AYO QURBAN!

AYO QURBAN!

Ayo berqurban!

Rerumputan hijau merayu, melambai-lambaikan pucuknya, bergoyang oleh angin berhembus, menggoda deru nafasku yang kembang kempis. Takbir terdengar sedari subuh, hati sendu semakin tersentuh, menemani lantunan-lantunan terakhir tasbihku. Kurang dari enam puluh menit, para penjagal akan menuntunku, kuhaturkan pujian, “Ya Allah, terimakasih. Ini hari bahagiaku, menjadi tunggangan mulia hamba-Mu, menuju surga meraih ridha-Mu.”

 

Kesempatan ibadah kurban hanya kita dapatkan sekali dalam setahun. Kesempatan yang terbatas namun memberikan pahala banyak dan manfaat yang luas. Pernah terpikirkan apa yang membuat ibadah kurban itu luar biasa?

 

Bukan Hanya Dagingnya, Setiap Tetes Darah dan Bulu dari Hewan Kurban adalah Saksi untukmu di Akhirat Kelak

“Tidak ada suatu amalan yang paling dicintai oleh Allah dari Bani Adam ketika hari raya Idul Adha selain menyembelih hewan kurban. Sesungguhnya hewan itu akan datang pada hari kiamat (sebagai saksi) dengan tanduk, bulu, dan kukunya. Dan sesungguhnya darah hewan kurban telah terletak di suatu tempat di sisi Allah sebelum mengalir di tanah. Karena itu, bahagiakan dirimu dengannya.”

 

Melaksanakan ibadah kurban pasti butuh mengeluarkan harta. Setiap harta yang kita keluarkan untuk Ibadah, tentunya akan Allah balas dengan berlipat pahala. Apalagi jika harta tersebut didapatkan lewat ikhtiar dan kerja keras yang halal.

RQV INDONESIA mengajak para pemuda di Indonesia untuk berqurban. Caranya gimana? Gampang kok. Ada beberapa cara yang telah di siapkan oleh RQV INDONESIA. Antara lain adalah:

  1. BELAJAR QURBAN

belajar qurban. ini cocok banget buat para pelajar yang mau berqurban tapi belum mampu untuk berqurban.

  1. SEDEKAH QURBAN

sedekah qurban. ini cocok untuk para mahasiswa yang ingin berqurban namun terkendala biaya.

  1. QURBAN KOLEKTIF

qurban kolektif. ini tuh kolektif dari 7 orang untuk satu sapi.

  1. QURBAN MANDIRI

qurban mandiri. ini tuh satu sapi untuk 7 orang langsung.

 

NAH, gimana nih? Udah pada paham kan? Kalau belum paham langsung komen aja di bawah ya guys

AMAL JARIYAH

AMAL JARIYAH

HAI PEMUDA YANG BERADA DI NUSANTARA! Pepatah pernah mengatakan “”Kekayaan sejati seseorang adalah kebaikan yang dilakukannya di dunia ini.” Nah, teman-teman udah ngelakuin kebaikan apa aja hari ini? Entah itu kebaikan yang kalian anggap sepele atau tanpa disadari kalian telah melakukan kebaikan yang begitu besar.

 

Kalian tau gak sih? Kalau Allah itu telah menciptakan yang Namanya amal jariyah. Tapi, kalian tau gak? Maksud dari amal jariyah itu apa, sih? Bukannya semua amal itu sama aja? Jawabannya tentu nggak dong. Karena ada tiga amal yang tidak terputus Ketika manusia telah meninggal. mau tau apa aja amal itu? Simak penjelasan di bawah ini ya.

 

Rasulullah SAW bersabda, “Apabila anak Adam (manusia) wafat, maka terputuslah semua (pahala) amal perbuatannya kecuali tiga macam perbuatan, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakannya.” (HR. Muslim). Nah, sedekah jariyah itu termasuk juga amal jariyah loh. Pasti semua teman-teman pernah bersedekah, kan? Itu artinya teman-teman sudah melakukan amal jariyah.

 

Apakah amal jariyah itu harus berupa harta? Jawabannuya tidak, mengapa demikian? Jika bersedekah harus berupa harta, lalu gimana orang yang tidak mempunyai harta? Mereka gak bisa dapat amal jariyah dong,kalua mereka gak bisa dapat amal jariyah, itu artinya Allah gak adil dong. Nah, buat teman-teman yang belum tau bentuk-bentuk sedekah itu apa aja sih? Terus ikuti update-an RQV INDONESIA, ya. Karena RQV INDONESIA akan selalu memberikan ilmu-ilmu yang bermanfaat buat siapa saja.

 

Berwakaf juga termasuk amal jariyah loh! Sebelum itu kalian tau gak sih? Apa itu wakaf? wakaf adalah suatu ungkapan yang mengandung penahanan harta miliknya kepada orang lain atau lembaga dengan cara menyerahkan suatu benda yang kekal zatnya untuk diambil manfaatnya untuk kebaikan.

 

Nah itu dia teman-teman pengertian dari wakaf. Wakaf juga gak harus barang-barang yang mahal, barang yang murah juga bisa untuk di wakafkan loh. apa aja si, barang yang murah dan bisa di wakafkan? Contoh sederhananya adalah al-qur’an. Teman-teman tau, gak? Kalau anak-anak di berbagai provinsi sekarang sedang menghafal al-qur’an. Tapi, mereka kekurangan jumlah al-qur’an yang dimiliki. Mereka sangat membutuhkan al-qur’an sekarang.

 

Yok perbanyak amal jariyah kita mulai dari sekarang, mulai dari yang kecil hingga besar. Hanya dengan berwakaf qur’an, kita bisa mendapatkan syurganya Allah SWT. Caranya gimana? Cukup kalian tekan link di bawah ini.

https://kitabisa.com/orang-baik/922a4e65b9aa9ad73b239c2a3c719641

 

hanya dengan klik link itu, kalian bisa dapat amal yang gak akan terputus sampai kalian meninggal. Yok berwakaf!!

