INISIATOR RUMAH QURAN PERTAMA, DI PESISIR PANTAI

INISIATOR RUMAH QURAN PERTAMA, DI PESISIR PANTAI

21 Januari 2018, awal sejarah indah semuanya bermula.

Pesisir pantai, kini ramai dengan riuh suara para santri yang mengaji.

Hembusan angin tak lagi hanya membawa aroma laut lepas.

Suara indah ayat al-quran kini menggema menyisiri pantai hingga tak terbatas.

 

3 tahun sudah terlewati, Rumah Quran Violet Cabang Majene semakin melebarkan panggungnya. Berawal dari Dusun Lamaru Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene. di sebuah Masjid ini bermula. Dari jumlah santri yang masih hitungan jari hingga kini ratusan santri dan para ibu-ibu tak kalah semangat untuk ikut mengaji serta menghafalkan Quran.

Budaya masyarakat yang begitu kental dengan mengangkat kekeluargaan, menjadi salah satu faktor pesatnya perkembangan RQV di Majene. Dukungan kuat dari Pemerintah Majene, menjadi kabar baik untuk seluruh masyarakat Majene ynag ingin ikut menghafal.

Inisiator pendirian rumah quran violet yang bertempat di Majene ini di bawa oleh seorang perempuan asli Suku Mandar.

Lahir 26 tahun lalu tepatnya pada Bulan Oktober 1994 di Dusun Lamaru dengan nama Suci Alfiah. Lahir dan besar hingga SMA di Majene. Dibesarkan oleh kedua orang tuanya, yang mendukung penuh perjuangannya dalam mendirikan Rumah Quran di Majene.

Berlandaskan background pendidikan yang kuat, ayah dari Perempuan Mandar ini membantu penuh putrinya untuk mewujudkan impian putrinya. Bisa kita melihat dari riwayat  pendidikannya. Setelah menyelesaikan SMA di Majene, Ia Mencoba untuk melihat dunia luar dan melatih keberaniannya.  Mulai merantau saat kuliah ke Makassar Sulawesi Selatan di UNHAS. Kemudian melanjutkan pendidikannya di Kediri untuk memperdalam Bahasa Inggris. Hingga dipertemukan dengan RQV INDONESIA di tahun 2017.

Belajar langsung bersama Presiden RQV INDONESIA, Azmi Fajri Usman, SH. Suci Alfiah, yang kini menjadi seorang Pelatih pemula terus tumbuh dewasa. Menjadi perempuan yang lebih tenang, realistis, dinamis dan berambisi kuat dalam mewujudkan mimpinya. Setelah setahun berlangsung belajar insentif dengan Sang Presiden, tepat di 2018 ia bersama timnya berhasil mendirikan Rumah Quran yang dirindukan dusun Lamaru Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene.

KISAH APA YANG PALING BERKESAN SELAMA MENJABAT KEPALA CABANG MAJENE?

Mendapatkan kesempatan untuk menjadi Cabang pertama yang mengadakan Deklrasi Kampung Quran dengan persiapan acara hanya selama 7 hari. Dibalik kebahagiaan saya bersama tim, ini menjadi tantangan baru untuk saya. Ucap Pelatih Suci Alfiah

Dengan adanya kisah ini, membuat Perempuan asli Mandar ini memainkan jiwa leader-nya untuk menguatkan tim dan menggunakan trik kolaborasi cantik yang pernah di ajarkan oleh Presiden RQV. Hingga akhirnya, menumbuhkan perpaduan sempurna antara tim, masyarakat dan pemerintah dalam perayaan Deklarasi Kampung Quran Pertama di Indonesia

Deklarasi kampung Quran ini menghadirkan 150 Pemuda dan 500 ibu sahabat Quran. Dengan dihadiri beberapa tokoh masyarakat dan pemerintah setempat, seperti; mulai Bupati Majen, Presiden RQV INDONESIA beserta istri, dan tokoh-tokoh pendidikan.

 

KENAPA MEMILIH BERSAMA RQV INDONESIA?

“Karena saya yakin dengan banyaknya generasi penghafal al Quran di Indonesia, Allah akan memuliakan dan memberikan banyak keberkahan untuk tanah air ini. Dan ini pun menjadi harapan almarhum bapak untuk terus menghidupkan kegiatan RQV dan bisa mendirikan lebih banyak cabangrumah quran di kab Majene khususnya.”

