Kisah Syarifah Sang Yatim

Kisah Syarifah Sang Yatim

Perkenalkan nama saya syarifah, usia  12Th  saya berasal dari Kebumen Jawa tengah.  Status saya Yatim,waktu itu ayah meninggal disaat usia saya beranjak 5Th. Saya anak kedua dari 3 bersaudara, ayah saya meninggal karena ….

Semenjak ayah saya meninggal, perekonomian keluarga sangat rendah karena waktu itu ibu belum bisa menggantikan peran sebagai ayah, ibu masih sangat terpukul dengan kepergian ayah sempat sampai satu bulan berturut-turut ibu menangis dan masih tak menyangka.

Setelah beberapa bulan kemudian,ibu pun berpikir jika terus begini bagai mana dengan anak-anak. akhirnya ibu bersemangat untuk bangkit dan menjadi tulang punggung keluarga. Waktu itu ibu bekerja di pabrik kerupuk dan pabrik bulu mata, entah seperti apa ibu membagi waktu untuk bekerja banting tulang dikedua pabrik itu. Mungkin karena ibu melihat perekonomian sangat kritis sedangkan 3 anaknya sudah mulai tumbuh, tak kenal lelah dan tak kenal capek disitulah ibu mengambil keputusan untuk bekerja di kedua pabrik itu hanya karena demi ke-3 anaknya.

Diusia yang masih membutuhkan kasih sayang seorang ayah, saya malah di tinggal oleh sosok seorang ayah. Ketika itu Abang, saya dan adik saya waktu itu masih sangat kecil, harusnya tumbuh dengan kasih sayang tetapi kami tumbuh dengan kurangnya kasih sayang dari sok seorang ayah. Kami terkadang iri melihat anak yang seusia kami mempunyai keluarga yang itu dan lengkap. Tak heran ketika kakak saya sekarang tumbuh dengan keegoisannya. Wataknya keras dan berhati jahat, berani membantah dan berani melawan. Ketika kemauannya tidak dituruti dia bisa bersikap semaunya, dan saya yang menjadi pelampiasan amarahnya. Terkadang saya menjadi tempat pelampiasannya, Saya sering dipukuli sampai memar dibadan karena tidak menuruti apa yang di mau dia.

Sekarang saya, ada di RQV Indonesia disini saya menukan sosok seorang Ayah dan menemukan saudara saudara baru dari berbagai daerah. Kini hari hari saya pun sangat Bahagia, apa lagi sekarang di setiap harinya di temani juga dengan Al-Qur’an.

SEMARAK MERIAHKAN MILAD RQV INDONESIA

SEMARAK MERIAHKAN MILAD RQV INDONESIA

(berani menampilkan yang terbaik)

 

 

Hay sobat violet diseluruh Nusantara

Udah pada tau belum nih? Pada tanggal 19 september RQV Indonesia selalu mengadakan hari jadinya di setiap tahunnya.

Pada tahun ini RQV Indonesia kembali mengadakan miladnya yang ke-7 tahun. Acara yang di buat pada tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di hadiri juga oleh presiden RQV Indonesia, para pengurus dan wali peserta juga ikut meramaikan acara tersebut.

Acara di adakan di Caringin, Bogor. Sebelum acara di mulai para peserta, pengurus dan tamu undangan yang sudah datang bersiap-siap untuk menyambut kedatangan Presiden RQV  Indonesia, tetapi ketika sedang menunggu kedatangan Presiden tiba-tiba hujan turun. Peserta pun agak sedikit kecewa pada awalnya dan mereka bubar dari barisan, namun tidak lama kemudian hujan pun reda mereka pun kembali membuat barisan. Tak lama Presiden RQV Indonesia pun datang, ketika beliau datang hujan pun turun sangat lebat, tetapi peserta bukannya bubar untuk meneduh mereka malah bersorek menyambut Presiden RQV Indonesia, mereka sangat semangat walaupun badan mereka basah kuyup oleh tetesan air hujan.

Para tamu undangan yang hadir pun sangat gembira, tidak ada yang tidak gembira pada saat itu. Tim media yang meliput juga tidak mau kalah, mereka mencari ide agar kamera mereka tidak basah, karena mereka tidak ingin melewatkan momen berharga tersebut.

Acara diakhiri dengan pemotongan tumpeng violet dan penerbangan balon harapan oleh Presiden RQV Indonesia. Acara ini sangat berkesan sekali bagi semua orang yang hadir pada saat itu, karena ini adalah momen yang langka dan sangat berharga.

