SEMARAK MERIAHKAN MILAD RQV INDONESIA

SEMARAK MERIAHKAN MILAD RQV INDONESIA

(berani menampilkan yang terbaik)

 

 

Hay sobat violet diseluruh Nusantara

Udah pada tau belum nih? Pada tanggal 19 september RQV Indonesia selalu mengadakan hari jadinya di setiap tahunnya.

Pada tahun ini RQV Indonesia kembali mengadakan miladnya yang ke-7 tahun. Acara yang di buat pada tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di hadiri juga oleh presiden RQV Indonesia, para pengurus dan wali peserta juga ikut meramaikan acara tersebut.

Acara di adakan di Caringin, Bogor. Sebelum acara di mulai para peserta, pengurus dan tamu undangan yang sudah datang bersiap-siap untuk menyambut kedatangan Presiden RQV  Indonesia, tetapi ketika sedang menunggu kedatangan Presiden tiba-tiba hujan turun. Peserta pun agak sedikit kecewa pada awalnya dan mereka bubar dari barisan, namun tidak lama kemudian hujan pun reda mereka pun kembali membuat barisan. Tak lama Presiden RQV Indonesia pun datang, ketika beliau datang hujan pun turun sangat lebat, tetapi peserta bukannya bubar untuk meneduh mereka malah bersorek menyambut Presiden RQV Indonesia, mereka sangat semangat walaupun badan mereka basah kuyup oleh tetesan air hujan.

Para tamu undangan yang hadir pun sangat gembira, tidak ada yang tidak gembira pada saat itu. Tim media yang meliput juga tidak mau kalah, mereka mencari ide agar kamera mereka tidak basah, karena mereka tidak ingin melewatkan momen berharga tersebut.

Acara diakhiri dengan pemotongan tumpeng violet dan penerbangan balon harapan oleh Presiden RQV Indonesia. Acara ini sangat berkesan sekali bagi semua orang yang hadir pada saat itu, karena ini adalah momen yang langka dan sangat berharga.

MERIAHNYA KEMERDEKAAN SAAT JAULAH QUR’AN

MERIAHNYA KEMERDEKAAN SAAT JAULAH QUR’AN

Assalamualaikum sahabat violet semuanyaaa, gimana hari ini? Pastinya semangat yaaa. Kan kemarin kita udah kepoin gimana serunya perayaan HUT RI di RQT dan RQY, nah hari ini kita mau kepoin perayaan HUT RI di berbagai tempat Jaulah Qur’an lohhh . Penanasaran kan yuk langsung ajaaa.

HUT RI adalah momen yang sangat penting sekaligus mengharukan bagi tanah air kita tercinta. Nah pada momen ini pula banyak diadakan lomba lomba yang seru dan menyenangkan. Nah para Srikandi, Duta Qur’an dan Pelatih yang sedang Jaulah Qur’an tidak mau ketinggalan untuk memeriahkan momen ini lohh. Dengan mengadakan lomba lomba di daerah Aceh dan Palembang . Wahh masyaAllah yaaa…

Yuk langsung kita liat apa aja sih keseruannya:

1) Aceh
Di Aceh gak kalah seru lohh, para Anak Sahabat Qur’an Nusantara atau ASQN sangat bersemangat berlomba untuk menang dan membawa pulang hadiah . Mereka terlihat sangat lucu dan keren dengan semangat yang membara. Di Aceh diadakan banyak lomba yang menarik yaitu, tarik tambang, estafet air, makan kerupuk, balon goyang, sedotan dalam botol, paku dalam botol, kelereng, oper tepung, makan biskuit, dan balap karung. MasyaAllah meriah banget pastinya yaa.

perlombaan tarik sarung, cabang Aceh

2)  Palembang
Di Palembang gak mau kalah sama yang di Aceh loh, mereka juga mengadakan lomba guna memperingati hari kemerdekaan RI. Lomba yang di adakan yaitu, kelereng dan paku dalam botol. MasyaAllah seru banget nih, ASQN di Palembang juga gak kalah semangat dengan yang di Aceh lohh.

perlombaan estafet klereng, cabang Palembang

 