Potongan kalimat di atas, menjadi obor yang terus menyala di hati Pelatih Suci Alfiah, meski sekarang sedang hamil sekitar 5 bulan, tidak menjadi pembatas Pelatih muda ini untuk terus bergerak dan memberikan yang terbaik untuk daerah tempatnya dilahirkan.

Ketulusan hati dan kesabarannya berhasil membawa Majene memiliki 9 titik cabang yang tersebar di 3 kecamatan, yakni; 1 cabang di kecamatan Banggae, 1 cabang di kec Banggae Timur dan 7 cabang di kec Pamboang.

Dengan kisah beliau kita bisa memetik poin;

“Kondisi apapun tidak membatasi kita untuk bergerak, yang memberhentikan langkah kita adalah diri kita sendiri”

Salam Berani 124. Melawan Batas kebiasaan untuk menjadi Exponantial Generation bersama Al-Quran

(wl)

 

GADIS MANIS, PENDIRI RQV KOTAWARINGIN BARAT

GADIS MANIS, PENDIRI RQV KOTAWARINGIN BARAT

Kebahagiaan kini terus terpancar, pada guratan wajah anak-anak di setiap sore harinya.

Kini di daerah Kotawaringin Barat yang pernah di pimpin pertama Oleh Adipati Antakusuma sebagai Raja di Kotawaringin Barat menjadi lebih bewarna.

September 2020, pendirian Rumah Quran Violet Cabang Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah dimulai. Jika dilansir, Kotawaringin Barat menjadi salah satu daerah yang berstatus zona merah. Ini mengakibatkan adanya pembatasan interaksi dalam kegiatan secara tatap muka dan menjadi tantangan berat untuk mendirikan Rumah Quran.

Namun, dengan melihat kondisi perkembangan pendidikan dan pergalauan anak-anak disekitar rumahnya, membuat Gadis berparas manis ini terus berfikir dan bertekad untuk tidak memberhentikan langkahnya yang baru saja akan dia mulai.

“Saya merasa harus berbuat sesuatu untuk bangsa ini, generasi ini. Termotivasi untuk menjadi bagian dari sebaiknya-baiknya manusia yang bermanfaat dengan belajar dan mengajarkan Al Qur-an. Membangun Rumah Quran Violet, adalah salah satu wasilah saya untuk menciptakan lumbung amal jariyah dengan bersama-sama mencerdaskan generasi dengan mengaji dan menghafalkan Al-Quran. Perlahan-lahan, karakter anak-anak di Kota waringin akan mulai terbentuk oleh Al-Quran. Dengan ini, saya terus yakin dan bertekad  bahwasanya, berjuang untuk alquran sudah menjadi keputusan yang sangat tepat.”

Kalimat-kalimat positif inilah yang terus menguatkan gadis berperawakan tinggi ini. Terlahir dan besar di Kalimantan membuatnyanya memiliki kecintaan dan kesadaran, bahwa di daerah tempat Ia di kandung dan dilahirkan akan menjadi saksi untuk terus dia berkembang dan berjuang.

 

SIAPAKAH GADIS MANIS, KEPALA CABANG KOTA WARINGI BARAT INI?

22 Juni 1997, tepat 24 tahun yang lalu Ia lahir, dengan nama Bella Mutiara Kasih. Gadis ini lahir dan besar di Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah. Namun, pada saat usianya beranjak 11 tahun, ayahnya yang memiliki darah asli Kalimantan meninggal dunia.

Semenjak itu, Ia besar bersama ibunya yang berdarah Jawa dan dengan kakak laki-lakinya, Hal ini membuat dia tumbuh menjadi seorang gadis dewasa yang tidak manja. sadar diri dengan keinginan dan kemampuan yang dia miliki. Selalu  bertekad kuat atas setiap keinginan yang ingin dicapai dengan telaten dan sabar.

Hingga akhirnya gadis lulusan IAIN palangkaraya ini, telah berhasil mendirikan dan mengembangkan Rumah Quran Violet Cabang Kotawaringin Barat. Sekarang Rumah Quran Violeh di Kotawaringi Barat terdapat sejumlah 7 cabang aktif.