Launching Perdana Mie Ayam Pangsit Violet

Launching Perdana Mie Ayam Pangsit Violet

Hay sobat violet di seluruh Nusantara

RQV Indonesia sekarang membuka Outlet baru nih di Daerah Sentul, Bogor. Buka pada tanggal 3 September 2021. Di Sahkan pada pukul 16.00 Wib oleh Presiden RQV Indonesia langsung yaitu Ustadzd Azmi FJU. Ketika acara berlangsung banyak warga sekitar yang sangat antusias menunggu outlet tersebut dibuka, mereka ingin sekali mencicipi bagaimana rasa Mie Ayam Pangsit Violet tersebut.

Presiden RQV menyampaikan sesuatu Ketika membuka Outlet mie ayam pansit violet “ kita sekarang membuka satu disentul dipinggir jalan, suatu saat kita akan membuka Outlet Outlet didalam Mall bahkan di luar Negri sekali pun”. Ketika itu Presiden RQV sedang mengadakan siaran langsung. Para peserta yang menglihat pun menjadi sangat antusias, karena nantinya banyak peluang untuk mereka belajar untuk berbisnis bukan hanya menghafal Qur’an saja. Jadi mereka bisa mempelajari keduanya sekaligus, dengan secara perlahan.

Acara pembukaan outlite pun berjalan dengan sangat lancar. Semoga kedepannya Tim RQV Indonesia bisa membuka outlite lagi, tidak hanya satu tetapi bisa menyampai 1000 outlite mie ayam violet di kota besar bahkan bisa membuka hingga mancanegara.

 

Kegitan Tasyakuran Di Cabang RQV 022 Habibullah (Pidie Jaya)

Kegitan Tasyakuran Di Cabang RQV 022 Habibullah (Pidie Jaya)

Hay sobat violet diseluruh Nusantara.

Pada hari minggu kemarin tanggal 29 Agustus 2021 telah di adakan tanyakuran, untuk mengapresiasi anak-anak yang telah berjuang menyelesaikan hafalannnya di juz 1,27,28 dan 29. Acara ini diselenggarakan rutin setiap 3 bulan sekali dan dipandu langsung oleh Duta Qur’an yang sedang jaulah dan para relawan pengajar lainnya. Kegiatan ini mendapat dukungan langsung dari Said Ali atau biasa dipanggil Ayah selaku owner RQV 022 Habibullah dan para orang tua santri. Acara ini juga dihadari langsung oleh Bapak Kepala Desa, Tengku Muhammad Nur selaku tokoh agama dan para wali santri lainnya.

Acara-acara pembuka pun sudah di laksanakan, tiba pada acara inti yaitu pemberian apresiasi untuk anak santri terbaik dan terajin, ada momen pemberian mahkota kepada masing-masing wali santri yang anaknya telah menyelesaikan hafalannya, ketika acara berlangsung banyak tangisan yang pecah dari para wali santri yang sedang diberi mahkota oleh anaknya, bukan hanya yang diberikan mahkota tamu yang datang pun ikut berlinang air mata karena terharu melihatnya.

Setelah berlangsungnya acara tasyakuran ini, harapannya semoga dapat memotivasi para santri yang lain untuk terus meningkatkan semangatnya dalam menghafal Al-Qur’an dan dapat menjadi seorang penghafal Al-Qur’an yang dapat mengamalkan isi Al-Qur’an, sehingga lahir banyak para pecinta Al-Qur’an yang dapat menjadi generasi penerus bangsa di masa yang akan datang.

Kisah Agustini Yang Ingin Menghujudkan Impian Almarhum Sang Ayah

Kisah Agustini Yang Ingin Menghujudkan Impian Almarhum Sang Ayah

   Agustini lahir pada tanggal 15 agustus 2000, ia memiliki kembaran yang bernama Agustina. Ia pernah menempu pendidikan di pondok pesantren Ar. Raudhatul Hasanah, selama 4 Tahun ia menempuh pendidikan disana. Awal sebelum Tini menempuh pendidikan di pondok pesantren, ayahnya sempat memberi opsi bahwa salah satu antara Tina atau Tini saja yang menempuh pendidikan di pondok pesantren. Tini tidak mau kalau ia di pisahkan oleh kembarannya, ia juga ingin sekali belajar di pondok pesantren. Apalagi Tina kembarannya belajar Bahasa Arab, Bahasa Inggring dan belajar agama. Pada akhirnya orang tuanya pun setuju untuk memasuki mereka berdua. 

