PENYALURAN 500 WAKAF QURAN PELOSOK NEGERi-PIDIE JAYA, ACEH

PENYALURAN 500 WAKAF QURAN PELOSOK NEGERi-PIDIE JAYA, ACEH

HAI SOBAT VIOLET! RQV INDONESIA Kembali menyalurkan 500 wakaf Quran ke pelosok negeri tepatnya di Pidie Jaya, Aceh.

โ€œSemoga semakin banyak anak di usia dini yang bisa membaca dan menghafal Al-Quran, sehingga mereka mempunyai penunjuk jalan yang benar di dalam hidupnya, terima kasih RQV INDONESIA,โ€ ucap kepala cabang Pidie Jaya.

 

RQV INDONESIA tidak akan berhenti untuk menyebarkan kebaikan di Indonesia ini. Terus bergerak hingga akhir hayat. Presiden RQV INDONESIA Azmi Fajri Usman S.H pernah berkata โ€œSemakin kita mengeluarkan harta di jalan Allah, semakin Allah lipat gandakan balasannya.โ€

 

Mimpi RQV INDONESIA tidak akan pernah berubah apalagi menyerah, RQV INDONESIA akan terus melebarkan sayapnya ke seluruh penjuru negeri, untuk mewujudkan Satu juta rumah quran Nusantara.

 

Melahirkan tujuh juta penghafal quran nusantara serta membuat pemuda di Indonesia semakin mencintai Allah dan negaranya, mempunyai karakter berani, sehat, kaya, Bahagia. Mempunyai prinsip hidup ikhlas, sabar, jujur, syukur. Aamiin, ALLAHU AKBAR!

 

Bagi teman-teman yang ingin menyisihkan sedikit harta untuk para penghafal quran, yok berdonasi dengan mengirimkan donasi kalian ke nomor di bawah ini.

 

alurkan donasi terbaik anda melalui.

 

๐Ÿ’ณ Bank Mandiri 123.000.683.3992

๐Ÿ’ณ BNI Syariah 077.258.1246

๐Ÿ’ณ BRI Syariah 104.228.1898

๐Ÿ’ณ Muamalat 309.001.2610

.

a.n Yayasan Wakaf Rumah Qur’an Violet:

โ˜Ž๏ธ 0811991240

ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย  DFK

Tebar 500 Wakaf Al-Quran Pelosok Negeri-Labuhan batu, Sumatera utara.

Tebar 500 Wakaf Al-Quran Pelosok Negeri-Labuhan batu, Sumatera utara.

Tebar 500 Wakaf Al-Quran Pelosok Negeri

-Labuhan batu, Sumatera utara.

 

24 Mei 2021, tepat di salah satu daerah Sumatera Utara, LabuhanBatu telah menerima 500 Wakaf Quran dari RQV INDONESIA. Kami menyalurkan Alquran hafalan kepada masyarakat Indonesia agar kita semua mudah menghafal Alquran’ Kata Presiden RQV Indonesia Azmi Fajri Usman.

‘Alquran hafalan yang disalurkan oleh RQV di desain khusus dan menarik agar semangat masyarakat Indonesia menjadi pribadi yang mencintai Alquran semakin meningkat.’Tambahnya.

Rqv mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk ambil bagian lahirnya 8 juta Penghafal Alquran dengan berperan aktif memberi dukungan moril maupun materil.

RQV mempunyai misi besar, yaitu mewujudkan satu juta rumah quran di nusantara. Setiap harinya, RQV INDONESIA melatih para peserta untuk menjadi orang yang berani, sehat, kaya, Bahagia dan di landasi dengan ikhlas, sabar, jujur, syukur. Sehingga mulailah terbentuk karakter para peserta.

 

RQV INDONESIA juga ingin anak-anak di nusantara bisa membaca dan menghafal quran,. Bisa menjadi pemimpin masa depan yang amanah.

 

โ€œSaya pribadi sangat berterima-kasih kepada RQV INDONESIA atas wakaf quran ini. Dengan adanya Al-Quran, anak-anak di Labuhan batu bisa menghafal dengan nyaman. Semoga terus maju RQV INDONESIA dan apa yang kalian beri salah satu kenikmatan bagi kami.โ€ Ucap Ustadz Mulkan selaku kepala cabang di labuhanbatu.

 

Dukung terus pergerakan RQV INDONESIA dalam mewujudkan satu juta rumah Quran Nusantara. Dengan cara mengirimkan donasi terbaikmu ke bawah ini.

Salurkan donasi terbaik anda melalui.