Semenjak September, kini sudah berjalan selama 6 bulan, terdapat 304 jiwa yang merasakan kebermanfaatan cabang ini berjalan. Terdiri dari Anak, pemuda dan ibu sahabat Quran ikut membersamai perjuangan dan nikmatnya menghafalakan Al-Quran, meski di tengah  pandemi. Permulaan mimpi Bella, yang bermula saat menjadi Srikandi Quran RQV Indonesia hingga kini, telah terwujud dan akan terus berkembang pesat.

Kota yang terkenal dengan Istana Kuningnya, mulai bernyawa dengan Al Quran meski di tengah pandemi yang begitu maraknya.

Keberanian mewujudkan mimpi, adalah langkah aksi para exponential generation. Salam Berani 124

(wl)

 

PRIA PEMBERANI, DIBALIK BERKEMBANGNYA RQV DI TOBA SAMOSIR

PRIA PEMBERANI, DIBALIK BERKEMBANGNYA RQV DI TOBA SAMOSIR

Toba Samosir, menjadi tempat indah bagi mata yang ingin memanjakan diri.

Udara segar yang menawan untuk dinikmati, menjadi daya tarik tersendiri untuk setiap orang yang mencoba mencari ketenangan hati.

Di balik keindahan alam dengan dihiasi Danau Toba Samosir yang terus melegenda hingga kini, terdapat fakta perihal perkembangan agama islam yang masih minoritas di tengah maraknya budaya.

Hingga akhirnya, RQV INDONESIA dipertemukan dengan seorang pria berdarah Sumatera, putra asli kelahiran Toba Samosir bermarga Butarbutar. Dia sering dipanggil Ustad Sule, lahir dan besar di Toba Samosir dengan memiliki nama lengkap Sulaiman Butarbutar.

Pria yang lahir pada 2 Februari 1980, tepatnya 31 tahun lalu ini dididik sejak kecil oleh kakek dan orang tuanya untuk menjadi seorang muslim yang berani dan tak memandang ketakutan menjadi penghalang. Di besarkan langsung oleh orang yang berpengaruh di daerahnya, membuat beliau tumbuh menjadi serang pria yang teguh pendirian dan tak pernah menyesali atas setiap pilihan yang di ambil.

Memasuki usia dewasa, beliau mulai mengenyam pendidikan islam secara formal di pesantren selama 6 tahun. Melanjutkan S1 di UMSU Medan dengan mengambil Jurusan Dakwah. Selain itu, beliau juga aktif mengikuti kegiatan religi dalam diskusi-diskusi bersama para tokoh ormas lain yang ada di Toba Samosir.  Wah Keren yaa, ternyata Kepala Cabang RQV Toba Samosir sudah lama menjadi penggiat dan Praktisi Agama di Toba Samosir loo. Yuuk kita lanjut lagi.

 

 

BAGAIMANA AWAL MULA BERDIRINYA RQV DI TOBA SAMOSIR?

Melansir paragraf di atas perihal karakter beliau, ini menjadi salah satu muasa berdirinya RQV di Toba. Pada 4 tahun lalu tepatny pada 4 November 2016 beliau merasa agamanya dihina oleh seorang tokoh yang mempermasalahkan kebeneran Al-Qura.  Peristiwa ini membakar darah juang Ustad Sule pun semakin berkobar dan semakin termotivai untuk memulai bergerak lebih strategis dalam menyuarakan dan me ngembangkan AL-Quran.

4 tahun lalu, pertemuan yang membawa beliau menuju kesuksesan sekarang hingga mengembangkan 8 rumah Quran bersama RQV INDONESIA dan para donator yang ikut andil. Membawa Toba Samosir yang sekarang menjadi salah satu cabang teraktif dan berprestasi dalam jajaran 132 cabang RQV di seluruh Nusantara. Kini, ratusan anak sahabat Quran, pemuda dan Ibu sahabat yang terus aktif mengikuti kegiatan- kegiatan RQV di Toba Samosir dan bisa merasakan indahnya belajar dan menghafalkan Al-Quran.

 

“Saya sangat senang dan bersyukur, bisa berjuang bersama RQV INDONESIA. Lebih nyaman, karena RQV bisa masuk ke mana-mana, semua ormas islam dan non islam. Ini tidak membatasi gerak kita di Toba Samosir, hingga sekarang saya bisa melihat VIOLET sudah memenuhi bumi kelahiran saya. Di seputaran Danau Toba Samosir, menjadi pulau violet bersama Al Quran. Ucap Kepala Cabang Toba Samosir dengan penuh kebahagiaan.