Suatu ketika, ketika ia sedang belajar dikelas ada seorang yang datang tiba-tiba menjemput ia dan kembarannya untuk pulang kerumah. Setibanya di rumah sudah ada tenda, sekerumun orang yang berderai airmata dan ayahnya yang terbujur kaku diatas kasur di tengah rumahnya. Ia pun berfikir kenapa ayah bisa terbujur kaku dihadapnya, padahal dua hari sebelunnya ia dapat kabar ayahnya masih baik-baik saja. Ibunya menghampirinya dan berkata “Tini pasti sakit hatikan liat ini?”. Ia pun menjawab “iya”. Sambil berderai air mata. Ibunya pun berkata lagi “sakitnya hati Tini masih sakit hati Ibu”. Ia pun sempontan berfikir ‘iya yah, Ibu yang selalu ada di samping Ayah saja bisa kuat. Ia jga sempat berfikir bagaimana menjalankan hidup di hari esok tanpa sosok seorang Ayah.  

 

Tini tak patah semangat, ia langsung bangkit dari terpurukan tersebut. Ia pun selalu ingat dengan perkataan Ayahnya. “Dua anak ayah ini harus kuliah bagaimna pun caranya!”. Maka dari itu Ia harus kuliah, karena ayahnya melihat kakak-kakak ia tidak ingin berkuliah. Sesudah ia lulus dari pondok pesantren ia langsung mencari kuliah untuk jenjang selanjutnya. Pada akirnya ia menemukan RQV Indonesia. Ia sangat gembira ketika masuk RQV Indonesia, karena ia bisa Menghafal Al-Qur’an. Ia juga pernah ditanya apa Tini seneng bisa masuk sini? “seneng banget karena Tini bisa dapet keluarga baru dan disini tidak mengfokuskan satu anak tapi semua anak dikembakan” itu jawab Tini. 

Sekarang Tini lebir bersemangat lagi karena hari-harinya lebih dekat dengan Al-Qur’an, dan selalu mendapat hal-hal baru setap harinya. 

Kisah Gadis Piatu berdarah Sunda

Kisah Gadis Piatu berdarah Sunda

Ega Mawarni seorang gadis berdarah sunda, lahir di Bogor,23 Maret 2001. Ia adalah seorang gadis yang sangat ceria, bahkan ia bisa menebarkan keceriannya pada orang lain. Ega sangat aktif ketika masih duduk bangku SMA. Ia juga bergabung di organisasi sekolah yaitu OSIS dan ia mengikuti kegiatan kepramukaan di sekolahnya. Ega juga sangat tertarik dengat Bahasa Arab bahkan ia pernah menekuni belajar Bahasa Arab. 

Ibu-nya meninggal ketika Ia berusia 14 tahun, tepat pada waktu itu ia masih duduk di bangku kelas 9 SMP. Ketika ia mempersiapkan ujian nasional dan perlombaan paskibra saat itu. Ibunya sebelum meninggal mengidap penyakit diabetes, tetapi karena keluarga heran dengan penyakit ibunya mereka berpikir kalau ibunya telah diguna-guna. Disaat ibunya di rumah sakit Ega sangat sabar merawat Ibunya seorang diri. Suatu ketika sang ibu meminta di belikan sesuatu karena lapar. Ega pun tak tegak melihat ibunya kelaparan. Ia langsung bergegas keluar di saat itu sudah hampir tengah malam Ega membranikan dirinya untuk mencari makanan untuk sang ibu. Ketika ia sedang jalan entah apa yang sedang ia pikirkan sampai-sampai ia terjantuh dan hampir tetabrak oleh mobil truk.  

Suatu ketika, di saat ia sedang kedatangan keluarganya kerumah sakit, ia duduk diluar karena ada seorang dokter sedang menangani ibunya. Sambil menunggu ia berbaring dikursi tunggu, tak lama ia mendengar tangisan, tak lama tangisan itu semakain pecah membuat Ega sangat terkejut karna disaat itulah sang ibu menghembuskan nafas terakhirnya. Kepergian Ibu-nya menyiratkan pilu yang sangat mendalam, Ia tahu bahwa ayah nya tidak akan tinggal bersama-nya. Selama 7 hari kepergian ibu-nya, deraian air mata yang tak terbendung terus mengalir di pelupuk netra. Banyak saudara-saudara dari ibu-nya sendiri mengajak untuk tinggal di rumah mereka, tapi ega enggan menerima karena ia masih tak percaya akan kepergian ibu-nya. 