 

RQV INDONESIA SALURKAN SERIBU WAKAF AL-QUR’AN HAFALAN KE PELOSOK NUSANTARA

RQV INDONESIA SALURKAN SERIBU WAKAF AL-QUR’AN HAFALAN KE PELOSOK NUSANTARA

RQV Indonesia Salurkan SERIBU wakaf Alquran Hafalan Ke Pelosok Nusantara

Jakarta- Data dari kementerian Agama Republik Indonesia, saat ini Sekitar 60 persen dari total 225 juta umat muslim Indonesia masih terpenjara dalam buta huruf Alquran. Masih sangat banyak umat muslim yang berada di pelosok nusantara yang belum mengetahui bagaimana cara membaca kitab suci nya. Selain minimnya sumber daya dai yang dapat dikirimkan ke penjuru Nusantara, faktor fasilitas pembelajaran juga berperan sangat penting. Banyak umat muslim Indonesia yang tidak memiliki Alquran yang layak dan dalam kondisi rusak.

Untuk Itu, RQV Indonesia sebagai yayasan yang bergerak di bidang pendidikan, Sosial dan kemanusiaan melahirkan satu program Tebar Wakaf Alquran hafalan yang telah di mulai sejak tiga tahun yang lalu. RQV Indonesia berkomitmen dapat menyalurkan delapan juta wakaf Alquran yang nantinya akan di berikan kepada delapan juta penghafal Alquran sesuai dengan redaksi yang tertuang dalam misi RQV Indonesia.

Hingga saat ini RQV Indonesia telah menyalurkan lebih dari 5000 wakaf alquran Hafalan di 16 Provinsi di Indonesia. Mulai dari Aceh, Sumatera Utara,Sumatera Barat, Sumatera Selatan Jawa Barat,Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Banten, Jambi, Lampung, Bali, Bangka Belitung, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan , Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Bahkan saat ini RQV Indonesia juga telah menyalurkan wakaf Alquran hafalan kepada tenaga kerja Indonesia yang berada di Penang, Malaysia.

Azmi Fajri Usman selaku presiden RQV Indonesia mengungkapkan, dari beberapa tempat yang dikunjungi bersama tim RQV selama ini masih sangat banyak daerah yang kekurangan Alquran khususnya daerah terpencil.

‘’ Kami sudah menyalurkan wakaf Alquran Hafalan ke penjuru Nusantara bahkan ke daerah minoritas muslim seperti Toba Samosir di Sumatera Utara. Kami berikan Alquran Hafalan agar masyarakat Indonesia dapat menghafal Alquran dengan Mudah’ tuturnya .

RQV Indonesia akan kembali menyalurkan 500 wakaf Alquran yang akan di tebarkan ke berbagai penjuru di pulau sumatera, Mulai dari Palembang,Sumatera Selatan, Labuhan Batu Sumatera Utara, Medan Sumatera Utara, dan beberapa daerah di Provinsi Aceh. Alquran yang akan di salurkan adalah hasil dari donasi para donatur yang diterima oleh RQV Indonesia Selama bulan Ramadhan. Rencananya, RQV Indonesia akan menyalurkan wakaf Alquran hafalan yang diterima dari donatur selama bulan Ramadhan pada akhir Mei 2021 .

‘Kami akan salurkan amanah dari donatur wakaf alquran hafalan ini sekitar tanggal 25 sampai 28 Mei tahun ini. Alquran ini akan kami salurkan kepada para penghafal Alquran RQV Indonesia yang hingga saat ini berjumlah lebih dari 5000 santri .’Kata presiden RQV Indonesia Azmi Fajri Usman.

RQV Indonesia juga melakukan pembinaan intensif kepada para penerima wakaf alquran hafalan dengan memberi pelatihan kepada guru guru mengaji agar santri dapat memahami tata cara membaca dan menghafal Alquran dengan baik dan benar. Penerima Wakaf Alquran hafalan RQV Indonesia nantinya adalah anak anak, Ibu ibu dan pemuda yang tergabung dalam komunitas Anak sahabat Quran Nusantara, Ibu sahabat Quran Nusantara, dan Pemuda Sahabat Quran Nusantara.

Hingga saat ini RQV telah menebar manfaat ke lebih dari 10.000 pecinta Alquran Indonesia dan akan terus berjuang memberantas buta huruf Alquran di Nusantara.

RQV Indonesia mengajak seluruh elemen bangsa agar turut serta dalam program kebaikan ini. Program yang bernilai amal jariyah dan dapat di jadikan sebagai investasi akhirat baik bagi diri sendiri, maupun orang tua yang masih hidup atau yang telah berpulang.

RQV Indonesia juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi para donatur yang telah membersamai perjuangan mencerdaskan umat muslim Nusantara dengan Alquran. Semoga seluruh kebaikan mendapat kebaikan berlipat dari Allah.

SEJARAH HARI JUMAT DAN PERISTIWA-NYA

SEJARAH HARI JUMAT DAN PERISTIWA-NYA

SEJARAH HARI JUMAT

Asal-usul hari jumat, banyak sekali yang belum mengetahui hal ini. Perlu kalian ketahui Hari Jumat merupakan sayyidul ayyam atau penghulunya hari dalam Islam. Di hari mulia itu, Muslim diperintahkan melaksanakan sholat Jumat dan memperbanyak bersholawat serta amalan-amalan ibadah lainnya.

Menurut sebagian riwayat, kata Jumat diambil dari kata jama’a yang artinya berkumpul. Yaitu hari perjumpaan atau hari bertemunya Nabi Adam dan Siti Hawa di Jabal Rahmah. Kata Jumat juga bisa diartikan sebagai waktu berkumpulnya umat muslim untuk melaksanakan kebaikan shalat Jumat.

Nah, teman-teman tau gak? Kalau di hari jumat banyak sekali yang ada sangkut pautnya dengan kisah di zaman dulu. Kira-kira apa ya?

Pada mulanya masyarakat Arab menyebut hari Sabtu dengan nama Syiyar, Ahad dengan Awwal, Senin (Ahwan), Selasa (Jubar), Rabu (Dubar), Kamis (Mu’nis), dan Arubah untuk menyebut Jumat.