Dari beliau kita bisa belajar, bahwa rasa sakit bukanlah akhir dari perjuangan. Tergantung bagaimana kita menyikapi rasa sakit itu. Bahwa perubahan tidak akan terjadi dengan berdiam diri.

Selamat berjuang bagi seluruh kepala cabang RQV yang tersebar di seluruh Nusantara. Salam Bahagia untuk Mewujudkan Satu Juta Rumah Quran di Nusantara. Allahu Akbar! (wl)

 

 

 

SUDAH HAFAL, LALU LUPA LAGI. KENAPA?

SUDAH HAFAL, LALU LUPA LAGI. KENAPA?

 

Ibarat kata “Menulis di atas air”, adalah kalimat yang sangat cocok untuk perumpamaan kali ini.

Begitu mudah untuk menulis di atas air dengan ranting. Namun tak berselang lama, bekas goresan ranting itu akan memudar dengan begitu cepat.

Pembahasan kali ini klasik, tapi sering bikin hidup jadi pelik.

Karena ini adalah polemik yang sering kita temukan, bukan hanya pada orang lain di sekitar kita, bahkan juga terjadi pada diri kita sendiri. Nah, kamu pernah merasakan belum nih?

Mari kita tarik sebuah contoh; Ada seorang penghafal quran, setelah dia mencoba menghafal 1 halaman. Waktu lagi sendiri lancar banget, tapi waktu di simakkan ke gurunya langsung buyar. Hehe… hayo ngaku, kamu pernah gak nih?

Ada juga yang lancar setor 1 halaman tanpa hambatan, setelah di tinggal kegiatan lain, besoknya sudah lupa. Kenapa yaa seperti itu?

Yuuk kita coba Tarik benang untuk meluruskan ini semua hhe. Kita coba ambil dari petikan Kitab terjemahan Ta’lim Muta’alim

SEKARANG KITA BAHAS KENAPA SUKA LUPA?

  1. Banyak berbuat maksiat
  2. Merasa gelisah, susah, khawatir oleh urusan dunia

Cinta dunia akan membuat hati menjadi gelap, dan semakin gelap.

Lalu, gimana solusi yang harus harus kita lalui? Intip lagi yuk, di halaman Kita Ta’lim Muta’alaim lagi.

  1. Kesungguhan

Kesungguhan memiliki peran yang paling penting. Kesungguhan niat dan usaha menjadi tiang pertama . Dengan sedikit makan(dalam artian puasa) dan istiqamah melaksanakan shalat tahajud bisa di coba oleh sahabat violet untuk menumbuhkan kesungguhan.

Ada syair menarik dalam kitab Ta’lim Muta’alim, yang artinya

“Tiada sesuatu yang lebih bisa menguatkan hafalan, kecuali membaca Al-Quran dengan melihat. Membca Al-Quran dengan melihat adalah lebih utama, sebagaimana Sabda NAbi Muhammad SAW.

“Ibadah yang paling utama dari umatku adalah membaca Al-Quran dengan melihat.”

Dari poin pertama ini kita bisa cek, dalam 1 harinya sudah berapa banyak ayat yang kit abaca, berapa kali kit abaca, ayat yang ingin kita hafal?  Hayoo berapa niih?

  1. Perbanyak Shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Karena shalawat adalah dzikir untuk seluruh alam.

Dan dikisahkan dalam syair”

“Aku mengadu kepada imam Waki’ tentang hafalanku yang lemah, lantas ia memberiku petunjuk agar meninggalkan maksiat.”

“ Hafalan adalah pemberian dari Tuhan, sedang pemberian Tuhan tidaklah diberikan kepada orang yang bermaksiat.”

  1. Rajin bersiwak, minum madu, makann anggur merah kering 21 biji setiap hari ketika merasa lapar. Kesemuanya dapat memperkuat hafalan dan dapat meneymbuhkan segala penyakit.

Alhamdulillah, sekarang sudah mulai terjawab kan sahabat violet?

Kenapa selama ini kita sering lupa, sengaja melupakan, atau memang dihilangkan ingatan karena maksiat?