 

๐Ÿ’ณ Bank Mandiri 123.000.683.3992

๐Ÿ’ณ BNI Syariah 077.258.1246

๐Ÿ’ณ BRI Syariah 104.228.1898

๐Ÿ’ณ Muamalat 309.001.2610

DFK

 

DFK

SEDEKAH JUM’AT

SEDEKAH JUM’AT

HAI SOBAT VIOLET! kalian tau, gak? Kalau Bersedekah dengan meyisihkan sebagian harta yang kita miliki untuk masjid, madrasah, pondok pesantren, anak yatim dan untuk orang-orang yang membutuhkan, banyak sekali keistimewaanya.

 

Terdapat keutamaan-keutamaan bersedekah yang Allah sampaikan dalam Al-Qurโ€™an, yang mana tidak ada kerugian atas apa yang disedekahkan, bahkan akan diberikan yang lebih.

Sedekah bisa dilakukan kapan saja dan di mana pun berada serta kepada siapapun. Namun bersedekah memiliki pahala lebih besar bila dilakukan di waktu-waktu utama, di antaranya di hari Jumat.

Sedekah bisa dilakukan kapan saja dan di mana pun berada serta kepada siapapun. Namun bersedekah memiliki pahala lebih besar bila dilakukan di waktu-waktu utama, di antaranya di hari Jumat.

Dari Jabir bin Abdillah berkata, Rasulullah bersabda saat beliau berada di atas mimbarnya, wahai manusia bertobatlah kalian kepada Tuhan kalian sebelum kalian mati. Bersegeralah kembali kepada-Nya dengan amal-amal saleh, sambunglah hubungan antara Tuhan dan kalian dengan memperbanyak dzikir dan sedekah di saat sunyi dan ramai, maka kalian diganjar, ditolong dan diberi rizki.โ€ย (HR. al-Kassi dalam kitab al-Muntakhab min Musnad Abd bin Humaid).

 

Penekanan bersedekah di hari Jumat dan waktu-waktu utama yang lain bukan berarti dianjurkan untuk menunda sedekah di waktu-waktu tersebut. Namun yang dimaksud adalah bersedekah di waktu-waktu tersebut memiliki pahala yang lebih besar dibandingkan waktu-waktu lainnya. Seseorang dianjurkan bersedekah kapan saja dan lebih utama lagi dilakukan di hari-hari spesial seperti Jumat.

Mari, dihari yang berkah ini kita isi dengan memperbanyak dzikir kepada Allah dan bersedekah. Mulai dari sekitar kita yang membutuhkan ataupun kepada masyarakat umum yang membutuhkan.

Semoga Allah senantiasa memberikan kebaikan kepada kita di dunia hingga akhirat. Aamiin

 

Yukkk sedekah! Bantu anak yatim penghafal quran agar terus bisa belajarr! Caranya

 

Salurkan donasi terbaik anda melalui.

 

๐Ÿ’ณ Bank Mandiri 123.000.683.3992

๐Ÿ’ณ BNI Syariah 077.258.1246

๐Ÿ’ณ BRI Syariah 104.228.1898

๐Ÿ’ณ Muamalat 309.001.2610

.

a.n Yayasan Wakaf Rumah Qur’an Violet:

โ˜Ž๏ธ 0811991240

 

Tebar 1000 Quran Nusantara, RQV Gandeng Pemkab Pidie Jaya

Tebar 1000 Quran Nusantara, RQV Gandeng Pemkab Pidie Jaya

Tebar 1000 Quran Nusantara, RQV Gandeng Pemkab Pidie Jaya

Pidie Jaya,Aceh – RQV Indonesia kembali salurkan 1000 Alquran hafalan untuk penghafal Alquran di Pidie Jaya,Aceh .

Kegiatan penyaluran wakaf Alquran hafalan ini di selenggarakan pada kamis 27 Mei 2021 di Oproom kantor bupati Pidie Jaya.

Rqv dan pemerintah kabupaten Pidie Jaya secara intensif menjalin kerja sama melahirkan Penghafal Alquran produktif dan berkarakter di Indonesia khususnya Aceh.

Saat ini RQV Indonesia telah menebarkan manfaat pada ribuan warga Aceh khususnya Pidie Jaya dan kerja sama ini disambut dengan baik dan penuh antusiasme pemerintah dan warga Pidie Jaya.

RQV Indonesia sejak tahun 2016 telah aktif menjadi pelopor lahirnya 8 juta penghafal alquran dan satu juta rumah alquran Nusantara dengan terus menyalurkan Alquran hafalan ke pelosok Negeri.

Kepala program wakaf Quran Nusantara Fania Vivi Hikmawati menyampaikan bahwa Alquran yang di salurkan oleh Rqv adalah amanah para donatur dan Rqv sangat berbahagia dapat menjadi jembatan kebaikan untuk para donatur yang mencintai Alquran.

Rqv Indonesia akan terus bergerak memberantas buta huruf Alquran dan menebarkan 8 juta Alquran hafalan untuk Nusantara.