Dari serangkaian nama hari itu, Arubah seakan-akan menjadi puncaknya. Masyarakat pra-Islam menempatkan hari itu sebagai hari untuk saling menunjukkan keunggulan dan berbangga-bangga.

Ketika tiba di hari Arubah, para penyair dan penyihir menjadikannya sebagai waktu untuk menampilkan karya terbarunya, juga ilmu sihir yang dianggap paling mematikan yang baru saja dipelajarinya.

Begitu juga bagi kalangan elite Arab dan para saudagar, Arubah adalah hari yang ditunggu untuk bisa saling ria dan memamerkan jumlah harta kekayaan yang dimiliki.

Hingga kemudian Islam datang dan mengubah kebiasaan buruk itu dengan menjadikannya sebagai hari untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt, hari saling kunjung dan bersilaturahmi, juga dimanfaatkan sebagai momentum persatuan masyarakat melalui pelaksanaan salat Jumat.

Nah! Sekarang sudah tau, kan sejarahnya hari jum’at? Eh … selain itu ada beberapa peristiwa besar yang pernah terjadi di hari jum’at, loh! teman-teman pada tau gak? Apa aja peristiwa itu? Ada 5 peristiwa yang pernah terjadi pada hari jum’at, simak penjelasan di bawah ini.

1. Manusia pertama diciptakan

Allah Swt menciptakan Nabi Adam As pada hari Jumat. Manusia pertama itu diciptakan dari tanah, tanpa ayah dan juga ibu. Setelah menjadi bentuk yang sempurna, Allah Swt meniupkan ruh ke jasad tersebut. Wah, ternyata nabi adam lahir pada hari jum’at teman-teman, kira-kira tanggal berapa ya? Ada yang tau? Kalua ada coba kalian komen di kolom komentar di bawah ya.

2. Adam As diturunkan ke bumi

Setelah Nabi Adam As diciptakan, Allah Swt menempatkannya di surga. Ia memperkenankan Adam memakan apapun yang tersedia di surga, kecuali satu pohon.

Iblis pun datang dan melakukan tipu daya kepada Adam. Ia membujuk dan berhasil membuat Nabi Adam mendekati sekaligus memakan buah dari pohon yang dilarang Allah tersebut. Sebagai konsekuensinya, Nabi Adam pun diturunkan dari surga, dan peristiwa itu terjadi di hari Jumat. Ternyata, nabi adam di turunkan kebumi juga hari jum’at teman-teman, kira-kira pada jam berapa nabi adam di turunkan kebumi? Ada yang tau? Kalua ada, komen di bawah ya.

3. Nabi Adam diampuni

Nabi Adam As bertaubat atas kelengahannya mengikuti bisikan Iblis. Ia pun memohon ampunan kepada Allah Swt dan Allah menerima taubatnya pada hari Jumat.

Allah Swt berfirman, “Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, maka Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Baqarah:37)

Ibnu Qutaibah dalam Tafsir Gharib Al-Qur’an menyatakan, Allah Swt mengajarkan kalimat-kalimat taubat kepada Nabi Adam. Maka, Nabi Adam pun melaksanakannya dan Allah mengampuninya.

Oke, masih ada peristiwa lainnya, nih.

4. Wafatnya khalifah pertama di bumi

Dalam hadis riwayat Imam Ahmad dan Tirmidzi disebutkan, Nabi Adam dikaruniai umur seribu tahun. Kemudian pada hari Jumat, malaikat maut datang mencabut nyawanya. Pada hari itu sang khalifah pertama di muka bumi ini pun meninggal dunia.

5. Hari kiamat

Kiamat pasti akan terjadi, namun tak ada satu pun manusia pun yang mengetahui kapan ia akan datang. Meski demikian, Nabi Muhammad Saw telah mengabarkan bahwa kiamat akan terjadi di hari Jumat.

Lima peristiwa penting sebagaimana ini tercantum dalam sabda Rasulullah Saw;

“Jumat adalah sebaik-baik dan seagung-agung hari. Ia (Jumat) lebih utama di sisi Allah dari Iduladlha dan Idulfitri. Pada hari itu ada lima perkara (besar); pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu pula ia diturunkan ke bumi, pada hari itu ia diwafatkan, dan pada hari itu kiamat tiba. Dan pada hari itu, tidaklah malaikat, langit, bumi, angin, gunung dan laut kecuali takut karena keagungan hari Jumat.” (HR. Ibnu Majah)

Dalam hadis lainnya, Rasulullah Saw pernah bersabda:

“Sebaik-baik hari selama matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Nabi Adam diciptakan, pada hari itu pula beliau diturunkan (dari surga). Pada hari itu beliau diterima taubatnya, pada hari itu pula beliau wafat, dan pada hari itu pula kiamat akan terjadi. Semua hewan di muka bumi berada di pagi hari Jumat dalam keadaan mengoptimalkan pendengarannya hingga terbitnya matahari, karena takut akan datangnya hari kiamat kecuali manusia. Pada hari Jumat ada suatu waktu yang tidaklah seorang mukmin pun yang berdoa ketika salat, meminta sesuatu kepada Allah bertepatan waktu itu, kecuali Allah akan mengabulkannya.” (HR Nasai dan Abu Daud).

Nah, itulah beberapa sejarah hari jum’at dan beberapa peristiwa yang pernah terjadi di hari jumat. Kalua teman-teman punya saran dari beberapa peristiwa diatas komen langsung ya.