Jawaban itu ada dalam hati kita masing-masing. Baru menyadari sekarang tak masalah, yang menjadi masalah adalah. Ketika kita menyadari kesalahan, tapi tetap sengaja melakukannya kembali. Yuuk sahabat violet, tetep semangat menghafal Al-Qurannya. Susah, lupaa, dan kemudahan adalah anugerah dan liku-liku yang akan kita lewati saat menghafal. Selamat berjuang!

RQV INDONESIA, HARU BAHAGIA DALAM TASYAKURAN ASQN CABANG LABUSEL

RQV INDONESIA, HARU BAHAGIA DALAM TASYAKURAN ASQN CABANG LABUSEL

 

RQV INDONESIA mengawali sejarah di tahun ini dengan memuaskan. Cabang RQV yang berada di Kabupaten Labuhan Batu Selatan memberikan hadiah terbaik dalam mewujudkan misi  melahirkan lima juta penghafal Al-Quran di Nusantara. Hal ini dibuktikan dalam program Anak Sahabat Quran yang bertepatan pada tanggal 22 Februari 2021.

Telah di laksanakan “TASYAKURAN TAHFIDZUL QURAN JUZ 29 & 30”. Acara tasyakuran kali ini berlangsung berkelanjutan selama 2 pekan, di ikuti dari 4 cabang Rumah Quran yang berada di Cabang Labuhan Batu Selatan Provinsi Sumatera Utara

Terdiri dari RQV 1988 Sumberjo, RQV 1771 Cikampak, RQV 2806 Teluk Pinang dan RQV 2606 Al Hasanah Kotapinang dengan jumlah peserta tasyakuran sebanyak 86 santri.

Prosesi tasyakuran berlangsung sangat membahagiakan dan mengharukan, terlihat para santri ASQN dan orang tua hadir dengan semangat. Para santri dengan antusias memberikan penghargaan  terbaik kepada orang tua masing-masing.  Saat pemasangan mahkota, adalah momen puncak yang mengharukan, ratusan air mata bahagia mengalir menjadi bukti perjuangan dalam menghafal Al-Quran dan disempurnakan dengan pemberian sertifikat tanda telah selesai menyelesaikan hafalan Al-Quran juz 29&30.

 “Betapa senangnya santri dan bangganya orang tua. Para owner, kepala sekolah dan guru serta seluruh pihak yang ikut andil dalam proses ini. Hal ini menjadikan saya untuk selalu mengingat dan mewujudkan Visi dan Misi RQV Indonesia adalah perjuangan kita bersama”. Ucap Sahabat Quran Nur Aisyah selaku Kepala Cabang Labuhan Batu Selatan dengan penuh tekad.

Kebahagiaan ini juga di rasakan oleh para santri yang di mengikuti tasyakuran. Salah satunya yaitu Ananda Azelia Chiara Neva (santri 1771 Cikampak): “Sangat senang dan bahagia karena sudah menghafal 2 juz, semoga bisa menjadi kebanggaan orang tua, dapat memberi mahkota di surga dan insyaAllah hafal 1 Al Quran” tuturnya dengan mengulas senyum

Meskipun di tengah pandemi, pendidikan Al-Quran tidak bisa diberhentikan.  Kerjasama antar masyarakat dan pemerinta, menjadikan program Anak Sahabat Quran di Cabang di Labusel ini terus berjalan. Dibuktikan dengan hadirnya para tokoh masyarakat dan pihak pemerintah setempat yang ikut andil dan memberikan dukungan dalam acara kali ini.  Dengan prosesi acara yang tetap menggunakan protokol kesehatan, menjadikan acara yang telah di tunggu ini terlaksana dan bisa memberikan kebahagiaan bagi setiap yang hadir. Salam semangat dalam mewujudkan satu juta rumah quran di Nusantara.(wl)

 

 

 

PENYALURAN WAKAF ALQURAN HAPALAN UNTUK RQV 2120 CABANG KOTA BANDUNG

PENYALURAN WAKAF ALQURAN HAPALAN UNTUK RQV 2120 CABANG KOTA BANDUNG

RQV INDONESIA – Jumat, (29/01/2021) penyaluran wakaf Alquran telah disalurkan oleh Presiden RQV Indonesia bersama tim yang diterima langsung oleh owner RQV Indonesia cabang 2120 kota Bandung, untuk kemudian diberikan kepada anak-anak di bawah naungan ASQN Kota Bandung yang mengaji di RQV 2120 Cabang Bandung.