Nahh itu dia tadi sekilas artikel tentang meriahnya perayaan HUT RI bareng peserta pelatihan RQV Indonesia . Jadi gimana udah liat kan keseruan dan kegembiraan kami? Jadi Yuk segera join ke RQV Indonesia, insyaallah bukan cuma hafalan yang kalian dapat tapi kalian juga akan dapat banyak pelajaran dan pengalaman. Sekian dulu dari saya, semiga artikel ini bermanfaat, dan kalau kamu suka artikel nya jangan lupa share yaa, dadahhh, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

SERUNYA PERAYAAN HARI KEMERDEKAAN DI RQV INDONESIA

SERUNYA PERAYAAN HARI KEMERDEKAAN DI RQV INDONESIA

Assalamualaikum sahabat violet sekalian, gimana kabarnya di hari perayaan ulang tahun tanah air kita tercinta ini? Semoga kita semua selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT dimanapun kita berada. Pertama-tama kami segenap Keluarga RQV Indonesia mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia Yang Ke-76. Nah jadi kali ini kita mau bahas gimana sih seru dan meriah nya perayaan HUT negara kita tercinta di RQV Indonesia? Pastinya kepo kannn nahh, yuk langsung aja kita liatt…

Jadi pada perayaan kali ini banyak banget tempat yang bakal kita lihat keseruannya, dan juga sebelum memulai lomba-lomba ini, para peserta dan pelatih sudah menyelenggarakan upacara kemerdekaan di pagi hari.

kegiatan upacara bendera

Bebagai lomba ini dilaksanakan di RQY dan RQT yaa.

Yukkk langsung kita liat keseruannya :
1) Rumah Bekasi / RQY
Keseruan tampak terpancar di wajah para pelopor dan calon pelopor yang ada di Rumah Bekasi, Pekayon. Mereka sangat antusias mengikuti segala acara memperingati HUT Indonesia. Mulai dari makan kerupuk, lomba makan roma, paku dalam botol, cerdas cermat, estafet air, estafet sarung. MasyaAllahh seru banget yaaa…

perlobaan di Bekasi

2) Caringin / RQT
Kegiatan Caringin juga gak kalah seru dengan yang di Bekasi loh.. Srikandi dan Duta Qur’an sedang berlomba untuk memeriahkan hari kemerdekaan. Banyak banget lomba yang diadakan di Caringin, yaitu diantaranya, balap karung, paku dalam botol, estafet air, perang air, tarik tambang, dan sepak bola pakai daster. Pastinya seru banget dong.

keseruan di Caringin,Cogor

Nahh itu tadi sahabat, berbagai lomba yang diadakan di RQV Indonesia walaupun jarak memisahkan Bekasi dan Caringin, tetapi di hati kami sudah tertanam rasa kekeluargaan yang mendalam. Sehingga jarak bukan suatu hal yang perlu dipersoalkan, tetap terasa dekat walau jauh. Di hari kemerdekaan ini muncul sebuah makna yang tak terpikirkan sebelumnya, bahwa kita harus meneruskan perjuangan para pahlawan tentunya dengan prestasi dan budi pekrrti yang baik. Nahh jadi itu tadi sekilas artikel pada hari ini, semoga bermanfaat dan menghibur sobat violet semuanya. Tetap merdeka dan jaya selalu Indonesia ku. Sekian sampai jumpa di artikel berikutnya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh…

Salam bahagia untuk sahabt violet semuaa…

Tim RQV Indonesia Balik Lagi Nih! ke Labuhanbatu Selatan

Tim RQV Indonesia Balik Lagi Nih! ke Labuhanbatu Selatan

Hay sobat violet diseluruh nusantara

Tim RQV balik lagi nih, di labuhanbatu selatan sekarang mereka di panggil untung mengisi acara disana.

 

Ada apa aja sih kegiatannya mereka disana?

Tim RQV yang berangkat kesana, mereka di undang langsung oleh dinas pendidikan labuhan-

batu. Mereka diminta untuk mengisi acara pendalam dan pemahaman kitab suci Al-Quran. Kedatengan tim

di sambut dengan hangat disana, dan mereka sangat antusias sekali untuk mengikuti acara tersebut.