SEJARAH PERANG UHUD DI BULAN SYAWAL

SEJARAH PERANG UHUD DI BULAN SYAWAL

SEJARAH PERANG UHUD DI BULAN SYAWAL

Assalamualaikum sahabat violet! Kali ini kita akan membahas tentang keajaiban yang terjadi di bulan Syawal. Keajaiban tidak bisa di tebak oleh siapapun kecuali Allah SWT, salah satu keajaiban yang luar biasa terjadi di zaman Rasulullah SAW. Pada hari itu sedang terjadi perang uhud di pertengahan bulan syawal Perang ini terjadi di dekat bukit Uhud, di sebelah utara Madinah. Jumlah kaum kafir Quraisy hampir lima kali lipat dari jumlah kaum muslimin. ebelum perang Uhud terjadi, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengirim dua orang mata-mata yaitu Al ‘Abbas ibn’ Abdul Muthallib dan Al Hubbaab ibn Mundzir radhiyallahu ‘anhuma. Keduanya dikirim untuk mengorek berita, memastikan kabar dan memperbarui informasi mengenai persiapan perang kaum kafir Quraisy. Dari hasil investigasi didapati informasi bahwa jumlah pasukan kafir Quraisy sekitar 3000, lebih sedikit atau kurang sedikit, ada 200 kuda untuk pasukan kavaleri dan perisai-perisai yang dipersiapkan sebanyak 700 perisai.

Kaum kafir yang masih hidup berniat membalas dendam atas kekalahan mereka di Perang Badar. Mereka membentuk pasukan besar dengan dukungan dana dari kabilah Abu Sufyan dan suku-suku di sekitar Makkah yang terikat perjanjian dengan kaum Quraisy.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang mendengar berita penyerangan kaum Quraisy pun berunding dengan para sahabat. Apakah mereka akan menunggu di Madinah atau menghadang musuh di luar kota Madinah. Sebagian besar sahabat yang tidak ikut dalam Perang Badar menginginkan untuk menjemput musuh di luar kota Madinah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun menyusun strategi perang dengan menempatkan pasukan pemanah di bukit Uhud. Hal tersebut berhasil membuat pasukan musuh terdesak. Pasukan kaum Quraisy di sayap kanan dipimpin Khalid bin Walid dan pasukan di sayap kiri dipimpin Ikrimah bin Abu Jahal sebelum keduanya masuk islam. Pasukan Khalid berusaha bertahan sedangkan pasukan Ikrimah berlarian mundur. Pada awalnya, kaum muslimin berhasil menaklukkan kaum Quraisy.

Akan tetapi, keadaan berbalik akibat pasukan pemanah yang tidak patuh. Mereka meninggalkan bukit karena tergiur untuk mengambil harta rampasan perang. Khalid bin Walid yang melihat peluang kembali menyerang dari balik bukit. Pasukan muslim kewalahan. Rasulullah bahkan diberitakan telah meninggal dunia.

Saat itu,  pasukan ummat islam tercerai berai. Rasulullah terdesak di sebuah bukit bersama 12 orang sahabat Anshor dan Thalhah bin Ubaidillah. Pasukan kafir Quraisy yang mengetahui posisi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam saat itu lantas memusatkan serangan ke posisi tersebut.

Ketika dalam kondisi yang semakin terdesak, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun berteriak lantang bahwa siapa yang berani melawan mereka akan menjadi tetangga Rasulullah di surga. Thalhah bin Ubaidillah yang hendak maju selalu dicegah oleh Rasulullah. Setelah 12 orang Ansor wafat, Thalhah pun maju dan menjadi perisai Rasulullah. Akibatnya, ia mendapat lebih dari 70 tusukan tombak, sobekan pedang dan tancapan panah serta jari-jari tangannya putus hingga ia disebut sebagai syahid yang berjalan. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Barang siapa ingin melihat seorang Syahid yang berjalan di Muka Bumi setelah kesyahidannya,  maka lihatlah Thalhah Bin Ubaidillah”.

Komando Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang tak diindahkan menghasilkan kekalahan telak dalam Perang Uhud. Bulan Syawal pada tahun ketiga hijrah meninggalkan jejak yang menyakitkan bagi kaum muslimin. Akibat perang Uhud, beberapa gigi Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam rontok dan sebuah logam dari baju besinya menembus pipi beliau.

Selain itu, banyak kaum muslimin yang syahid. Salah satunya adalah paman kecintaan Rasulullah, Hamzah bin Abdul Mutholib. Singa Allah dan Rasul-Nya itu syahid akibat tombak yang dilemparkan seorang budak bernama Wahsyi. Wahsyi mendapat iming-iming dimerdekakan jika berhasil membunuh Hamzah. Setelah masuk islam, Wahsyi dimaafkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tapi beliau tidak mau melihat wajah Wahsyi.

Belajar dari kekalahan di perang Uhud, kaum muslimin menyadari kesalahannya karena tidak patuh pada perintah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

 

Masya Allah, sungguh keajaiban yang luar biasa tidak terduga dan nyata. Namun, kejaiban itu seakan pudar Ketika pasukan kafir bisa membalikan keadaan, dan akhirnya mengalahkan pasukan muslim. Semoga kita termasuk ke dalam orang yang patuh terhadap perintah Allah dan Rasulnya. Aamiin

SUNNAH -SUNNAH DI HARI JUMAT

SUNNAH -SUNNAH DI HARI JUMAT

SUNNAH-SUNNAH DI HARI JUMAT

Hai para pemuda Indonesia yang selalu dalam lindungan Allah SWT. Sekarangkan hari jum’at, jadi kalian tahu gak? Kalua hari jum’at punya sunnah-sunnah yang sangat istimewa loh! Mau tau apa aja sunnah-sunnahnya? Simak beberapa penjelasan di bawah ini ya.

 

  1. Membaca surah al-kahfi

 

Membaca Surat Al-Kahfi merupakan salah satu amalan sunnah di hari Jumat yang sangat luar biasa.

“Barangsiapa yang membaca surah Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dia dan Kabah.” (HR. Ad-Darimi)

Dalam riwayat lain juga dikatakan, bahwa pahala membacasurah al-kahfi akan disinari oleh cahaya (mendapatkan kebaikan) di antara dua Jum’at. Wah! Siapa nih, yang setiap hari jumat baca surah al-kahfi? Komen di bawah ya.