Alhamdulillah, wakaf Alquran hapalan perlahan namun pasti sudah sampai ke berbagai pelosok nusantara. Semoga kelak dapat menjadi amal jariyah dan keberkahan dalam hidup bagi para penghapal dan orang-orang baik yang memberikan sebagian hartanya untuk membumikan Alquran serta mensyiarkan Islam.

Terimakasih kami ucapkan kepada seluruh donatur yang telah mendukung dan berkontribusi untuk perjuangan menebarkan cahaya Aquran ke seluruh penjuru negeri.

Keutamaan Anak Yatim

Keutamaan Anak Yatim

KEUTAMAAN ANAK YATIM

 

Anak di bawah umur, pasti sangat dekat dengan kedua orang tuanya, penuh kasih sayang yang di berikan orang tua kepada anak-anaknya. Terkadang anak dan orang tuanya bercanda, tertawa bersama, bahkan tidur bersama. Anak-anak di bawah umur yang  lebih banyak menghabiskan waktu bersama orang tua berbeda dengan anak yatim, yang hanya menghabiskan waktunya bersama sang ibu. Tahukah kalian makna dari kata YATIM? Yatim adalah anak yang ditinggal ayahnya ketika masih di bawah umur (belum baligh). Sedangkan piatu adalah anak di bawah umur yang ibunya sudah meninggal. Adapun yatim piatu, yaitu seorang anak yang masih kecil atau belum baligh yang dimana kedua orang tuanya telah meninggal. Apakah ada anak yang rela ditinggal salah satu orang tuanya ketika masih di bawah umur? Atau mungkin ada anak

yang rela kedua orang tuanya meninggal. Pastinya tidak ada. Semua anak pasti menyayangi orang tuanya. Tapi, Allah sudah memberikan setiap manusia takdir masing-masing, diluar sana banyak anak yang sudah kehilangan ayahnya, padahal dia belum pernah mendapat kasih sayang dari sang ayah, bahkan ada yang tidak pernah melihat ayahnya sejak kecil.

Sungguh malang nasib mereka, yang seharusnya ana

 

k mendapat kasih sayang dari ayah dan ibu, kini hanya mendapatkan kasih sayang sang ibu. Ibaratkan pesawat yang hanya mempunyai satu sayap, pasti tidak akan seimbang. Maksudnya adalah, didikan anak yang yatim dengan didikan anak yang masih mempunyai orang tua sangat berbeda. Didikan seorang anak yatim pasti tidak seimbang, karena anak hanya mendapatkan didikan dari sang ibu. Berbeda dengan anak yang orang tuanya masih lengkap, pasti didikan antara ibu dan ayah seimbang. Jadi, mari kita bersama menyayangi seorang anak yatim, kasihi mereka, jangan pernah menyakiti anak yatim karena itu merupakan suatu dosa yang besar, apalagi sampai memukulnya. Hukum menyakiti hati anak yatim tentunya tidak dianjurkan dalam agama islam. Karena sudah selayaknya kita menyayangi seperti halnya yang sudah diajarkan oleh Rasulullah Saw dalam kehidupan di masanya. Anak yatim merupakan titipan yang diberikan oleh Allah Swt kepada umat muslim dan wajib untuk dilindungi.

 

Sebab itu, terhadap anak yatim janganlah kamu berlaku sewenang-wenang.” (QS Ad – Dhuha :9)

 

Itulah orang yang menghardik anak yatim.” (QS. Al – Maa’uun : 2)

 

Tetapi dibalik semua kesedihan yang menimpa seorang anak yatim, allah memberikan beberapa keutamaan jika kita menyayangi anak yatim, Al-Qur’an secara tegas mengatakan anak yatim adalah sosok yang harus dikasihi, dipelihara dan diperhatikan. Allah berfirman di dalam al-quran tentang keutamaan menyayangi anak yatim:

Mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakan lah “Memperbaiki keadaan mereka adalah baik,” (QS. Al-Baqarah [2]: 220).

Beberapa keutamaan mencintai anak yatim, yaitu:

  1. Meraih Peluang Menjadi Teman Rasulullah SAW di Surga.Orang yang memelihara anak yatim akan masuk surga, berdekatan dengan Rasulullah SAW seperti dekatnya jari telunjuk dengan jari tengah.