‘Kami menyalurkan Alquran hafalan kepada masyarakat Indonesia agar kita semua mudah menghafal Alquran’ Kata Presiden RQV Indonesia Azmi Fajri Usman.

‘Alquran hafalan yang disalurkan oleh RQV di desain khusus dan menarik agar semangat masyarakat Indonesia menjadi pribadi yang mencintai Alquran semakin meningkat.’Tambahnya.

Rqv mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk ambil bagian lahirnya 8 juta Penghafal Alquran dengan berperan aktif memberi dukungan moril maupun materil.

‘Donasi untuk program Wakaf Qur’an Nusantara sangat bermanfaat dan berdampak untuk masyarakat di pelosok Nusantara dan menjadikan Indonesia berkah bersama Alquran. InsyaAllah.’Tutup kepala program wakaf Qur’an Nusantara Fania Vivi Hikmawati.

ARTI KEBAHAGIAAN

ARTI KEBAHAGIAAN

ARTI KEBAHAGIAN

HAI SOBAT VIOLET! Kalian tau gak? Pasti gak tau, kan? Yaudah sini aku kasih tau. Kalau hidup itu harus Bahagia loh! Emang kenapa harus Bahagia? Kan semua orang bisa sedih, jadi dia gak Bahagia dong, terus kalau gak Bahagia emang kenapa?

 

Nah, ย kebahagiaan adalah suatu keadaan pikiranย  atau perasaan kesenangan, ketentraman hidup secara lahir dan batin yang maknanya adalah untuk meningkatkan visi diri.

Sedangkan menurut ย Al-Ghazali kebahagiaan ini bisa di capai ketika manusia sudah mampu menundukkan nafsu (yang mana nafsu hewan dan setan pada dirinya) dan mengganti dengan sifat malaikat (suci). Menurutnya, orang yang memiliki bahagia tertinggi adalah manusia yang telah terbuka hijabnya terhadap Allah sehingga ia merasa dirinya terkontrol oleh Allah dimanapun kapanpun.

Kebahagiaan juga bisa mempengaruhi kehidupan kita, loh. Kenapa bisa begitu? Karena Kebahagiaanย memberikan berbagai dampak positif dalam segala aspekย kehidupanย dan akan mengarahkan padaย hidupย yang lebih baik, misalnya memberikanย kitaย kesempatan untuk menciptakan hubungan yang lebih baik, menunjukkan produktivitas yang lebih besar, memiliki umur yang lebih panjang, kesehatan yang lebih baik.

Kalian tau gak, sih? RQV INDONESIA mempunyai prinsip untuk selalu Bahagia dalam kondisi apapun. Susah, senang, mereka harus Bahagia. Karena Bahagia adalah satu jalan menuju kesuksesan kawan, jika kita gak bisa Bahagia gimana mau sukses? Maka dari itu tanamkan di dalam diri kalian karakter Bahagia, jangan tanamkan kesedihan itu akan merusak impian teman-teman semua.

Ada beberapa cara untuk selalu Bahagia, antara lain adalah:

 

  1. Tersenyumlah dalam keadaan apapun.

Jika kesedihan sedang melanda dirimu, maka tersenyumlah sebisa mungkin, jangan biarkan kesedihan mengambil alih pikiran dan bdan-mu. Tetaplah tersenyum walaupun itu menyakitkan.

 

  1. Berikan pujian pada orang lain

Menyampaikan pujian yang tulus menjadi cara mudah dan cepat untuk membuat Anda lebih bahagia, di samping juga menyenangkan hari orang yang Anda puji. Pusatkan pujian pada kualitas yang ada pada diri seseorang dan tidak terlalu fokus berdasarkan penampilan fisiknya. Pujian tersebut, misalnya:

  • โ€œAku suka senyummu yang menularkan kebahagiaan pada orang lain.โ€
  • โ€œKamu menginspirasiku untuk menjadi lebih baik.โ€

 

3. Jangan larut dalam kesendirian

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial. Walau beberapa orang mungkin mengganggap dirinya individu introvert, ada kalanya kita tetap membutuhkan satu atau dua orang untuk berbagi dan bercengkrama.Apabila memungkinkan, Anda juga bisa mencoba merawat hewan peliharaan di rumah sebagai teman agar hidup Anda lebih berwarna. Telah banyak studi yang menunjukkan efek positif dari memelihara hewan, seperti membaca Al-Qurโ€™an.

 

4. Sesekali,ย breakย dari HP dan media sosial

Mengabaikanย smartphoneย memang menjadi hal yang sulit. Tak ada salahnya jika Anda mengalokasikan waktu sebentar, misalnya di akhir pekan selama satu jam, untuk mematikan HP dan mengabaikan pesan instan. Anda bisa mengisinya dengan membaca buku, meditasi, jalan-jalan ke taman, atau sekadar berbaring.