Setelah di bujuk akhirnya ega mau tinggal bersama adik kandung dari ibu-nya, ia sering menyebutnya dengan sebutan (bibi). Betapa pilunya waktu itu, sering terlintas dalam benak pikirannya “Aku yang terlalu lemah,ataukah jalan yang aku lalui teramat terjal”. Luka,hampa bahkan nestapa terus mengiringi perjalanan hidupnya. Karena kita tidak pernah tahu, bagaimana susahnya membalut luka dengan sebuah tawa. Namun, yang kita tahu pasti bahwa setiap manusia pernah berada di titik terendah dalam hidup. Kini pada akhirnya ega pun terus berjuang memunguti keeping-keping percaya diri yang sempat berceceran. 

Ia terus menjalani hidup senetral dan serealistis mungkin dan ia berkeyakinan tinggi bahwasannya ALLAH Swt. Menyayanginya dan di balik semua problematika hidup yang ia hadapi pasti ada hikmah yang tidak akan bisa di nilai oleh akal pikiran. Tanpa di ragukan keyakinan yang sempat ia tanamkan pada dirinya menjadi kenyataan, banyak orang-orang baik yang datang bukan hanya sekedar menghampiri tetapi mereka berbondong-bondong ingin menganggap ega sebagai keluarganya sendiri. 

Dengan kuasa-nya Allah sering membuat cara yang begitu unik untuk merayu hambanya yang bersedih, Ia pun  bangkit dan mengubur semua keterpurukan yang pernah ia alami. Setelah lulus MA dia sempat ngajar pramuka di beberapa sekolah, karena memang dia ada skil di pramuka. Tapi karena covid sekolah nya tidak di perbolehkan untuk melakukan kegiatan, sementara itu dia ngajar di TK saudaranya, itu pun jaraknya tidak jauh dari rumah tempat ia tinggal. Setelah 1 bulan ia ngajar di TK, tiba-tiba pimpinan TK mengajaknya ngobrol. Beliau memperkenalkan dan mengajak ega untuk gabung ke RQV INDONESIA. Kebetulan memang anaknya lagi mengemban ilmu di sana, karena ada hubungan saudara jadi ia di suruh ke sana nemenin anaknya. 

 

Sekarang Ega sudah mengembat ilmu di RQV Indonesia, walau pun sebelum masuk sini banyak sekali rintangannya, seperti keluarganya banayak sekali yang tidak setuju. ia masuk RQV Indonesia. Lama-kelamaan seiring berjalannya waktu dan ikhtiar dari Ega keluarga pun bnayak yang menyetujui Ega masuk RQV Indonesia. Ega pun sekarang menemukan keluarga barunya di RQV Indonesia, kini hari-harinya lebih bahagia lagi apa lagi sekarang aktifits Ega lebih sering dengan Al-Qur’an. 

  

Kisah Qorun Yang Serakah

Kisah Qorun Yang Serakah

Qorun di kisahkan pada Al-Qur’an surah Al-Qasash ia adalah sorang hamba yang merupakaan kaum dari Nabi Musa AS. Ia adalah salah sorang hamba yang taat, Qorin tinggal dengan istri dan anak-anaknya. Qorun sangat kesulitan untuk memberi makan anak-anaknya hingga terkadang mereka tidak makan samapi tiga hari bahkan lebih.

Suatu ketika Nabi Musa AS menghampiri Qorun, Nabi Musa AS menyakan kabar dan kondisinya. Qorun menceritakaan keluh kesahnya terhadap Nabi Musa AS, seketika Nabi Musa AS merasa iba lalu di saat itu juga beliau berdo’a, meminta agar Qorun dan keluarga diangkat derajatnya dan selalu di permudah segala urusannya.

Qorun pun langsung menekuni kerajinan yang telah di ajarkan oleh Nabi Musa AS, hasil kerajina ia pun laku keras seketika Allah pun memberi rezeki yang sangat berlimpah padanya. seiring berjalannya waktu harta ia makin berlimpah, tetapi ia bukannya semakin dekat dengan Allah malah semakain jauh dan sombong. Seperti di dalam surat Al-Qasash ayat 76, ia di beriharta berlimpah oleh Allah sampai-sampai, kunci harta tersebut sangat berat  meskipun orang yang sangat kuat yang mengangkatnya.