Acara tersebut dihadiri orang para guru, mulai dari guru ngaji,

guru TK dan guru SD. Meraka yang menghadiri acara tersebut,

sangan bersemangat untuk mengikuti kegiatan demi kegitan. Mereka disana saling

shareng dan belajar, Seperti perbaikan makhroj dan seputar Qur’an lainnya.

 

 

Tim RQV Indonesia bukannya mengis acara saja disana, mereka juga silaturahmi ke beberapa cabang

yang yang berada disana, mereka nyambut kedatangan tim dengan sangat hangat dan jamuan yang sangat ramah. Kami para

Tim RQV Indonesia juga di persilahkan tempat untuk beristirahat untuk beberapa hari di labuhanbatu sekatan.

 

 

KEGIATAN DI RQV INDONESIA

KEGIATAN DI RQV INDONESIA

KEGIATAN-KEGIATAN RQV INDONESIA

Hai sobat violet! Kali ini kita akan membahas tentang kegiatan apa aja sih, yang ada di rqv indonesia? Rqv indonesia mempunyai keunikan tersendiri, bahkan rqv sudah mempunyai banyak cabang di indonesia, bahkan rqv sudah mempunyai cabang di singapura, malaysia, dan turki. Banyak yang bertanya-tanya tentang apa saja kegiatan di rqv indonesia. Kegiatan rqv indonesia antara lain: menghafal qur’an, jaulah qur’an, yang kerennya di rqv adalah di bagian qur’an skill.

 

  1. Menghafal Al-Qur’an

Rqv indonesia mempunyai mimpi yang sangat besar, salah satunya adalah melahirkan 7 juta penghafal al-qur’an di nusantara. Maka dari itu rqv indonesia memprioritaskan seluruh peserta RQV untuk hafal qur’an di usianya yang masih dini.

 

 

  1. Jaulah Qur’an

Apa itu jaulah qur’an? Jaulah adalah cara mereka mengajak dan menyebarkan kebaikan bersama al-qur’an. Kemana mereka menyebarkan kebaikan? RQV indonesia setiap bulannya akan mengirimkan peserta RQV ke daerah yang di tugaskan. Peserta akan bertugas untuk mengajarkan para anak-anak, pemuda/remaja, dan ibu-ibu di tempat yang di tugaskan. Sebelum di kirimkan, para peserta akan di latih terlebih dahulu.

 

 

  1. Qur’an skill

Kerennya RQV adalah di Qur,an Skill. Mengapa RQV mempunyai kegiatan ini? Karena setiap anak di Indonesia pasti mempunyai banyak bakat yang tersimpan. Maka dari itu RQV INDONESIA ingin mengembangkan bakat mereka. Jadi merek gak Cuma hafal qur’an. Tapi, mereka juga punya bakat masing-masing. Qur’an skill apa aja yang ada di RQV? Antara lain leadership, bussiness, catering, farming, finance, health, media, dan jurnalistik.

Dalam skill media, misalnya. Para peserta akan mengikuti serangkaian pelatihan seperti photography, videography, dan design. Pelatihan-pelatihan ini diharapkan mampu menjadi bekal bagi peserta untuk bersaing dan mendapat tempat dalam masyarakat di masa yang akan datang. Skill ini juga diharapkan dapat menunjang banyak manfaat  bagi para peserta ketika terjun ke lapangan kapan saja bila dibutuhkan.

Nah, itulah kegiatan yang ada di RQV INDONESIA. Seru sekali kan? Mau tau kegiatan terbaru di RQV? Terus ikuti update di sosmed RQV jangan sampai ketinggalan, nanti rugi.

@rqvindonesia

Mengusung Program Safari Ramadhan, RQV Indonesia Cabang Aceh berkolaborasi bersama Pemerintah Aceh

Mengusung Program Safari Ramadhan, RQV Indonesia Cabang Aceh berkolaborasi bersama Pemerintah Aceh

 

Kepala Biro Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Aceh, Tgk H Usamah El Madny, S.Ag, MM, Senin (5/04/2021) menerima kunjungan silaturahmi Rumah Qur’an Violet (RQV) Indonesia Cabang Aceh, di ruangan kerjanya di Kantor Gubernur Aceh.
Dalam pertemuan yang berlangsung hangat dan penuh keakraban tersebut, Karo Isra itu menyambut baik Program Kegiatan Rumah Qur’an Violet (RQV) Indonesia Cabang Aceh di seluruh Kabupaten Kota se-Aceh yaitu 23 Kabupaten Kota. Terlebih lagi di tengah kondisi banyaknya masyarakat yang buta huruf Al qur’an secara umum di Indonesia. Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia. Namun tingkat pemahaman terhadap ajaran agama masih sangat minim. Hal tersebut dapat dilihat dari data yang dilansir Institut Ilmu Alquran yang menyatakan bahwa terdapat 65 persen dari peduduk Indonesia buta huruf Alquran.