 

5. BERSEDEKAH

Studi telah menunjukkan bahwa berbuat kebaikan juga memengaruhi kebahagiaan diri. Selain memberi pujian, bersedekah dan waktu Anda untuk memberikannya pada orang lain. Anda bisa menyumbangkan donasi ke lembaga terpercaya, memberi makan hewan di jalanan, atau menjadi sukarelawan di yayasan yang diminati.

 

Nah, itulah tips-tips agar hidup kalian selalu bahagia kawan. Semoga dapat membantu dan menjadi amal jariyah. Aamiin.

DFK.

 

KENAPA HARUS HIDUP SEHAT ?

KENAPA HARUS HIDUP SEHAT ?

Hai sobat violet! Kali ini kita akan membahas tentang hidup sehat. Kalian tau gak, sih? Kalau Kesehatan itu adalah suatu nikmat luar biasa yang Allah berikan kepada kita. Namun, nikmat ini jarang kita sadari dan jarang kita syukuri. Seseorang akan mensyukuri nikmat sehat apabila dia sakit. Maka dari itu, teman-teman harus beryukur apabila masih diberi Kesehatan oleh Allah SWT. Mengapa hidup sehat itu penting sekali bagi kehidupan? Sehat sangat penting kawan, jika sakit, maka tubuh kita tidak akan mau melakukan aktivitas, tubuh akan terasa berat dan terbebani.

Orang yang sakit tidak akan bisa melakukan pekerjaan dengan maksimal, dia akan selalu mengandalkan orang lain, bahkan hanya menyusahkan saja. Maka dari itu, syukuri nikmat sehat yang Allah berikan, jangan sampai Allah cabut nikmat sehat kita.

 

Ada beberapa cara untuk mensyukuri nikmat sehat, antara lain:

  1. Gunakan masa sehat untuk beribadah

Selagi masih sehat, gunakan waktu teman-teman untuk memperbanyak ibadah kepada Allah SWT. beribadah kepada Allah bukan hanya shalat aja loh. Dzikir, dan membaca quran juga termasuk ibadah kawan. Jadi, sebelum Allah cabut nikmat sehat di dalam tubuh kita. Gunakan waktu sebaik mungkin untuk beribadah. Jangan sia-siakan waktu hanya untuk hal yang tidak penting.

 

ย 

  1. Berdoa Kepada Allah agar Selalu Diberi Kesehatan

Perbanyak lah doa kepada Allah SWT. Karena dialah yang memberikan kita Kesehatan. Mintalah kepada Allah Kesehatan yang berlimpah, jangan sampai dia mencabut semua nikmat sehat kita.

 

  1. Bersyukur atas nikmat sehat

Bersyukur dilakukan dengan hati, lisan, dan anggota badan. Syukur hati itu meyakini bahwa Allah Taโ€™ala adalah satu-satunya Dzat yang memberi kesehatan. Syukur lisan itu mengakui kenikmatan tersebut dan melafalkannya serta memuji Allah Taโ€™ala, misalnya dengan mengucapkan alhamdulillah. Syukur dengan anggota badan itu mentaati segala perintah-Nya.

 

  1. Jauhi Segala Maksiat

Jangan di waktu sehat sering kali maksiat kita lakukan, setelah sakit memperbanyak ibad agar diberi Kesehatan Kembali. Sebelum sakit jauhilah segala macam maksiat. Gunakan masa sehat untuk hal yang lebih penting, atau gunakan untuk ibadah.

 

  1. Memanjakan diri

Memanjakan diri dalam menjaga tubuh agar tetap sehat biasanya dapat dilakukan seperti misalnya dengan melakukan perawatan herbal, kulit, dan lain sebagainya.

 

Nah, itulah beberapa cara menyukuri nikmat sehat yang telah Allah berikan kepada kita kawan. Semoga bermanfaat.

 

ย DFK.

INILAH ALASAN MENGAPA HARUS KAYA?

INILAH ALASAN MENGAPA HARUS KAYA?

MENGAPA HARUS KAYA?

HAI SOBAT VIOLET! Kalian tau, gak? Kenapa di RQV INDONESIA mempunyai prinsip hidup kaya? Karena orang yang kaya sering sekali memberi daripada meminta, tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. Mengapa demikian? Karena orang yang memberi lebih baik daripada orang yang menerima, karena pemberi berada di atas penerima, maka tangan dialah yang lebih tinggi sebagaimana yang disabdakan oleh Beliau shallallรขhu โ€˜alaihi wa sallam.

 

Siapa, sih yang gak mau jadi orang kaya? Pasti semuanya mau, kan? Sebelum itu, kalian tau, gak? Siapa orang yang kaya sebenarnya? Orang kaya yang sebenarnya itu adalah orang yang paling banyak mengeluarkan hartanya seperti bersedekah, bukan yang bekerja keras lalu menyimpan semua hartanya.