 

  1. Membaca surah as-sajadah dan surah al-insan

 

Rasulullah SAW biasa membaca surat tertentu pada hari Jum’at. Di antaranya adalah adalah surat A-Sajadah dan surat Al-Insan. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca pada sholat Subuh pada hari Jum’at “Alam Tanzil …” (surat As-Sajdah) pada raka’at pertama dan “Hal ataa ‘alal insaani hiinum minad dahri lam yakun syai-am madzkuro” (surat Al-Insan) pada raka’at kedua” (HR.Muslim nomor 880). Ternyata gak Cuma surah al-kahfi, kedua surah tersebut juga sunnah dibaca di hari jum’at.

 

 

  1. Memperbanyak Dzikir dan Doa

 

Dzikir adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengingat Allah, dan kita diperintahkan untuk banyak-banyak mengingat Allah dengan berdzikir kepada-Nya di hari Jum’at.

“Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian diseru untuk sholat pada hari Jum’at, maka bersegeralah mengingat Allah SWT”. (QS.Al-Jumu’ah: 9).

Seperti dalam hadits dari Abu Hurairah radiyallahu anhu, Nabi Muhammad SAW juga menyebut hari Jum’at kemudian berkata, “Di hari Jum’at terdapat satu waktu yang jika seorang muslim melakukan sholat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah SWT niscaya permintaannya akan dikabulkan”.

Lalu beliau memberikan isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikit waktu itu. (HR.Bukhari dan Muslim).

Sedikit waktu yang dimaksud dalam hadits tersebut adalah detik terakhir di hari Jum’at, yaitu menjelang Maghrib.

 

4. Bersedekah

Hari Jumat adalah hari yang paling utama di hari-hari yang lain. Di hari itulah Rasulullah meminta umatnya untuk memperbanyak amalan, termasuk sedekah.

Hal ini termaktub dari hadist riwayat Abi Syaibah, “Sedekah itu dilipat gandakan pahalanya pada hari jumat (yakni bila sedekah itu pada hari jumat, maka pahala berlipat ganda dari hari-hari lain”.

Apalagi sedekah merupakan amalan yang sering disebut-sebut di dalam Al Quran dan Hadist. Alloh akan melipatgandakan pahala bagi mereka yang bersedekah

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak“. (QS. Al-Hadid: 18).

Nah, apalagi jika bersedekah di hari jumat, tentu saja pahala yang diberikan oleh Alloh SWT akan dilipatgandakan berkali-kali.

Dalam kitabnya Zadul Ma’ad Ibnul Qoyim menganjurkan setiap muslim untuk memberikan sedekah sebelum sholat jumat dan memberikannya tanpa diketahui orang lain.

“Saya pernah melihat Ibnu Taimiyah apabila beliau berangkat jumatan, beliau membawa apa yang ada di rumah, baik roti atau yang lainnya, dan beliau sedekahkan kepada orang di jalan dengan diam-diam,”katanya.

Selain dilipatgandakannya pahala yang berkali-kali lipat sedekah dapat memadamkan panas kuburannya dan di hari kiamat akan bernaung di bawah naungan sedekah.

“Sesungguhnya sedekah itu dapat memadamkan panas kuburan dari penghuninya. Dan sesungguhnya orang mukmin pada hari Kiamat kelak akan bernaung di bawah naungan sedekahnya.” (HR Ath-Thabrani dan al-Baihaqi).

Keutamaan lainnya, sedekah dapat memperpanjang umur kita. Ketika di hari biasa bersedekah, bagaimana jika di hari jumat. Tentu saja keutamaanya juga berlipat ganda.

“Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri“. (HR. Thabrani).

Begitu banyak keutamaan sedekah di hari jumat, untuk itu Ukhuwah Care Indonesia mengajak masyarakat muslim untuk bersedekah. Tunggu apa lagi, mari kita perbanyak sedekah di hari jumat.

  1. Mandi dan Membersihkan Diri di Hari Jumat

 

Meskipun setiap hari kita dianjurkan untuk mandi, namun di hari Jumat ada sunnah untuk mandi sebelum Jumat. Seperti dalam hadits dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at maka ia mandi seperti mandi janabah.“ (HR.Bukhari dan Muslim).

 

Nah, itulah beberapa sunnah di hari jumat. teman-teman mau nambahin sunnah lainnya? Coba komen di bawah, apa aja sunnah yang lainnya di hari jumat.

SEJARAH PALESTINA MENDUKUNG KEMERDEKAAN INDONESIA

SEJARAH PALESTINA MENDUKUNG KEMERDEKAAN INDONESIA

SEJARAH PALESTINA MENDUKUNG KEMERDEKAAN INDONESIA

Assalamualaikum sahabat violet! Akhir-akhir ini sedang banyak sekali video Palestina yang sedang dilanda musibah dan kesedihan yang sangat mendalam. Semua itu di akibatkan oleh Israel la’natullah. Mulai dari orang tua hingga anak kecil menjadi korban kekerasan mereka, rumah-rumah mereka hancur akibat bom dan rudal mereka. Sebelum itu, apakah kalian tahu sejarah bagaimana Israel bisa masuk ke Palestina? Sejarah konflik Palestina dan Israel bisa dibilang terjadi sejak Inggris mendirikan ‘rumah nasional’ bagi minoritas Yahudi di Palestina. Saat itu, Inggris diketahui mengambil alih wilayah Palestina dari kekuasaan Kesultanan Utsmaniyyah yang kalah dalam Perang Dunia I.

Bagi warga minoritas Yahudi, wilayah itu adalah tanah air leluhur mereka. Warga Arab Palestina yang merupakan mayoritas juga mengklaim hal yang sama.

Warga Yahudi terus menerus bertambah ke wilayah Palestina antara tahun 1920-1940an. Sementara itu, kekerasan antara Yahudi dan Arab juga meningkat hingga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) membagi wilayah Palestina menjadi dua, untuk bangsa Yahudi dan Arab Palestina pada 1947.