Pada suatu ketika ada seseorang suruhan Nabi Musa AS mendatangi orang-orang kaya pada zaman itu, untuk meminta menyisihkan sebagian hartanya untuk zakat.  Qorun yang sombong menjawab, “Sesungguhnya aku diberi harta karena ilmu yang kumiliki.” Tak hanya itu, kemudian Qorun pun menunjukkan kekayaannya dengan iring-iringan pawai. Melihat Qorun, orang-orang yang menghendaki kesenangan dunia berharap bisa kaya seperti dirinya.

Melihat Qorun yang sombong, akhirnya Allah menenggelamkan Qorun beserta hartanya ke dalam bumi. Tidak ada baginya suatu golongan apa pun yang bisa menolongnya dari azab Allah.

Kisah Qorun memberi kita pelajaran bahwa harta yang banyak belum tentu mampu membawa kita kepada keberkahan apabila tidak disyukuri dan dibayarkan zakat, justru bisa membawa kita kepada azab yang sangat pedih.

Kisah Seorang Anak Yang Merantau Dari Usia 12 Tahun

Kisah Seorang Anak Yang Merantau Dari Usia 12 Tahun

Rico candy ramadhan siregar kelahiran riau, 23 September 2008. tapi ia memiliki marga Batak dari alm sang ayah. Rico sapaan hangatnya, Rico adalah anak yang sangat ceria. Ia memiliki hobi bermain bola dan membaca komik, Rico memiliki cita-cita ingin menjadi pilot yang hafal Al-Qur’an.

Rico ditinggal sang ayah dari usia 5 tahun ketika itu sang ayah sakit. Rico tidak tau sang ayah mengidap penyakit apa? Yang iya tau sang ayah hanya sakit parah. Ketika ayah Rico sakit banyak teman-teman sang ayah simpanti untuk membantu. Ibu Rico menggantikan posisi sang ayah menjadi sosok ayah dan ibu sekaligus untuk Rico.

Di usianya yang masih sangat belia ia sudah berani merantau dan jauh dari dekapan seorang Ibu. Rico sempat menjalani pendidikan pesantren 1 tahun yang lalu, tetapi ia tidak mau lagi melanjutkan pendidikannya di pondok pesantren. ia mengalami trauma berat karena Rico pernah menjadi korban bullying oleh kakak kelasnya. Rico merasakan sekali senioritas dan bullyan dari kakak kelasnya. selalu di datangi kakak kelasnya dengan beralasan ingin meminjam uang, otomotis setap harinya uang jajan Rico berkurang. Bahkan uang yang dipinjam pun tak pernah di kembalikan. Entah apa yang ada di pikiran kakak kelanya terhadap dirinya, seperti ada dendam pribadi tapi Rico tak pernah membalas perbuatan kakak kelasnya. Hal yang selalu di ingat Rico ketika di bully yaitu ketika ia tidak dapat target hafalannya. Rico ditarik oleh kakak kelasnya ke suatu gubuk dan Rico dipukul dengan tangan kosong oleh kakak kelasnya, itu hal yang selalu teringan oleh Rico.

Sekarang Rico berada di RQV Indonesia untuk menggapai cita-cita menjadi penghafal Al-Qur’an. Ia senang bisa masuk RQV Indonesia karena hari-harinya kini selalu bersama Al-Qur’an, kini ia lebih senang mendapatkan kakak yang lebih baik dan merasa semua yang di lingkungan Rico adalah keluarga.

MENJAUHI PEMBICARAAN YANG SIA-SIA

MENJAUHI PEMBICARAAN YANG SIA-SIA

Assalamualaikum sahabat violet sekalian, gimana kabarnya hari ini? Semoga bahagia dan sehat selalu yaa.

Kali ini kita pengen cari tau, apa aja sih pembicaraan yang sia sia menurut Allah, dan gimana sih cara menjauhi pembicaraan yang sia sia tersebut. Nah daripada penasaran langsung aja yukkk lets gooo…

1. Pembicaraan Yang Sia-sia Itu Apasih?

Pembicaraan yang sia-sia berarti jika kita membicarakan sesuatu dan pembicaraan tersebut tidak berguna, atau malah menimbulkan dosa. Maksudnya disini adalah ghibah.

Ghibah berarti membicarakan sesuatu tentang seseorang biasanya yang dibicarakan itu adalah hal hal yang mengandung keburukan terhadap orang yang dibicarakan.

Ghibah bisa terjadi karena adanya waktu luang yang tidak digunakan untuk hal yang bermanfaat dan mengundang pahala seperti, membaca Qur’an, solat sunnah, atau hal lain. Sehingga mengundang setan dan malah membicarakan orang lain.