Jika ingin jadi orang kaya, maka perbanyaklah sedekah, bukan menyimpan-nya. Presiden RQV pernah berkata โ€œsemakin banyak kalian bersedekah, semakin allah tambah,โ€ wah, keren sekali, kan? Yok sekarang jadi orang kaya, dengan cara sering bersedekah.

 

Keuntungan menjadi kaya banyak sekali, loh! mau tau apa aja?

 

  1. Dengan menjadi orang kaya, kita akan lebih mudah untuk berbagi dan menolong orang lain.

Sumber gambar: unhcr.org

Dengan kaya, kita memiliki harta yang berlimpah. Harta inilah yang bisa kita gunakan untuk berbagi dengan orang lain. Meski begitu, jangan tunggu ketika hartamu banyak baru mau berbagi karena sesungguhnya Allah menguji kita untuk memberi di saat kekurangan. Memang mudah untuk memberi saat kamu sedang dalam kondisi berlebihan dan jumlah yang bisa kamu bagikan tentu bisa jauh lebih banyak.

  1. Dengan menjadi orang kaya, kita bisa lebih mandiri secara finansial. Tak perlu lagi merepotkan orangtua.

Sumber gambar: customstoday.com.pk

Saat kita menjadi orang kaya, itu artinya kita sudah bisa mencukupi kebutuhan hidup sendiri tanpa harus merepotkan orang lain. Kita tak perlu merepotkan orang lain dengan hutang piutang saat tidak memiliki uang.

 

3. Saat kita menjadi orang kaya yang sesungguhnya, kita semakin tahu apa arti menjadi rendah hati.

Sumber Gambar: wartatimur.com

Percayalah! Orang kaya sesungguhnya adalah mereka yang memiliki banyak harta namun tetap rendah hati. Orang kaya semacam ini tidak pernah sombong akan kekayaannya. Karena menurutnya kekayaannya hanya bersifat sementara di dunia ini dan tidak akan pernah bisa dibawa ketika sudah mati.

 

NAH! Itulah alasan kita harus menjadi orang kaya teman-teman. Karena tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah.

RAHASIA DI DALAM KATA โ€œBERANIโ€

RAHASIA DI DALAM KATA โ€œBERANIโ€

RAHASIA DI DALAM KATA โ€œBERANIโ€

HAI! Teman-teman diseluruh nusantara! Kali ini kita akan membahas rahasia di dalam kata โ€œBERANI.โ€

Pastinya belum pada tau, kan? Sebelum lanjut, kalian tau gak, arti dari kata berani? Berani adalah mempunyai hati yang mantap dan rasa percaya diri yang sangat tinggi dalam menghadapi hal apapun.

Rata-rata anak Indonesia belum mempunyai karakter tersebut. Mereka hanya mengandalkan orang lain, bahkan mereka memilih untuk menjadi pecundang. Teman-teman, jika kalian ingin sukses, maka tumbuhkan karakter berani di dalam diri kalian. Buang jauh-jauh rasa takut untuk mencoba, lebih baik gagal daripada takut untuk memulai.

Karena kegagalan itu jalan untuk menuju kesuksesan, kalau kalian tidak mempunyai keberanian, percayalah anda adalah seorang pecundang. Memulai keberanian tidak perlu dari hal besar, mulailah dari hal yang kecil. Contohnya berani untuk mengakui kesalahan adalah sesuatu yang sederhana. Jangan jadi pecundang, yang hanya bisa membuat kekacauan tapi tidak berani mengakui kesalahan.

Indonesia adalah negara yang mempunyai keberanian yang tinggi, MILITER Indonesia menduduki peringkat pertama di ASIA, dan menduduki peringkat ke-16 di dunia. tapi, anak di Indonesia hanya mengucapkan permintaan maaf saja tidak berani. Maka dari itulah Indonesia disebut macan asia yang tertidur. Karena anak mudanya kurang kesadaran terhadap karakter mereka.

Teman-teman, tanamkan keberanian di dalam diri sejak dini, karena keberanian akan membawamu pada kesuksesan. Jangan takut untuk mencoba, dan jangan takut untuk gagal. Tanpa kegagalan tidak ada kesuksesan. Kalian tau gak, siapa penemu lampu? Thomas alva edison, siapa sih yang gak kenal dia? Dia adalah penemu lampu, yang sampai sekarang bisa kita rasakan. Di balik kesuksesannya untuk menemukan sebuah lampu, tahukah kalian berapa kali Thomas alva edison mengalami kegagalan? Dia mengalami kegagalan sebanyak seribu kali.