Berdasarkan fakta tersebut maka RQV hadir untuk memberantas buta baca tulis Alquran di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan dengan cara membangun Pusat Kegiatan Belajar Mengajar Alquran di seluruh daerah khususnya daerah pelosok dan jangkauan pendidikan rendah.

Dalam memperkokoh Indonesia sebagai bangsa religius yang hebat, RQV berkomitmen untuk menjalankan visi besarnya menjadi Pelopor Gerakan Nasional Satu Juta Rumah Qur’an di Indonesia. Berbagai permasalahan di masyarakat bekaitan erat dengan pasang-surut moralitas. Memperkokoh karakter berbasis Al-Qur’an merupakan solusi visioner. Kami yakin ikhtiar yang dijalankan konsisten, sanggup memulihkan krisis bahkan mengangkat harkat dan martabat umat manusia.


Usamah juga menyampaikan bahwa tugas pokok dan fungsi dari Biro Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Aceh adalah menyiapkan perumusan kebijakan, mengkoordinasikan pelaksanaan tugas dan fungsi, pemantauan dan evaluasi program kegiatan dan penyelenggaraan pembinaan teknis, administrasi dan sumber daya di bidang agama, peran ulama, pendidikan, kebudayaan dan kesejahteraan rakyat. Dalam pertemuan tersebut, RQV Indonesia Cabang Aceh yang dipimpin langsung oleh Zulkarnain M Isa, atau sering disapa Bang Zulmis sebagai Dewan Pembina. Dalam diskusi dan tukar ide pendapat dan gagasan tersebut, berhasil di capai suatu kesepakatan dalam menjalankan program pemerintah Aceh di bahwa Biro Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Aceh dapat bersinergi, berkolaborasi dan bermitra dengan RQV Indonesia.


RQV Indonesia, menyampaikan bahwa permasalahan sosial yang terjadi saat ini berkaitan erat dengan pasang-surutnya karakter dan moralitas anak-anak bangsa. Untuk itu diperlukan penguatan karakter dan moralitas berbasis Al-Qur’an. “Kami yakin dan percaya bahwa melalui belajar, menghafal dan mengamalkan Al-Quran mampu mewujudkan peradaban yang berjiwa pemberani, sehat, kaya, sukses dan bahagia”. Inilah yang memicu RQV Indonesia hadir dengan pembentukan karakter anak bangsa dan sekaligus pemberdayaan ekonomi. Sejak berdirinya RQV hingga saat ini, sudah 132 rumah quran yang terkelola dengan sistem yang terintegrasi dan telah dirasakan manfaatnya.
RQV Indonesia sangat mendukung program Pemerintah Aceh terkait kegiatan Safari Ramadhan tahun 2021 Masehi atau 1442 Hijriah. Edukasi menyangkut Covid-19 akan dijadikan tema dalam rangkaian dakwah yang akan disampaikan oleh para da’i yang ikut serta dalam safari Ramadhan tersebut. “Safari Ramadhan ini juga bagian dari ikhtiar kita secara kolektif dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Aceh,” pungkas Usamah.

TIGA SRIKANDI RQV, BANGUN RUMAH QURAN DI TURKI

TIGA SRIKANDI RQV, BANGUN RUMAH QURAN DI TURKI

Perkembangan Islam khususnya Al-Quran kini mulai mendapatkan perhatian khusus di kalangan masyarakat muslim Benua  Eropa. Bersamaan dalam membawa Visi besar RQV, yakni “Mewujudkan Satu Juta Rumah Quran di Nusantara. Kini RQV Indonesia membuka jaringan lebih luas lagi. Memulai dari Eropa bagian Selatan, RQV Indonesia memilih Turki menjadi negara pertama yang akan di jajaki untuk mengembangkan Al-Quran dan menumbuhkan para penghafal Al Quran di Turki.