2. Cara Menghindari Pembicaraan Yang Sia-sia

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dipakai untuk menghindari pembicaraan yang sia sia tadi, yaitu sebagai berikut:

a) Lakukan Kegiatan Yang Bermanfaat

Dengan kegiatan yang bermanfaat insyaallah kita akan terhindar dari perbuatan dosa, dan mendatangkan banyak pahala. Asalkan perbuatan tersebut ikhlas dijalani dan bukan untuk ria.

b) Banyak Berdzikir

Berdzikir membuat kita banyak memuji Allah SWT yang insyaallah melindungi kita dari segala godaan setan yang berusaha menjerumuskan kita.

c) Berteman Dengan Orang Positif

Positif disini dimaksudkan sebagai orang sholeh, atau yang bisa mengingatkan kita dalam kebaikan, karena pengaruh ruang lingkup pergaulan kita juga menentukan bagaimana sikap kita di keluarga dan masyarakat luas.

Pepatah mengatakan, “bila kita berteman dengan penjual minyak wangi, kita akan terciprat minyak wangi walaupun sedikit” maksudnya adalah bahwa teman sepergaulan kita dapat mempengaruhi sikap kita dalam kehidupan sehari-hari. Jadi guys, pandai-pandailah dalam memilih teman.

Jadi sahabat muda violet, itu tadi pembahasan tentang pembicaraan yang menjadi sia sia dan malah mendatangkan dosa, nahh semoga kita semua dapat menerapkan semua tips tadi dalam kehidupan sehari-hari kita yaaa aamiin.

Nah sekian semoga artikel hari ini bermanfaat dan bisa memotivasi kita semua, aamiin. Sampai jumpa di tulisan selanjutnyaa, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

MERIAHNYA KEMERDEKAAN SAAT JAULAH QUR’AN

MERIAHNYA KEMERDEKAAN SAAT JAULAH QUR’AN

Assalamualaikum sahabat violet semuanyaaa, gimana hari ini? Pastinya semangat yaaa. Kan kemarin kita udah kepoin gimana serunya perayaan HUT RI di RQT dan RQY, nah hari ini kita mau kepoin perayaan HUT RI di berbagai tempat Jaulah Qur’an lohhh . Penanasaran kan yuk langsung ajaaa.

HUT RI adalah momen yang sangat penting sekaligus mengharukan bagi tanah air kita tercinta. Nah pada momen ini pula banyak diadakan lomba lomba yang seru dan menyenangkan. Nah para Srikandi, Duta Qur’an dan Pelatih yang sedang Jaulah Qur’an tidak mau ketinggalan untuk memeriahkan momen ini lohh. Dengan mengadakan lomba lomba di daerah Aceh dan Palembang . Wahh masyaAllah yaaa…

Yuk langsung kita liat apa aja sih keseruannya:

1) Aceh
Di Aceh gak kalah seru lohh, para Anak Sahabat Qur’an Nusantara atau ASQN sangat bersemangat berlomba untuk menang dan membawa pulang hadiah . Mereka terlihat sangat lucu dan keren dengan semangat yang membara. Di Aceh diadakan banyak lomba yang menarik yaitu, tarik tambang, estafet air, makan kerupuk, balon goyang, sedotan dalam botol, paku dalam botol, kelereng, oper tepung, makan biskuit, dan balap karung. MasyaAllah meriah banget pastinya yaa.

perlombaan tarik sarung, cabang Aceh

2)  Palembang
Di Palembang gak mau kalah sama yang di Aceh loh, mereka juga mengadakan lomba guna memperingati hari kemerdekaan RI. Lomba yang di adakan yaitu, kelereng dan paku dalam botol. MasyaAllah seru banget nih, ASQN di Palembang juga gak kalah semangat dengan yang di Aceh lohh.

perlombaan estafet klereng, cabang Palembang

 

Nahh itu dia tadi sekilas artikel tentang meriahnya perayaan HUT RI bareng peserta pelatihan RQV Indonesia . Jadi gimana udah liat kan keseruan dan kegembiraan kami? Jadi Yuk segera join ke RQV Indonesia, insyaallah bukan cuma hafalan yang kalian dapat tapi kalian juga akan dapat banyak pelajaran dan pengalaman. Sekian dulu dari saya, semiga artikel ini bermanfaat, dan kalau kamu suka artikel nya jangan lupa share yaa, dadahhh, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Need Help? Chat with us