Terbukti jika kegagalan itu jalan menuju kesuksesan, jadi teman-teman jangan takut untuk mencoba, jangan takut untuk gagal. Mulailah sesuatu dengan kata โ€œaku pasti bisaโ€ dan kata โ€œberani.โ€

Satu kegagalan, adalah kunci kesuksesan.

KEUTAMAAN BERQURBAN

KEUTAMAAN BERQURBAN

KEUTAMAAN BERQURBAN

ย HAI SOBAT VIOLET! Tau gak? Apa keutamaan orang yang berqurban? Wah! Tentunya banyak sekali, loh! ย Selain Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha juga termasuk perayaan besar yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Muslim. Hari Raya Idul Adha biasanya jatuh pada 10 Dzulhijjah kalender Islam. Tanggal ini pun bertepatan dengan ibadah haji yang diselenggarakan setiap satu tahun sekali. Pada tahun ini, Idul Adha akan jatuh pada akhir bulan, yaitu tepat pada 31 Juli 2020.

Dengan begitu, tidak heran jika saat ini banyak masyarakat yang sudah mulai mempersiapkan dana untuk ibadah kurban. Di sini, masyarakat dapat berkurban berupa seekor kambing atau sapi yang disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Dalam hal ini, orang yang mampu berkurban bisa menjadi amalan ibadah pengganti ibadah haji bagi yang belum mampu. Ini merupakan salah satu keutamaan berkurban yang ingin didapatkan oleh hampir setiap umat Muslim.

Bukan hanya itu, ternyata terdapat beberapa keutamaan berkurban lainnya yang perlu diketahui. Selain sebagai amalan pengganti ibadah haji yang belum mampu, berkurban juga merupakan salah satu upaya meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Di samping memperkuat keimanan, ibadah berkurban juga dijadikan sebagai aksi sosial dan kemanusiaan untuk saling berbagi kebaikan dengan yang lain.

Bagi teman-teman yang berencana untuk menggunakan sebagian rezeki untuk berpartisipasi dalam perayaan kurban tahun, tidak perlu ragu lagi. Beberapa keutamaan berkurban berikut bisa menjadi alasan pendukung untuk menyegerakan ibadah kurban jika sudah mampu.

  1. MENINGKATKAN TAQWA

Keutamaan berkurban yang pertama seperti yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Hal ini seperti yang tercantum dalam QS. Al Maidah ayat 27 yang berbunyi: โ€œSesungguhnya Allah hanya menerima (kurban) dari orang-orang yang bertaqwaโ€.

Melalui ayat tersebut, dapat dipahami bahwa berkurban merupakan salah satu ibadah yang diterima Allah dengan dari orang-orang yang bertaqwa kepadanya. Di sini juga membuktikan bahwa orang yang berniat untuk menggunakan sebagian hartanya untuk berkurban, termasuk sudah melakukan hal baik, yaitu berbagai kepada sesama. Bahkan Allah telah memerintahkan malaikat untuk memberikan kabar gembira pada setiap umat muslim untuk berkurban dan mendapatkan kebaikan dari-Nya.

 

  1. Menambah Amal Kebaikan

Selain sebagai upaya untuk meningkatkan takwa kepada Allah, salah satu keutamaan berkurban yang penting untuk diketahui dapat menambah amal kebaikan untuk bekal di kehidupan akhirat. Dalam hal ini, Allah akan memberikan pahala yang berlipat-lipat bagi setiap umat Muslim yang menggunakan sebagian hartanya untuk berkuban. Pada HR Ahmad dan Ibnu Majah dikatakan, โ€œPada setiap lembar bulunya itu kita memperoleh satu kebaikan.โ€

Bukan hanya itu, hewan-hewan yang telah disembelih saat kurban menjadi saksi di hari perhitungan amal bagi setiap hamba Allah yang melaksanakannya. Ini juga tertuang dalam HR Ibnu Majah,

โ€œTidak ada amalan yang dikerjakan anak Adam ketika hari (raya) kurban yang lebih dicintai oleh Allah Azza Wa Jalla dari mengalirkan darah. Sesungguhnya pada hari kiamat ia akan datang dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya dan bulunya. Sesungguhnya darah tersebut akan sampai kepada Allah Azza Wa Jalla sebelum jatuh ke tanah, maka perbaguslah jiwa kalian dengannya.โ€

 

  1. SEBAGAI SYIAR AGAMA

Keutamaan berkurban berikutnya juga merupakan upaya syiar agama yang dapat dilakukan oleh setiap umat Muslim. Dalam hal ini, umat Muslim yang melaksanakan kurban sudah turut serta menyebarkan pesan atau syiar agama, yaitu tentang kewajiban berkurban yang diperintahkan Allah kepada Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail. Dengan berkurban, umat Muslim juga telah menyisihkan sebagian rezeki yang diberikan Allah untuk memenuhi kewajibannya sebagai umat untuk saling berbagi kepada sesama.