    Saya dan orang yang mengasuh atau memelihara anak yatim akan berada di surga begini,” kemudian beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengah dan merenggangkannya sedikit.” (HR. Bukhari, Tirmidzi, Abu Daud dan Ahmad dari Sahl bin Sa’d). (Lihat Shahih Bukhari, Kitab Ath-Thalaq: 4892. Sunan Tirmidzi, Kitab Al-Birr wa Ash-Shilah’an Rasulillah: 1841. Sunan Abi Daud, Kitab Al-Adab:4483).

 

  1. Pengasuh Anak Yatim Dijamin Masuk Surga

    Kalaupun pemelihara anak yatim tidak dapat menjadi teman Rasulullah di surga karena mungkin tidak memenuhi persyaratan ideal, ia akan tetap dijamin masuk surga.Rasulullah SAW bersabda:

    “Orang yang memelihara anak yatim di kalangan umat muslimin, memberikannya makan dan minum, pasti Allah akan masukkan ke dalam surga, kecuali ia melakukan dosa yang tidak bisa diampuni.” (HR. Tirmidzi dari Ibnu Abbas). (Lihat Sunan Tirmidzi, Kitab Al-Birr wa Ash-Shilah’an Rasulillah: 1840).

 

Dan masih banyak lagi keutamaan-keutamaan mencintai anak yatim, maka dari itu sayangi dan kasihi anak yatim. Rasulullah saja sangat mencintai anak-anak yatim, masa kamu yang bukan nabi tidak sedikitpun punya rasa cinta kepada anak yatim? Mulai sekarang, sayangi mereka, beri mereka kasih sayang, karena yang mereka butuhkan hanyalah kasih sayang, mereka tidak mau harta kita, mereka tidak mau rumah kita, mereka juga tidak mau barang-barang yang bagus. Mereka hanya mau ayah mereka hidup lagi. Tapi, itu hal yang mustahil untuk mereka, yang bisa dilakukan hanyalah mengirimkan doa kepada ayah mereka, walaupun tidak pernah melihat wajahnya seacara langsung.

 

Ayo, sayangi anak yatim!

 

Darurat! Bantu selamatkan Rumah Quran Yatim

Darurat! Bantu selamatkan Rumah Quran Yatim

Darurat Rumah Quran yatim terancam!-Sudah bertahun-tahun, rumah quran violet yang terkenal dengan julukan RQV INDONESIA yang terletak di Bekasi Selatan, kini akan dijual dengan harga tujuh miliyar. Rumah quran sekaligus sebagai tempat tinggal para anak-anak yatim tersebut sudah sangat lama sebagai wadah untuk membaca dan menghafal al-quran. Bahkan, setiap saat para anak yatim di rumah tersebut tidak pernah lepas dari al-quran.

Seluruh waktu telah dihabiskan dirumah itu, senang maupun sedih sudah terukir indah di setiap sudut rumah. Sang pemilik rumah telah lama meninggal, beliau sangat baik sekali, yang bisa kami lakukan untuk membalas kebaikannya adalah dengan mengirimkan doa dan mempersembahkan bacaan ayat suci al-quran yang di baca setiap waktu.

Saya pribadi sangat sedih ketika mengetahui rumah yang menjadi tempat saya belajar tentang ilmu al-quran, dan tentang semua kebaikan, kini harus hilang begitu saja. Baru dua bulan di RQV INDONESIA, sudah banyak sekali pelajaran yang saya dapat. Salah satunya adalah bersedekah. Pimpinan kami pernah berkata “Kalian gak usah takut miskin kalau sering bersedekah, allah itu maha kaya, dia pasti memberi lebih kepada kita.” dari perkataan beliaulah saya belajar tentang bersedekah. Azmi Fajri Usman, yang biasa di panggil dengan panggilan “ABI” adalah seorang ayah sekaligus guru besar dalam mendidik saya. Beliau juga telah mengajarkan saya tentang keberanian, semangat, dan pantamg menyerah.

Lalu, bagaimanakah nasib para anak yatim yang sekarang sedang berjihad di jalan Allah? Dimanakah mereka akan tinggal jika rumah quran mereka dijual? Ayo bantu selamatkan rumah mereka! RQV INDONESIA mempunyai misi besar, yaitu mendirikan satu juta rumah quran di nusantara dan mencetaj lima juta penghafal quran seluruh pelosok negeri.

MAKA DARI ITU, AYO BERSAMA KITA SELAMATKAN RUMAH QURAN YATIM!

