamaan tersebut. Apalagi, di bulan Syawal kita harus selalu meningkatkan ibadah kita kepada Allah SWT. seperti shalat, sedekah, dan lain-lain. Amalan sunah selanjutnya yang bisa dilakukan di bulan Syawal adalah bersedekah. Selain mendapatkan pahala yang berlimpah, sedekah juga ternyata memiliki manfaat lain untuk diri kita.

Diketahui, sedekah mampu meningkatkan rasa empati seseorang, menghindarkan dari sifat kikir, melancarkan rezeki, melatih pikiran positif, dan meningkatkan rasa syukur.

Tak hanya bermanfaat untukmu, namun uang yang disedekahkan juga akan sangat bermanfaat bagi penerimanya. Apalagi saat adanya pandemi Covid-19 seperti saat ini, pasti sedang banyak orang yang kesulitan dan kehilangan pekerjaanya. Terlebih lagi, uang sedekah di berikan kepada anak yatim yang sekarang berjuang untuk menghafal Al-Quran, insyaallah Allah akan melipat gandakan harta orang yang bersedekah.

 

Yukkk bersedekah, dapatkan pahala jariyah yang terus mengalir hingga akhir hayat nanti.

Salurkan donasi terbaik anda melalui.

 

💳 Bank Mandiri 123.000.683.3992

💳 BNI Syariah 077.258.1246

💳 BRI Syariah 104.228.1898

💳 Muamalat 309.001.2610

a.n Yayasan Wakaf Rumah Qur’an Violet:

☎️ 0811991240

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

RQV Indonesia adalah Lembaga Nasional yang bergerak di bidang Pendidikan – Sosial – Kemanusiaan dengan lebih dari 30.000 penerima manfaat di seluruh Indonesia.

Kantor Pusat

Menara 165 Lantai 4 Jl. TB Simatupang Kav. 1, Cilandak Timur, Jakarta Selatan

Kantor Operasional

Rukan Sentra Office Blok D No. 3 Jl. Boulevard Raya Barat, RT.004/RW.019 Jaka Setia, Kec. Bekasi Selatan

HOTLINE :

Copyright @ 2020 – Rumah Quran Violet | Support by Dokter Website

Need Help? Chat with us