Hal tersebut seperti yang tercantum dalam QS Al Hajj ayat 34 yaitu, โ€œDan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka. Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa. Karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).โ€

 

4.ย  Sebagai Aksi Sosial dan Kemanusiaan

Keutamaan berkurban yang lain juga dapat berguna sebagai aksi sosial dan kemanusiaan. Di sini, ibadah kurban yang dilakukan umat muslim setiap tahunnya, menjadi bukti bahwa agama Islam telah mengatur bagaimana menyeimbangkan perekonomian dan aspek kemanusiaan sosial. Di mana setiap manusia harus saling berbagi kepada sesama agar tercipta kehidupan sosial bermasyarakat yang harmonis.

Bukan hanya itu, melalui berkurban juga dapat menghubungkan rasa kasih sayang dan kepedulian antara fakir miskin dengan golongan orang yang mampu. Kurban menjadi salah satu cara agar setiap umat dapat merasakan kenikmatan rezeki dan berkah yang senantiasa diberikan Allah kepada setiap hambanya.

 

  1. SEBAGAI TANDA SYUKUR

Keutamaan berkurban yang terakhir dan tidak kalah penting adalah sebagai tanda mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT. Dalam hal ini, Allah pun telah memerintahkan setiap umat untuk berkurban meskipun sedang dalam tekanan dan serangan oleh kaum kafir.

Dengan begitu, secara tidak langsung seluruh masyarakat masih dapat merasakan nikmat dan berkah kebaikan dari Allah meskipun sedang dalam keadaan sulit. Untuk itu, setiap umat harus saling berbagi kebaikan sebagai tanda bersyukur kepada Allah.

 

NAH, itulah beberapa keutamaan orang yang berqurban teman-teman. Kalian emang gak mau, dapet lima keutamaan diatas? Pasti mau, dong! maka dari itu yuk kita berqurban!

 

 

KEUTAMAAN BERPUASA DI HARI SENIN-KAMIS

KEUTAMAAN BERPUASA DI HARI SENIN-KAMIS

KEUTAMAAN BERPUASA DI HARI SENIN-KAMIS

Assalamualaikum teman-teman! Selain bulan Ramadhan, ternyata berpuasa sunnah juga punya banyak keutamaan loh! Antara lain puasa yang mempunyai keutamaan adalah berpuasa senin-kamis. Emang keutamaannya apa aja, sih? Tentunya banyak sekali keutamaan berpuasa senin-kamis, yuk simak penjelasan di bawah ini.

 

  1. Hari Diangkatnya Amal

Hari Senin dan Kamis dianjurkan untuk berpuasa, karena merupakan hari dimana amal manusia selama seminggu dilaporkan kepada Allah Subhanahu Wa Taโ€™ala. Hal ini sebagaimana dijelaskan di dalam hadits riwayat Imam Tirmidzi yang bersumber dari Usamah bin Zaid ู‚ูู„ู’ุชู ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุฅูู†ูŽู‘ูƒูŽ ุชูŽุตููˆู…ู ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ู„ุงูŽ ุชูŽูƒูŽุงุฏูŽ ุชููู’ุทูุฑู ูˆูŽุชููู’ุทูุฑู ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ู„ุงูŽ ุชูŽูƒูŽุงุฏูŽ ุฃูŽู†ู’ ุชูŽุตููˆู…ูŽ ุฅูู„ุงูŽู‘ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽูŠู’ู†ู ุฅูู†ู’ ุฏูŽุฎูŽู„ุงูŽ ููู‰ ุตููŠูŽุงู…ููƒูŽ ูˆูŽุฅูู„ุงูŽู‘ ุตูู…ู’ุชูŽู‡ูู…ูŽุง. ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽู‰ูู‘ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽูŠู’ู†ู . ู‚ูู„ู’ุชู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ุงูุซู’ู†ูŽูŠู’ู†ู ูˆูŽูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ุฎูŽู…ููŠุณู. ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฐูŽุงู†ููƒูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽุงู†ู ุชูุนู’ุฑูŽุถู ูููŠู‡ูู…ูŽุง ุงู„ุฃูŽุนู’ู…ูŽุงู„ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุฑูŽุจูู‘ ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู†ูŽ ููŽุฃูุญูุจูู‘ ุฃูŽู†ู’ ูŠูุนู’ุฑูŽุถูŽ ุนูŽู…ูŽู„ูู‰ ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุตูŽุงุฆูู…ูŒ Aku berkata pada Rasul โ€“shallallahu โ€˜alaihi wa sallam-, โ€œWahai Rasulullah, engkau terlihat berpuasa sampai-sampai dikira tidak ada waktu bagimu untuk tidak puasa. Engkau juga terlihat tidak puasa, sampai-sampai dikira engkau tidak pernah puasa kecuali dua hari yang engkau bertemu dengannya dan berpuasa ketika itu.โ€ Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bertanya, โ€œApa dua hari tersebut?โ€ Usamah menjawab, โ€œSenin dan Kamis.โ€ Lalu beliau bersabda, โ€œDua hari tersebut adalah waktu dihadapkannya amalan pada Rabb semesta alam (pada Allah). Aku sangat suka ketika amalanku dihadapkan sedang aku dalam keadaan berpuasa.โ€(HR.An-Nasai)