Rasulullah saw. bersabda, “Saya yang menanggung (memelihara) anak yatim dengan baik ada di surga bagaikan ini, seraya Beliau memberi isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah dan Beliau rentangkan kedua kaki jarinya itu” (H.R. Bukhari).

Ayo kirimkan donasi terbaik kamu ke nomor ini!

BNI Syariah a.n. Yayasan Waqaf Rumah Qur’an Violet Indonesia

077.258.1246 • 666.124.6665

Dengan kamu berdonasi, kamu telah menolong para anak yatim dan para penghafal quran lainnya dari keterlantaran tempat tinggal.

Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma’ruf, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kelak Kami memberi kepadanya pahala yang besar.”

Kembali RQV Mengirimkan Dainya ke Pelosok Negeri!

Kembali RQV Mengirimkan Dainya ke Pelosok Negeri!

Bekasi, 2 Februari 2021 – RQV INDONESIA kembali mengutus 3 peserta terbaik untuk mewujudkan misi besar, yaitu membangun satu juta rumah quran nusantara. RQV INDONESIA mengirimkan dua duta quran dan satu srikandi quran ke tempat yang berbeda yaitu, kabupaten pidie jaya dan Toba samosir.

Duta quran yang terpilih untuk menjalankan misi RQV INDONESIA adalah Duta Quran Dimas yang berasal dari Jambi dan Duta Quran Zulfikar yang berasal dari Palembang. Mereka berdua diutus menuju kabupaten Toba Samosir dimana penduduk muslim disana sangat minim sekali, padahal beberapa anak-anak disana masih punya semangat untuk mempelajari ilmu al-quran, tetapi mereka kekurangan pengajar yang bisa membimbing mereka. Maka dari itulah RQV INDONESIA mengirimkan duta quran terbaik untuk membibing langsung anak-anak disana.

Berbeda dengan duta quran, Srikandi Quran yang bernama Risma Halimatussa’diyah yang berasal dari Kuningan diutus pihak RQV INDONESIA untuk menuju kabupaten Pidie Jaya, Aceh. dimana anak-anak disana mempunyai semangat tinggi untuk menghafal quran sehingga yang mengharuskan RQV INDONESIA untuk berkolaborasi dengan pemerintah setempat untuk mengirimkan srikandi terbaik agar membimbing mereka tetap semangat untuk menjadi penghafal Al-Quran dan mengamalkannya.

Semoga perjuangan para duta quran dan srikandi quran dalam membumikan ayat-ayat suci al-quran dalam lindungan Allah SWT.

Dan sekarang jumlah duta quran yang berada di Toba Samosir berjumlah empat orang, yaitu Duta Quran Muhammad Sholihin, Duta Quran Muhammad Belva, Duta Quran Dimas, dan Duta Quran Zulfikar.

Mari bersama kita doakan supaya misi RQV INDONESIA dalam mewujudkan satu juta rumah quran nusantara bisa terwujud dengan kekuatan para pemuda pemudi indonesia.

Mau bantu para duta quran dan srikandi quran untuk membumikan ayat-ayat Al-quran? Caranya gampang banget! yok kirimkan donasi terbaik kamu ke nomor di bawah ini!

BNI Syariah a.n. Yayasan Waqaf Rumah Qur’an Violet Indonesia
077.258.1246•666.124.6665

atau sahabat Quran bisa berdonasi melalui link berikut :
https://kitabisa.com/campaign/pembangunanyatim

Dengan kamu berdonasi, kamu telah berhasil untuk membantu perjuangan para duta quran  dan srikandi Quran juga menjadi amal jariyah yang takan terputus bahkan ketika kita sudah tak berada di dunia lagi.

RQV Indonesia adalah Lembaga Nasional yang bergerak di bidang Pendidikan – Sosial – Kemanusiaan dengan lebih dari 30.000 penerima manfaat di seluruh Indonesia.

Kantor Pusat

Menara 165 Lantai 4 Jl. TB Simatupang Kav. 1, Cilandak Timur, Jakarta Selatan

Kantor Operasional

Rukan Sentra Office Blok D No. 3 Jl. Boulevard Raya Barat, RT.004/RW.019 Jaka Setia, Kec. Bekasi Selatan

HOTLINE :

Copyright @ 2020 – Rumah Quran Violet | Support by Dokter Website

Need Help? Chat with us