Keputusan PBB disambut oleh para pemimpin Yahudi, namun ditolak oleh bangsa Arab. Pembagian pun tidak pernah diterapkan hingga kini

 

Sejarah Palestina dan Israel yang berkonflik kemudian menjadi perang, dimulai dengan diserangnya pangkalan udara Mesir oleh Israel hingga pasukan darat Israel memasuki Semenanjung Sinai. Israel mengambilalih Jalur Gaza, Semenanjung Sinai, Tepi Barat, Dataran Tinggi Golan serta Yerusalem Timur yang didominasi bangsa Arab.

Ratusan ribu orang Palestina tidak diizinkan kembali ke rumah mereka dengan alasan akan membebani dan mengancam keberadaan negara Israel sebagai negara bangsa Yahudi.

Seluruh Yerusalem diakui Israel sebagai Ibu Kota negaranya. Sementara Palestina menyatakan Yerusalem Timur menjadi Ibu Kota masa depannya.

Perundingan damai antara kedua belah pihak kerap tertahan lantaran Palestina menolak pemukiman Yahudi di tepi Barat. Selama 50 tahun terakhir, ada lebih dari 600.000 warga Yahudi yang membangun pemukiman di sepanjang wilayah-wilayah tersebut.

Titik temu perundingan terus tertahan lantaran belum ditemui keputusan apakah pemukiman Yahudi akan dibiarkan atau dibongkar. Selain itu permasalahan Yerusalem apakah akan dibagi wilayahnya juga menjadi hal pelik yang terus mewarnai konflik kedua negara.

Yang terbaru permasalahan sengketa tanah di Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur menjadi pemicu bentrokan dan serangan udara yang menambah panjang sejarah Palestina dan Israel yang berkonflik hingga kini.

 

 

Nah, itulah mengapa sampai saat ini Israel masih menjajah palestina, tapi apakah kalian tahu? palestina adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia jauh hari sebelum Indonesia merdeka. pengakuan kemerdekaan bangsa Indonesia ini tak lepas dari andil bangsa Palestina. Kaum muda harus ingat perjuangan yang dilakukan warga Palestina untuk membantu kemerdekaan Republik Indonesia. Bagaimana sejarah palestina mengakui kemerdekaan Indonesia? Salah satunya adalah perjuangan mufti Palestina Muhammad Amin Al Husaini. Ia tidak hanya mengakui kemerdekaan Indonesia pertama kali, namun ia juga safari ke berbagai negara Timur Tengah untuk mengakui kemerdekaan Indonesia.

“Beliau adalah mufti besar, dengan semangatnya bepergian ke negara-negara timur tengah lainnya untuk mengakui kemerdekaan Indonesia sangat luar biasa,” tegas Husein dalam webinar bertema “Mengenal Lebih Dekat Masjid Al-Aqsha”.

Selain Syeikh Amin Al Husaini, langkah serupa juga dilakukan Muhammad Taher Ali, saudagar kaya Palestina dan juga seorang jurnalis. Taher Ali mengambil seluruh kekayaannya yang di simpan di bank dan disedekahkan untuk perjuangan rakyat Indonesia saat itu.

 

Husein mengatakan, jika masih ada Bangsa Indonesia berkata “tidak perlu jauh-jauh bantu Palestina, di Indonesia saja masih banyak yang susah”, maka menurut Husein orang tersebut tidak memahami sejarah perjuangan dan urgensi kisah itu. “Sebagai rakyat Indonesia, kita harusnya malu dengan ucapan tersebut,” ucap Husein.

Nah, itulah sejarah palestina mendukung kemerdekaan Indonesia, kita harus tahu bahwa palestina juga berjasa di dalam kemerdekaan Indonesia. Saatnya kita balas kebaikan mereka entah dengan cara apapun itu asalkan sesuai dengan tuntunan islam

 

Kita bisa bantu plaestina dengan cara berdonasi melalui:

kitabisa.com/campaign/anakasuhpalestina

TIPS MENGHAFAL AL-QUR’AN

TIPS MENGHAFAL AL-QUR’AN

Salah satu ibadah yang tak kalah pentingnya selain shalat adalh membaca dan menghafal al-quran. Jika kita tidak bisa membaca bahkan tidak menghafal al-quran, maka shalat tidak akan sah hukumnya. AL-Quran adalah kitab umat islam yang diturunkan kepada Rasulullah SAW melalui perantara malaikat Jibril. Al-Quran diturunkan secara berangsur-angsur dan tepat pada tanggal 17 Ramadhan wahyu pertama turun kepada Rasulullah yang sedang berada di gua hira.

 

Ketika itu Rasulullah tidak bisa membaca, tapi Jibril terus memaksa Rasulullah untuk membaca sampai ketiga kalinya, Jibril memeluk Rasulullah dengan sangat keras sehingga beliau sesak untuk bernafas. Rasulullah saja di perintahkan untuk membaca al-quran, bagaimana dengan kita yang hanya manusia biasa? Sangat wajib bagi umat islam untuk bisa membaca bahkan menghafal Al-Quran.

 

Disini kami akan memberikan beberapa tips untuk menghafal Al-Quran dengan mudah dan menyenangkan. Sebelum kalian menghafal Al-quran ada beberapa yang harus dilakukan terlebih dahulu, seperti niat menghafal karena Allah, berwudhu adalah salah satu adab kepada Al-Quran, khusyuk, harus fokus dalam menghafal.

 

TIPS-TIPS MENGHAFAL AL-QURAN

  1. Niat Ikhlas Hanya karena Allah

Niat merupakan salah satu syarat dalam cara cepat menghafal Alquran 30 juz. Apabila niatnya salah, seperti riya atau pamer, ujub atau bangga pada diri sendiri, atau menghafal karena ingin disebut sebagai Al-Hafidz maka itu sangatlah fatal.

Memiliki niat yang lurus dan hati ikhlas karena Allah SWT maka rasa lelah, malas, dan perasaan sulit tidak akan menjadi penghalang dalam menghafal Alquran.

 

  1. Selalu Yakin

Tanamkan pada diri kamu bahwa menghafal Alquran itu sangat mudah. Dengan begitu kamu akan merasa mudah melakukannya.