 Tepat pada 20 Maret 2021, RQV INDONESIA memberangkatkan tiga srikandi RQV yang terpilih untuk mengawali ekspansi pengembanagn Rumah Quran di Turki. Mereka adalah Srikandi Nur Ainun Mardiyah asal Majene Sulawesi Barat, Srikandi Rossalia Maulida Zakiyah asal Bogor Jawa Barat dan Srikandi Fitriana Komala Sari Safitri Asal Kalimantan Timur yang di dampingi oleh Pelatih WD124 Fania Vivi Hikmawati asal Bekasi Jawa Barat.

Ekspansi perdana di Turki ini akan berlangsung selama 7 hari dengan membawa beberapa misi. Misi pertama, membangun koneksi dengan beberapa lembaga yang bertempat di Istanbul Turki. Antara lain Khayrat Vakfi, KJRI Istanbul dan beberapa lembaga lainnya. Misi Kedua, mengirim para srikandi untuk mempersiapkan lokasi yang akan direncanakan dibangunnya Rumah Quran Violet Cabang Turki. Serta misi ketiga, untuk melakukan survey ke beberapa kampus yang akan dijadikan tempat melanjutkan pendidikan kuliah S1 & S2 untuk para Srikandi dan Duta Quran RQV INDONESIA.

Perihal  dengan pengiriman tiga srikandi RQV ini, di adakan pelepasan di tanggal 19 Maret 2021 yang betempat di Kantor RQV lokasi Bekasi Selatan pada pukul 17.00 WIB dengan di hadiri oleh Pengawas RQV INDONESIA, seluruh jajaran pengurus yayasan dan peserta RQV Character Academy. 


” Semoga semakin banyak pemuda/pemudi yang senantiasa bergerak dalam Al-Qur’an, semoga mimpi dalam mewujudkan satu juta Rumah Qur’an dan melahirkan Lima juta penghafal Al-Qur’an dapat segera terwujud” Ucap Pelatih WD124 Fania Vivi Hikmatai selaku pelatih yang di tunjuk untuk mendampingi 3 srikandi di ats untuk kunjungan di Turki.”

Pengiriman tiga  srikandi RQV ini adalah awal langkah kita untuk mengajak para mahasiswa  Indonesia yang berada di Turki untuk ikut serta dalam belajar dan mengajarkan Al-Quran bersama RQV di Cabang Turki. Program pengembangan Rumah Quran Violet cabang Turki akan terus berlangsung, dengan  adanya pengiriman lanjutan para Srikandi dan Duta Quran  RQV untuk terus menghidupkan gerakan mewujudkan Satu Juta Rumah Quran di Nusantara hingga ke Turki.

 

RQV INDONESIA, HARU BAHAGIA DALAM TASYAKURAN ASQN CABANG LABUSEL

RQV INDONESIA, HARU BAHAGIA DALAM TASYAKURAN ASQN CABANG LABUSEL

 

RQV INDONESIA mengawali sejarah di tahun ini dengan memuaskan. Cabang RQV yang berada di Kabupaten Labuhan Batu Selatan memberikan hadiah terbaik dalam mewujudkan misi  melahirkan lima juta penghafal Al-Quran di Nusantara. Hal ini dibuktikan dalam program Anak Sahabat Quran yang bertepatan pada tanggal 22 Februari 2021.

Telah di laksanakan “TASYAKURAN TAHFIDZUL QURAN JUZ 29 & 30”. Acara tasyakuran kali ini berlangsung berkelanjutan selama 2 pekan, di ikuti dari 4 cabang Rumah Quran yang berada di Cabang Labuhan Batu Selatan Provinsi Sumatera Utara

Terdiri dari RQV 1988 Sumberjo, RQV 1771 Cikampak, RQV 2806 Teluk Pinang dan RQV 2606 Al Hasanah Kotapinang dengan jumlah peserta tasyakuran sebanyak 86 santri.