  1. Hari Senin Kelahiran Nabi

Khusus hari Senin disunahkan untuk melakukan puasa Karena pada hari ini juga merupakan hari dimana nabi Muhammad dilahirkan. ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ู‚ูŽุชูŽุงุฏูŽุฉูŽ ุงู„ู’ุฃูŽู†ู’ุตูŽุงุฑููŠู‘ู ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุณูุฆูู„ูŽ ุนูŽู†ู’ ุตูŽูˆู’ู…ู ุงู„ูุงุซู’ู†ูŽูŠู’ู†ู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ูููŠู‡ู ูˆูู„ูุฏู’ุชู ูˆูŽูููŠู‡ู ุฃูู†ู’ุฒูู„ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู‘ูŽ Dari Abu Qatadah Al Anshari radliallahu anhu, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin, maka beliau pun menjawab: “Di hari itulah saya dilahirkan, dan pada hari itu pula, wahyu diturunkan atasku.” (HR. Muslim) [No. 1162 Syarh Shahih Muslim] Shahih.

 

  1. Dibukanya Pintu Surga

Paling dahsyat adalah pada hari Senin dan Kamis merupakan hari dimana Pintu Surga dibuka hal ini sebagaimana hadis yang diriwayatkan imam muslim yang bersumber dari Abu Hurairah ุชููู’ุชูŽุญู ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจู ุงู„ู’ุฌูŽู†ูŽู‘ุฉู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ุงูุซู’ู†ูŽูŠู’ู†ู ูˆูŽูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ุฎูŽู…ููŠุณู ููŽูŠูุบู’ููŽุฑู ู„ููƒูู„ูู‘ ุนูŽุจู’ุฏู ู„ุงูŽ ูŠูุดู’ุฑููƒู ุจูุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุดูŽูŠู’ุฆู‹ุง ุฅูู„ุงูŽู‘ ุฑูŽุฌูู„ุงู‹ ูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ุจูŽูŠู’ู†ูŽู‡ู ูˆูŽุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุฃูŽุฎููŠู‡ู ุดูŽุญู’ู†ูŽุงุกู ููŽูŠูู‚ูŽุงู„ู ุฃูŽู†ู’ุธูุฑููˆุง ู‡ูŽุฐูŽูŠู’ู†ู ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ูŠูŽุตู’ุทูŽู„ูุญูŽุง ุฃูŽู†ู’ุธูุฑููˆุง ู‡ูŽุฐูŽูŠู’ู†ู ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ูŠูŽุตู’ุทูŽู„ูุญูŽุง ุฃูŽู†ู’ุธูุฑููˆุง ู‡ูŽุฐูŽูŠู’ู†ู ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ูŠูŽุตู’ุทูŽู„ูุญูŽุง โ€œPintu surga dibuka pada hari Senin dan kamis. Setia hamba yang tidak berbuat syirik pada Allah sedikit pun akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali seseorang yang memiliki percekcokan (permusuhan) antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai.โ€ (HR. Muslim)

 

  1. Melatih kesabaran

Manfaat berpuasa dapat membantu seseorang melatih kesabaran dan meredam hawa nafsu, serta dapat meningkatkan kemauan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas ketakwaannya kepada Allah SWT.

 

  1. Melatih Disiplin

Orang yang biasa berpuasa akan selalu berdisiplin dalam segala hal, karena merasa segala tindak tanduknya diawasi Allah SWT. segala hal-hal yang nantinya dapat menimbulkan dosa dan dapat membatalkan puasanya. 6. Menjauhkan dari godaan syaitan Menjalankan ibadah puasa akan meminimalkan pengaruh-pengaruh atau godaan syaitan pada manusia untuk melakukan hal-hal yang dilarang Allah SWT.

Nah! Itulah beberapa keutamaan berpuasa senin-kamis. Teman-teman tau gak sih? Kalau Rasulullah selalu berpuasa senin-kamis, loh! Masa kita yang bukan nabi aja, gk mau berpuasa senin-kamis. Yok, kita berpuasa senin-kamis mulai sekarang! Kita haru meniru kebiasaan Rasulullah SAW.

Need Help? Chat with us