Namun, apabila kamu menanamkan pikirna bahwa menghafal Alquran sangat sulit, maka akan berdampak sulit. Jadi, motivasi diri sendiri agar tumbuh keyakinan bahwa cara cepat menghafal Alquran 30 juz itu mudah.

 

  1. Akrabkan Diri dengan Alquran

Akrab dengan Alquran merupakan salah satu cara cepat menghafal Alquran 30 juz dengan mudah yang paling ampuh. Dalam prosesnya, jangan memikirkan metode menghafal Alquran yang ribet terlebih dahulu.

Namun, pikirkanlah bagaimana caranya kamu memulai hari untuk bisa membaca 5 juz per hari atau menghafal 1 ayat per harinya.

 

  1. Pahami Metode Menghafal Alquran yang Tepat

Cara cepat menghafal Alquran 30 juz selanjutnya dengan memahami metodenya. Ada dua metode menghafal Alquran dengan mudah dan cepat untuk pemula.

Pertama, cobalah menghafalnya per halaman. Kamu membaca satu halaman yang akan dihafal sebanyak tiga sampai sepuluh kali secara tartil. Apabila sudah lancar, hafalkan halaman tersebut.

Setelah hafal satu halaman, kamu bisa melanjutkan ke halaman berikutnya. Metode ini lebih direkomendasikan menggunakan mushaf standar madinah.

Kedua, menghafalkannya per ayat. Hal ini dikerjakan dengan mambaca satu ayat yang akan kamu hafal, tiga sampai sepuluh kali secara tartil. Apabila sudah lancar, hafalkanlah ayat tersebut.

Setelah hafal ayat pertama, pindahlah ke ayat berikutnya dengan cara yang sama. Begitu seterusnya sampai satu halaman. Pastikan sebelum pindah ke halaman berikutnya, kamu mengulangi halaman-halaman sebeumnya agar lebih kuat hafalannya.

 

  1. Baca Berulang-ulang atau Murojaah

Semakin sering mengulangi satu ayat, akan lebih mudah ayat tersebut melekat di dalam ingatan. Jadi, jangan sampai karena sudah merasa hafal beberapa halaman, kamu tinggal hafalan tersebut tanpa mengulanginya dalam waktu yang lama.

Hal ini akan menyebabkan hilangnya hafalan tersebut.

 

Itulah beberapa tips untuk menghafal Al-Qur’an, sangat mudah bukan? Tetap semangat bagi kalian yang sekarang sedang berjuang untuk menghafal kalam Allah! Semoga bermanfaat dan bisa menjadi pahala jariyah untuk kita semua.

 

Mau gabung di RQV INDONESIA? Yok follow instagram @rqvindonesia dan Facebook @rqvindonesia

KEUTAMAAN BULAN SYAWAL

KEUTAMAAN BULAN SYAWAL

Assalamualaikum sahabat violet, allhamdulillah tidak terasa sekarang sudah memasuki bulan Syawal dimana sebelum itu para umat muslim berjumpa dengan bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Tidak hanya di bulan Ramadhan saja yang banyak keutamaan-keutamaan. Namun, di bulan Syawal juga banyak sekali keutamaan-keutamaan yang Allah berikan kepada umat muslim. Sebelum kita mengetahui keutamaan di bulan Syawal, kita harus tahu terlebih dahulu asal mula bulan Syawal. Apakah kalian tahu, asal mula bulan Syawal?

Syawal adalah bulan ke-10 dalam penanggalan Hijriah. Sebagaimana bulan-bulan sebelumnya, penamaan bulan ini juga tak lepas dari cerita dan sejarah.

Muhammad bin Allan Al-Shiddiqi dalam Dalil Al-Falihin menjelaskan, nama Syawal diambil dari kalimat Sya-lat al-ibil, seekor unta yang mengangkat ekornya.

Sementara menurut Ibnu Manzur dalam Lisanul Arab-nya menegaskan, Syawal berasal dari perkataan Syalat an-naqah bi dzanabiha, dengan makna senada, yakni unta betina yang menegakkan ekornya.

Lebih lanjut Ibnu Manzur menerangkan, para ahli bahasa terdahulu menyandarkan riwayat penamaan itu pada peristiwa yang biasa terjadi di bulan ini. Fenomena itu dikenal dengan istilah Tasywil laban al-ibil, alias kondisi susu unta yang sedikit.

Alhasil, Syawal diambil dari kata Syawwala yang bermakna “menjadi lebih sedikit dari sebelumnya.”

 

Setelah kita mencari tahu asal mula bulan Syawal, kita akan mencari tahu, apa saja keutamaan-keutamaan di bulan Syawal. Syawal berasal dari kata syala yang berarti naik atau meninggi. Pada bulan Syawal ini, kedudukan dan derajat kaum Muslimin meninggi di sisi Allah SWT karena telah melewati bulan ujian dan ibadah selama Ramadan. Syawal memiliki banyak keutamaan-keutamaan yang tersimpan. Keutamaan bulan Syawal antara lain:

 

  1. Bulan Kembali ke Fitrah

Syawal adalah bulan kembalinya umat muslim kepada fitrahnya, diampuni semua dosanya setelah melakukan ibadah Ramadhan sebulan penuh.

Pada tanggal 1 Syawal, umat muslim kembali makan pagi dan diharamkan untuk berpuasa pada tanggal tersebut.

Datangnya bulan Syawal membawa kemenangan bagi umat muslim yang berjaya menjalani ibadah puasa sepanjang Ramadhan, dan menjadi lambang kemenangan dari ‘peperangan’ menentang musuh dalam jiwa yang besar, yaitu hawa nafsu. Semoga kita bisa menahan diri dari hawa nafsu. Dan musuh lainnya seperti emosi, penyakit hati, serta malas.

 

  1. Bulan Takbir

Tanggal 1 Syawal diperingati sebagai Hari Raya Idul Fitri, dan seluruh umat muslim di berbagai belahan dunia mengumandangkan takbir.