Prosesi tasyakuran berlangsung sangat membahagiakan dan mengharukan, terlihat para santri ASQN dan orang tua hadir dengan semangat. Para santri dengan antusias memberikan penghargaan  terbaik kepada orang tua masing-masing.  Saat pemasangan mahkota, adalah momen puncak yang mengharukan, ratusan air mata bahagia mengalir menjadi bukti perjuangan dalam menghafal Al-Quran dan disempurnakan dengan pemberian sertifikat tanda telah selesai menyelesaikan hafalan Al-Quran juz 29&30.

 “Betapa senangnya santri dan bangganya orang tua. Para owner, kepala sekolah dan guru serta seluruh pihak yang ikut andil dalam proses ini. Hal ini menjadikan saya untuk selalu mengingat dan mewujudkan Visi dan Misi RQV Indonesia adalah perjuangan kita bersama”. Ucap Sahabat Quran Nur Aisyah selaku Kepala Cabang Labuhan Batu Selatan dengan penuh tekad.

Kebahagiaan ini juga di rasakan oleh para santri yang di mengikuti tasyakuran. Salah satunya yaitu Ananda Azelia Chiara Neva (santri 1771 Cikampak): “Sangat senang dan bahagia karena sudah menghafal 2 juz, semoga bisa menjadi kebanggaan orang tua, dapat memberi mahkota di surga dan insyaAllah hafal 1 Al Quran” tuturnya dengan mengulas senyum

Meskipun di tengah pandemi, pendidikan Al-Quran tidak bisa diberhentikan.  Kerjasama antar masyarakat dan pemerinta, menjadikan program Anak Sahabat Quran di Cabang di Labusel ini terus berjalan. Dibuktikan dengan hadirnya para tokoh masyarakat dan pihak pemerintah setempat yang ikut andil dan memberikan dukungan dalam acara kali ini.  Dengan prosesi acara yang tetap menggunakan protokol kesehatan, menjadikan acara yang telah di tunggu ini terlaksana dan bisa memberikan kebahagiaan bagi setiap yang hadir. Salam semangat dalam mewujudkan satu juta rumah quran di Nusantara.(wl)

 

 

 

DUKUNG PENGHAFAL ALQURAN Di Negeri Laskar Pelangi, Bangka Belitung

DUKUNG PENGHAFAL ALQURAN Di Negeri Laskar Pelangi, Bangka Belitung

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki.” (Q.S Al Baqarah: 261)

RQV INDONESIA – Sahabat, jauh di pelosok negeri, mereka membutuhkan uluran tangan kita untuk membantu mengirimkan para pengajar (dai-daiyah) yang akan menyelamatkan generasi muda dari buta baca tulis huruf hijaiyah.

Mari ambil bagian dengan membantu pergerakan para dai di pelosok Nusantara. Patungan mulai dari 57.000 kamu sudah bisa membantu Pengiriman Da’i ke Negeri Laskar Pelangi, Bangka Belitung.

Jadikan Bangka Belitung sebagai bagian dari Negeri Para Penghafal Alquran.

✓Salurkan donasi terbaik Anda melalui:

BNI Syariah 077.258.1246

a.n Yayasan Wakaf Rumah Quran Violet

☎ 081271670162 (Sofia)

 

RQV Cabang Sulawesi is BACK! Galeri Kegiatan 2021

RQV Cabang Sulawesi is BACK! Galeri Kegiatan 2021

RQV INDONESIA – Setelah nyaris satu bulan seluruh kegiatan RQV cabang Sulawesi berstatus nonaktif akibat gempa yang mengguncang Majene, Mamuju, dan beberapa daerah lain di Sulawesi, sejak awal Februari 2021, pengurus RQV cabang Sulawesi mulai melaksanakan kembali kegiatan belajar dan mengajar Alquran, dimulai dari Upgrading Pengurus yang merupakan agenda wajib bagi seluruh dai-daiyah, duta, dan srikandi Quran RQV Indonesia di seluruh daerah di Indonesia.

Tak ketinggalan, Pemuda Sahabat Quran dan Anak Sahabat Quran RQV Cabang Sulawesi sudah mulai kembali berhimpun demi menuntut ilmu demi menjadi penerus tonggak kejayaan Islam. Mashaa Allah, doakan saudara-saudara kita di Sulawesi tetap semangat dan istiqomah ya, sahabat.

Need Help? Chat with us