Oleh karena itu, bulan Syawal merupakan bulan dikumandangkannya takbir oleh seluruh umat Islam secara serentak, paling tidak selama satu malam begitu memasuki tanggal 1 Syawal. Semua umat muslim bergembira pada malam 1 Syawal, gema takbir terdengar dimana-mana. Dan di Indonesia seringkali mengadakan takbir keliling sambal membawa alat seadanya untuk dijadikan bedug.

 

  1. Bulan Peningkatan

Keistimewaan bulan Syawal yang paling utama adalah bulan ‘peningkatan’ kualitas dan kuantitas ibadah.

Secara harfiah, Syawal memiliki arti ‘peningkatan’, yakni peningkatan ibadah sebagai hasil pelatihan selama bulan Ramadhan.

Umat muslim diharapkan mampu meningkatkan amal kebaikannya pada bulan Syawal, bukan justru menurun atau menjauh dari Islam. Terkadang, ada orang yang rajin ibadah hanya di bulan Ramadhan, Ketika masuk di bulan Syawal, kerajinannya untuk ibadah seakan hilang. Semoga kita termasuk ke dalam golongan orang yang terus meningkatkan keistiqamahan kita.

 

Wah! Banyak sekali keutamaan di bulan Syawal, rugi sekali jika kita tidak melakukan tiga keutamaan tersebut. Apalagi, di bulan Syawal kita harus selalu meningkatkan ibadah kita kepada Allah SWT. seperti shalat, sedekah, dan lain-lain. Amalan sunah selanjutnya yang bisa dilakukan di bulan Syawal adalah bersedekah. Selain mendapatkan pahala yang berlimpah, sedekah juga ternyata memiliki manfaat lain untuk diri kita.

Diketahui, sedekah mampu meningkatkan rasa empati seseorang, menghindarkan dari sifat kikir, melancarkan rezeki, melatih pikiran positif, dan meningkatkan rasa syukur.

Tak hanya bermanfaat untukmu, namun uang yang disedekahkan juga akan sangat bermanfaat bagi penerimanya. Apalagi saat adanya pandemi Covid-19 seperti saat ini, pasti sedang banyak orang yang kesulitan dan kehilangan pekerjaanya. Terlebih lagi, uang sedekah di berikan kepada anak yatim yang sekarang berjuang untuk menghafal Al-Quran, insyaallah Allah akan melipat gandakan harta orang yang bersedekah.

 

Yukkk bersedekah, dapatkan pahala jariyah yang terus mengalir hingga akhir hayat nanti.

Salurkan donasi terbaik anda melalui.

 

💳 Bank Mandiri 123.000.683.3992

💳 BNI Syariah 077.258.1246

💳 BRI Syariah 104.228.1898

💳 Muamalat 309.001.2610

a.n Yayasan Wakaf Rumah Qur’an Violet:

☎️ 0811991240

BANGUN RUMAH QURAN DI TEPI LAUT, RQV INDONESIA MENGIRIMKAN SRIKANDI KE ACEH JAYA

BANGUN RUMAH QURAN DI TEPI LAUT, RQV INDONESIA MENGIRIMKAN SRIKANDI KE ACEH JAYA

 

Jum’at, 26 Maret 2021. Jaulah Qur’an adalah moment yang sangat dinanti oleh semua peserta di RQV Character Academy. Dimana pada saat Jaulah Qur’an ini kita bukan hanya belajar mengajar, tapi akan mengasah kemandirian dan menumbuhkan kedewasaan. Tak heran, jika mendengar kabar Jaulah Qur’an semua peserta penasaran siapa yang akan berhak mendapatkan kesempatan itu.

“Risma dan Sulis mohon segera untuk packing. Karena kita akan berpindah tempat Jaulah ke Calang, Aceh Jaya. Disana kita perdana akan mendirikan rumah Qur’an.” Tutur Pelatih Wahyu.

Dadakan memang, tapi ini tidak menjadi beban lagi buat kami. Karena kami sudah terbiasa dilatih untuk siap siaga di kondisi apapun dan dimanapun. Sekitar jam 11 siang kita berangkat dari Banda Aceh menuju Calang. Memang terdengar asing di telinga ketika mendengar kata “Calang”. Apalagi diantara kami semua asalnya bukan dari Aceh.

Dengar-dengar perjalanan menuju Calang ini sangat indah pemandangannya, tengok kanan ada barisan bukit yang berjajar, tengok kiri ada laut yang luas membentang.
Jalan yang berkelok-kelok membuat kepala pusing. Belum lagi dengan jalan raya yang pas-pasan yang membuat supir harus lebih fokus dan berhati-hati. Bahkan, kambing dan monyet ikut turun ke tepi jalan. Tapi setelah dipertengahan perjalanan kita singgah di jalan gurutee yang sudah menyajikan pemandangan luar biasa. Di sanalah kita menikmati keindahan alam dan mengabadikannya dengan potretan yang diambil telepon seluler kami.

Setelah empat jam lebih perjalanan, kita tiba di tempat Bunda Ellysa, salah satu calon RQV  cabang Calang . Nama desa nya unik, bahkan ada di tagline RQV Indonesia. Desa Bahagia. Desa pelosok, yang berada di pesisir pantai dan dikelilingi oleh bukit batu. Suara jangkrik dan serangga lainnya bersahutan setiap kali hari sudah mulai berganti malam. Desa yang masih asri menyuguhkan udara segar yang tak tercampur polusi. Penuh penjagaan, sehingga markas TNI dan Polisi pun mengelilingi.

Allah memberikan kesempatan kepada kami, ditempat indah ini untuk bersama-sama mengukir cerita hidup yang penuh sejarah. Tantangan, hambatan, ujian, rintangan bermacam silih berganti. Itu bukan suatu halangan untuk kami, Jaulah Qur’an kali ini akan lebih seru dari Jaulah Qur’an sebelumnya.

Nantikan kisah kita selanjutnya yaaaaa… byeee salam bahagiaaaa..

By: Srikandi Risma
#dailyrepoetAcehJaya-season1

Need Help? Chat with us